Explore Borneo, Ini Tempat-tempat Wisata Alam yang Oke Untuk Dikunjungi

Indonesia sangatlah luas dan punya banyak sekali keindahan alam yang sangat sayang jika kamu lewatkan begitu saja. Bahkan kamu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menjelajahi Indonesia dari ujung Timur hingga ujung Barat.

Kalimantan, sebagai pulau terluas di Indonesia punya banyak sekali destinasi wisata yang menakjubkan. Mulai dari dataran tinggi, gunung, danau, hingga laut, ada semua di Kalimantan. Jadi jika kamu bingung ingin ber wisata alam ke mana, cobalah jelajahi keindahan pulau Borneo ini. Lalu apa saja tempat tempat wisata alam di borneo? Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut ini.

Taman Nasional Tanjung Puting

Tempat wisata di borneo yang pertama adalah Taman Nasional Tanjung Puting. Jika kamu termasuk seseorang yang menyukai wisata alam terbuka, maka Taman Nasional Tanjung Puting (Tanjung Puting National Park) wajib masuk dalam daftar destinasi wisatamu. Letak Taman Nasional Tanjung Puting berada di provinsi Kalimantan Tengah, Taman Nasional ini menjadi pusat rehabilitasi orangutan pertama di Indonesia dengan luas yang mencapai seukuran pulau Bali.

Taman Nasional Tanjung Puting
Taman Nasional Tanjung Puting [via flickr account: mcoughlin]

Meskipun dikenal sebagai pusat rehabilitasi orangutan, bukan berarti kamu cuma bisa melihat primata ini saja. Justru Taman Nasional ini memiliki jenis ekosistem yang sangat beraneka ragam. Hutan belantara yang lebat dengan sungai yang membelah di antaranya menjadi rumah bagi aneka satwa termasuk bekantan, kancil, kucing hutan, dan masih banyak lagi.

Kepulauan Derawan

Tempat wisata di borneo yang pertama adalah Kepulauan Derawan. Letak pulau derawan ini berada di Kalimantan Timur dengan pulau yang paling terkenal di antaranya adalah Pulau Maratua, Sangalaki, Derawan, dan Kakaban. Kepulauan ini termasuk wilayah konservasi laut dengan luas kurang lebih 1,27 juta hektar!

Derawan
Derawan [via flickr account: riza nugraha]

Di perairan kepulauan ini setidaknya ada 460 jenis karang dan lebih dari 870 jenis ikan. Dengan kekayaan laut yang begitu beragam, kepulauan Derawan ini dikenal juga sebagai salah satu tujuan wisata terbaik di dunia. Nggak cuma itu saja, di Pulau Kakaban kamu akan menemukan danau ubur-ubur terbesar dan paling beragam di dunia yang ditinggali oleh 4 spesies unik ubur-ubur tanpa sengat yang berenang dengan terbalik!

Danau Labuan Cermin

Kalimantan Timur memiliki tempat wisata ajaib lain yang bernama Danau Labuan Cermin. Sesuai dengan namanya, danau ini memiliki air yang sejernih kaca sampai membuat perahu di atasnya terlihat seperti mengambang. Danau ini terbentuk dari dua jenis air yaitu asin dari laut dan tawar dari celah-celah bebatuan. Namun, keduanya tidak bercampur menjadi satu.

Labuan Cermin
Labuan Cermin [via flickr account: feign]

Jika kamu mencicipi air yang ada di permukaan, akan terasa tawar dan segar. Tapi jika kamu mencicipi air yang berada beberapa meter di bawahnya, akan terasa asin karena berasal dari laut. Saat menyelam, kamu juga akan menemukan batas di antara kedua air tersebut. Danau ini dikelilingi oleh hutan lindung yang membuat suasananya menjadi sejuk dan asri. Dijamin kamu betah banget berenang di danau ajaib sejernih cermin ini.

Bukit Penjamur Bengkayang

Keajaiban selanjutnya terletak di Kalimantan Barat yaitu Bukit Penjamur. Tempat wisata ini cocok untuk kamu yang hobi hiking. Meski tidak terlalu tinggi, yaitu hanya 900 meter di atas permukaan laut, tapi di puncaknya kamu bisa menikmati pemandangan yang sungguh luar biasa.

Bukit Penjamur Bengkayang
Bukit Penjamur Bengkayang [via flickr account: Jan.Mann]

Di atas Bukit Penjamuran ini, kamu bisa melihat lautan awan yang berada di bawah bukit. Kemah di sini juga bisa jadi kegiatan yang menyenangkan, karena pagi harinya kamu akan disambut dengan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan.

Air Terjun Mananggar

Ada yang menyebut Air Terjun Mananggar sebagai Niagara dari Borneo. Katanya pula, belum lengkap rasanya pergi ke Kalimantan Barat tanpa mengunjungi Mananggar. Pasalnya air terjun ini memang cantik dan layak banget buat kamu kunjungi.

air terjun mananggar
air terjun mananggar [via flickr account: Andy Arthur]

Air terjun Mananggar menawarkan pemandangan yang cantik di tengah belantara Kalimantan yang masih alami. Bahkan perjalanan ke tempat ini juga masih terbilang sulit karena belum ada jalan raya yang memadai. Tapi begitu kamu melihat cantiknya air terjun Mananggar dan sejuknya udara di sana, kamu akan tahu bahwa perjalananmu tidak sia-sia.

Kalimantan sangat layak buat dikunjungi dan dijelajahi dengan segala keindahan yang dimilikinya. Karena itulah nggak perlu ragu buat merencanakan liburanmu selanjutnya ke Pulau Borneo. Biar praktis, pesan tiketnya pakai aplikasi Indonesia Flight saja karena kamu juga bisa dapet diskon gede di sana. Jadi, kamu tinggal fokus mikir rute tempat wisatanya saja. Seru, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *