7 Destinasi Wisata Buat Ngobatin Kangen Saat Pulang Kampung ke Kota Reog

Pulang kampung ke kota Reog saat lebaran selain bersilaturahmi ke rumah sanak famili berarti juga saatnya untuk mengobati kerinduan dengan kampung halaman setelah setahun merantau di negeri orang. Banyak tempat-tempat di tanah kelahiran yang menyimpan memori indah saat-saat muda yang sayang untuk dilewatkan.

Selain memiliki kesenian Reog yang terkenal hingga mancanegara, Ponorogo juga mempunyai beberapa objek wisata menarik yang siap menyambut kedatangan Anda dari tanah perantauan. Inilah 6 destinasi wisata di Kota Reog yang bisa dijadikan obat penawar rindu.

1. Telaga Ngebel

Ponorogo identik dengan kesenian Reog, bahkan beberapa waktu lalu kesenian asli dari kabupaten di Jawa Timur ini sempat di klaim oleh negara tetangga. Namun selain terkenal dengan Reognya, kota ini juga memiliki objek wisata ikonik berupa Telaga Ngebel. Namanya memang belum sepopuler Telaga Sarangan namun masalah keindahannya berani diadu.

Telaga [via flickr account: Fildzah Arifin]
Telaga [via flickr account: Fildzah Arifin]
Telaga Ngebel memiliki keunggulan berupa kondisi alamnya yang masih alami dengan udara sejuk dan panorama asri. Hanya saja pengembangan untuk dijadikan destinasi wisata belum begitu maksimal. Jika Anda mudik ke Ponorogo, bernostalgia di pinggir telaga sambil menikmati sajian ikan bakar yang dipanen langsung dari telaga akan menjadi obat penawar rindu yang mujarab.

Telaga Ngebel berada di lereng Gunung Wilis, tepatnya berada di ketinggian 734 mdpl. Luas telaga ini sekitar 15 kilometer persegi dan dikelilingi jalan memutar sepanjang 5 kilometer. Suhu rata-rata di sekitar telaga adalah 22 derajat selsius yang menjamin udara tetap sejuk meski di siang hari. Anda bisa menempuh jarak 25 kilometer dari pusat kota menuju arah timur laut menuju kecamatan Ngebel.

2. Air Terjun Pletuk

Mungkin selama masih menetap di kota Ponorogo Anda termasuk orang yang suka traveling mengunjungi tempat-tempat wisata yang sudah tenar maupun belum terjamah. Salah satunya adalah Air Terjun Pletuk, saat Anda pertama mengunjungi kawasan ini mungkin masih belum ada berbagai fasilitas pendukung seperti tempat parkir, musala atau bahkan toilet.

Air terjun [via flickr account: Bangbeni]
Air terjun [via flickr account: Bangbeni]
Beberapa tahun terakhir pemerintah setempat mulai membangun berbagai infrastruktur di kawasan wisata ini dengan tujuan memberi kemudahan para wisatawan yang ingin berkunjung sekaligus memaksimalkan potensi wisata di sana. Kini kawasan Air Terjun Pletuk dilengkapi dengan area parkir yang luas, rumah makan, musala, dan juga kamar mandi. So saat mudik, sempatkanlah untuk menikmati keindahan air terjun setinggi 30 meter yang berada di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko ini.

3. Air Terjun Toyomerto

Air terjun ini berada di kecamatan yang sama dengan Telaga Ngebel dan berjarak 7 km dari telaga tersebut. Toyomerto merupakan obyek wisata alam yang ada di Ponorogo berupa air terjun yang memiliki dua tingkat. Masing-masing tingkatan memiliki ketinggian 25-30 meter. Tidak seperti air terjun Pletuk yang sudah dikelola dengan baik, air terjun ini masih alami dan belum sepenuhnya dikembangkan sebagai obyek wisata komersil. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin bernostalgia dengan masa-masa muda.

Air Terjun [via flickr account: bennylin]
Air Terjun [via flickr account: bennylin]
Air Terjun Toyomerto berada di antara dua bukit yang saling berhadapan. Bukit ini merupakan rangkaian dari pegunungan Wilis yang membentang dari Madiun hingga Ponorogo. Air Terjun yang disebut juga dengan nama Selorejo ini terletak di Desa Pupus, Kecamatan Ngebel, sekitar 35 km dari pusat kota menuju arah timur. Wisatawan yang ingin berkunjung disediakan tempat parkir namun untuk menuju lokasi mereka harus melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 300 meter melewati jalan setapak yang dikelilingi kebun kopi yang lebat.

4. Gua Lowo

Bagi Anda yang dulu suka bertualang, manfaatkan libur lebaran untuk napak tilas kembali ke spot-spot keren di Ponorogo yang dulu pernah Anda sambangi bareng teman-teman. Salah satu yang sayang untuk dilewatkan adalah Gua Lowo di Kecamatan Sampung sekitar kurang lebih 20 kilometer dari pusat kota. Dalam bahasa Jawa, Lowo berarti kelelawar, nama ini diberikan karena di dalam gua banyak terdapat ribuan kelelawar.

Goa [via flickr account: joshua twentythree]
Goa [via flickr account: joshua twentythree]
Gua Lowo berada di dalam hutan jati dengan kondisi gua berupa cerukan bukit kapur. Tak banyak petunjuk arah sehingga Anda perlu sering-sering bertanya pada warga lokal. Hanya ada beberapa petunjuk papan kecil yang menandai lokasi gua ini. Anda tidak hanya akan melihat ribuan kelelawar saja saat berada di lokasi namun gua ini juga sarat akan nilai sejarah.

Gua Lowo merupakan situs purbakala di mana pada zaman Mesolithikum gua ini menjadi rumah bagi manusia purba. Banyak benda prasejarah seperti alat-alat yang terbuat dari batu dan tulang hewan. Perhatikan untuk selalu menjaga kebersihan sekitar situs selama berkunjung ke sana.

5. Kintamani Waterpark

Berada tak jauh dari pusat kota tepatnya beralamat di Jl. Ki Ageng Kutu 9, Siman, Ponorogo terdapat sebuah taman wisata air bernama Kintamani Waterpark. Ini merupakan spot favorit warga Ponorogo untuk nongkrong dan rekreasi bersama keluarga. Selain itu beberapa acara organisasi dan konser juga pernah diselenggarakan di sana.

Kintamani Waterpark [via instagram account: sedulurponorogo]
Kintamani Waterpark [via instagram account: sedulurponorogo]
Taman bermain ini terdiri dari dua kolam renang anak yang memiliki seluncuran, kolam dewasa, area outbond, musala, kamar mandi dan fasilitas pendukung lainnya. Bagi yang mudik ke Ponorogo dan berekreasi di Kintamani Waterpark dijamin akan mendapatkan pengalaman yang seru. Anda bersama keluarga juga bisa makan di restoran berkonsep unik dimana restoran didesain seperti berada di pedesaan dan bangunannya dibuat di tengah danau buatan. Keren!

6. Taman Wisata Ngembang

Obyek terakhir yang bisa dijadikan obat penawar rindu kampung halaman adalah Taman Wisata Ngembang yang juga berada tak jauh dari pusat kota. Taman wisata ini hanya berjarak 3 kilometer dari pusat kota ke arah timur tepatnya ada di Kecamatan Siman. Inilah tempat rekreasi menyenangkan untuk menghabiskan hari libur bersama keluarga.

Taman wisata Ngembag [via instagram account: wisata.ponorogo]
Taman wisata Ngembag [via instagram account: wisata.ponorogo]
Di dalam taman wisata ini terdapat berbagai fasilitas menarik yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut antara lain kolam renang, area outbond, wahana flying fox, wahana sepeda air dan tak ketinggalan pula adanya kebun binatang mini yang memelihara binatang seperti burung kasuari, monyet, beo, dan hewan unik lainnya. Di sekitar tempat wisata ini juga banyak orang yang menjajakan makanan khas yang tidak bisa ditemukan di daerah perkotaan.

Itulah enam tempat wisata di Ponorogo yang akan mengobati dahaga kerinduan Anda saat pulang kampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *