Unik, Penampakan Pantai Air Tawar di Indonesia

Namanya pantai pasti memiliki air yang rasanya asin. Tapi pantai yang ada di Indonesia ini berbeda dari pantai-pantai kebanyakan, airnya berasa tawar. Fenomena seperti ini bisa kamu jumpai saat berkunjung ke daerah Luwu Timur di Sulawesi Selatan. Intip yuk seperti apa sih pantai berair tawar ini.

Di dunia kita telah mengenal fenomena alam yang ajaib berupa danau berair asin lewat Danau Laut Mati di Yordania maupun Danau Satonda di Dompu, NTB. Namun fenomena satu ini tak kalah ajaib sebab ini merupakan suatu pantai yang memiliki air dengan rasa tawar.

Pantai air tawar tersebut bernama Pantai Impian. Pantai ini adalah satu dari beberapa pantai sejenis yang terletak di kawasan administratif kabupaten Luwu Timur, provinsi Sulawesi Selatan. Lebih tepatnya berada di daerah Sorowako, kecamatan Nuha yang berjarak 60 km dari ibukota kabupaten Luwu Timur, Malili.

Dermaga Pantai Impian [via instagram account: visit_sulsel]
Dermaga Pantai Impian [via instagram account: visit_sulsel]
Mendengar namanya saja pasti kebanyakan orang mengira jika pantai ini sama dengan pantai lainnya yang mendapatkan pasokan air dari laut lepas. Tapi tidak buat Pantai Impian, sumber air pantai ini berasal dari Danau Matano, sebuah danau ikonik yang disebut-sebut bakal menjadi pesaing berat Danau Toba.

Jadi bisa dikatakan bahwa Pantai Impian bukanlah pantai yang sebenarnya, namun pesisir danau ini terlanjur terkenal dan disebut pantai oleh warga sekitar. Air yang ada di Danau Matano sendiri tidak dipasok oleh aliran sungai melainkan sumber air tanah yang berlimpah seakan mengucur tiada habisnya.

Danau Matano [via instagram account: doni_moronic]
Danau Matano [via instagram account: doni_moronic]
Pantai Impian yang menjadi bagian dari Danau Matano memang mempunyai pemandangan yang sangat indah serta air jernih dengan visibilitas mumpuni. Aset inilah yang membuat kawasan danau ini sangat cocok untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata. Beberapa fasilitas mulai dibangun untuk memudahkan para pengunjung.

Danau Matano juga menyimpan beberapa keunikan yang membuatnya memang layak untuk kamu kunjungi. Danau ini tercatat sebagai danau purba yang telah ada sejak 4 juta tahun lalu. Di samping itu kedalaman maksimalnya yang mendekati angka 600 meter membuatnya tercatat sebagai danau terdalam ketiga di Asia dan kedelapan dunia.

Sawah Sorowako dan Danau Matano [via instagram account: kurniawan_edy_m]
Sawah Sorowako dan Danau Matano [via instagram account: kurniawan_edy_m]
Saking dalamnya suhu bawah air danau ini pun bervariatif yang memungkinkan hidupnya beraneka jenis ikan yang langka. Sementara di beberapa bibir danau yang berupa tebing ditemukan gua-gua purba yang isinya berupa tombak, parang, dan juga peralatan rumah yang terbuat dari besi kuningan bahkan ada gua dimana di dalamnya ditemukan tulang belulang manusia hingga warga menamainya dengan Gua Tengkorak.

Danau Matano akan mengalami masa puncak kunjungan setiap akhir pekan dan juga hari libur. Saat itu pengunjung dari berbagai daerah akan datang berekreasi di pantai-pantai yang ada di danau ini. Selain Pantai Impian ada beberapa pantai lain yang juga sangat terkenal diantaranya Pantai Ide, Pantai Salonsa dan juga Pantai Old Camp.

Indah bukan? Jadi, kapan kamu berangkat ke sini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *