10 Pulau Terbaik se-Asia Tahun 2016, Indonesia Salah Satunya!

Situs traveling terkemuka di dunia TripAdvisor lagi-lagi merilis data Travellers’ Choice Awards 2016. Kali ini yang dikeluarkan adalah Pulau Terbaik yang dibagi menjadi beberapa kategori mulai terbaik sedunia hingga per zona benua dan negara. Untuk tingkat Asia sendiri negara Thailand masih mendominasi dengan menempatkan 3 pulaunya dalam daftar top 10.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Kita boleh bangga karena bersaing ketat dengan Thailand yang selama bertahun-tahun menjadi kiblat pariwisata Asia Tenggara. Negeri ini juga menempatkan tiga wakilnya dalam daftar 10 pulau terbaik di Asia bahkan salah satunya menempati peringkat pertama. Langsung saja inilah kesepuluh daftar lengkap pulau terbaik se-Asia.

1. Bali, Indonesia

Pulau Bali menjadi tujuan wisata andalan Indonesia. Pulau ini tidak pernah kehilangan pamornya di mata traveler dunia hal tersebut dibuktikan dengan terpilihnya pulau Bali sebagai pulau terbaik se-Asia oleh para traveler pengguna situs TripAdvisor, mengalahkan pulau-pulau lain di daratan Asia bahkan beberapa pulau terkenal milik Thailand.

Bali [via flickr account: Thomas Depenbusch]
Bali [via flickr account: Thomas Depenbusch]
Pulau Bali memang tempat yang cocok untuk para wisatawan yang menyukai kegiatan petualangan maupun suasana santai. Pulau ini punya laut yang keren baik di permukaan maupun alam bawah lautnya. Tersedia pula trek pendakian di beberapa gunung yang cukup menantang, rumah bagi kumpulan spa mewah hingga banyak ditemukan penginapan yang murah meriah sampai kelas mewah. Bali menyajikan satu paket wisata yang komplit.

2. Phuket, Thailand

Phuket sebagai pulau terbesar dan menjadi andalan Thailand membuntuti Bali di urutan kedua. Pulau ini bak magnet yang mampu menarik banyak pengunjung setiap tahunnya dengan iming-iming berbagai aktivitas seru dan pesta malam yang liar. Setiap traveler pecinta pantai dan penyelam sangat antusias mendatangi pulau ini dan menceburkan diri ke Laut Andaman.

Phuket [via flickr account: Nicolas Vollmer]
Phuket [via flickr account: Nicolas Vollmer]
Phuket juga menawarkan laguna biru dan pemandangan matahari terbenam yang luar biasa indah. Namun daya tarik utama dari pulau ini adalah kegiatan olahraga airnya yang paling menantang dan terkenal hingga ke seluruh dunia. Belum lagi kunjungan ke kuil Buddha yang banyak dijumpai di kawasan Phuket.

3. Koh Samui, Thailand

Koh Samui adalah satu dari sekian banyak pulau di lepas pantai Thailand. Pulau ini terletak di provinsi Surat Thani dan tahun ini mendapatkan penghargaan sebagai pulau terbaik se-Asia di peringkat ketiga. Kepopuleran pulau ini sudah dikenal hingga ke seluruh penjuru dunia tak heran tiap tahun banyak rombongan turis datang ke sana.

Koh Samui [via flickr account: Arnie Papp]
Koh Samui [via flickr account: Arnie Papp]
Pantai masih menjadi suguhan utama di pulau ini dimana di dalamnya terdapat laguna kecil yang masuk dalam kawasan Taman Laut Nasional Ang Thong. Sudah tentu keindahan taman bawah lautnya sangat menggoda. Pulau ini juga dikenal sebagai tujuan berlibur yang romantis, traveler tinggal memilih salah satu resor mewah yang ada di sekitar pantai.

4. Koh Tao, Thailand

Masih berada di provinsi Surat Thani, satu lagi pulau di negeri Gajah Putih yang masuk daftar pulau terbaik se-Asia yaitu Koh Tao. Pulau ini menempati kawasan teluk Thailand yang dikenal memiliki perairan yang begitu tenang. Pulau Koh Tao punya topografi perbukitan terjal dengan dikelilingi oleh pantai berpasir putih.

Koh Tao [via flickr account: Per Salomonsson]
Koh Tao [via flickr account: Per Salomonsson]
Sepanjang pesisir pantai di Koh Tao dikelilingi oleh pohon kelapa yang kian membuat sempurna pemandangan pulau tropis ini. Karena kondisi alamnya yang begitu liar, beberapa spot bahkan hanya bisa dilalui oleh kendaraan 4WD. Namun pulau ini selalu mampu membuat banyak wisatawan penasaran untuk berkunjung pasalnya musim panas di kawasan ini hampir berlangsung sepanjang tahun.

5. Lombok, Indonesia

Melengkapi lima besar daftar pulau terbaik se-Asia ada Pulau Lombok yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat dan termasuk bagian dari wilayah negara Indonesia. Pulau yang tahun lalu memenangkan penghargaan sebagai tujuan wisata halal dunia ini semakin dikenal luas oleh wisatawan dunia. Posisi pulau ini juga berada pada zona peralihan antara Asia dan Australia dalam hal flora dan fauna.

Lombok [via flickr account: Lisa Leonardelli]
Lombok [via flickr account: Lisa Leonardelli]
Dengan begitu pulau ini punya keanekaragaman hayati yang sangat kaya. Lokasi pulau ini tepat berada di sebelah timur Pulau Bali. Pun demikian adat dan kepercayaan penduduk pulau ini jauh berbeda dengan penduduk Pulau Dewata sebab mayoritas penduduk Pulau Lombok beragama Islam bahkan pulaunya sendiri menyandang gelar sebagai Pulau Seribu Masjid. Mulai dari pantai, taman laut hingga air terjun dan gunung-gunung keren bisa ditemukan di pulau ini.

6. Gili Trawangan, Indonesia

Satu lagi wakil Indonesia dalam daftar pulau terbaik se-Asia versi Travelers Choice yaitu Gili Trawangan. Secara administratif pulau kecil ini bersama dengan dua pulau lainnya yang berdekatan yaitu Gili Meno dan Gili Air masih termasuk dalam wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat dan bagian dari Pulau Lombok, hanya saja posisinya terpisah dari daratan utama.

Gili Trawangan [via flickr account: Bart Speelman]
Gili Trawangan [via flickr account: Bart Speelman]
Gili Trawangan adalah surga bagi traveler yang hendak menjauh dari hingar bingar kota. Pulau ini tidak punya transportasi umum berupa kendaraan bermotor sebagai gantinya tersedia Cidomo, alat transportasi tradisional semacam delman. Tak heran jika banyak yang menganggap bahwa Gili Trawangan adalah salah satu pulau di dunia yang paling bebas polusi. Alam bawah laut pulau ini juga menjadi salah satu yang terkeren di dunia.

7. Boracay, Filipina

Setelah posisi pertama hingga keenam diisi oleh jajaran pulau dari Indonesia dan Thailand saja, barulah di posisi ketujuh ini ada wakil dari negara Filipina. Adalah pulau Boracay yang masuk dalam daftar pulau terbaik se-Asia. Pulau ini memiliki luas tak sekitar 7 kilometer persegi dan bisa dikelilingi kurang dari sehari dengan menggunakan sepeda sewaan.

Boracay [via flickr account: Jeff Tollefson]
Boracay [via flickr account: Jeff Tollefson]
Meski ukurannya cukup mini tapi kekayaan pantainya luar biasa banyak. Contohnya adalah Pantai Yapak yang dikenal memiliki hamparan pasir dari cangkang kerang berwarna putih bersih. Atau bermain ke Pantai Putih yang punya pemandangan matahari terbenam sempurna. Sementara Pantai Balinghai yang letaknya terisolir sangat cocok dijadikan spot bulan madu pasangan pengantin.

8. Langkawi, Malaysia

Malaysia menyumbangkan satu pulaunya untuk mengisi sepuluh besar pulau terbaik di Asia yaitu Pulau Langkawi. Langkawi sendiri merupakan suatu kawasan kepulauan yang terdiri atas 140 gugusan pulau dan hanya segelintir yang yang berpenghuni. Pulau Langkawi adalah pulau terbesar yang juga telah ditetapkan UNESCO sebagai Taman Bumi Dunia.

Langkawi [via flickr account: Phalinn Ooi]
Langkawi [via flickr account: Phalinn Ooi]
Pulau ini adalah tujuan yang sempurna untuk melihat keragaman hayati yang tersebar di wilayah konservasi. Di dalam pulau ini juga telah dibangun Langkawi Sky Bridge untuk wisatawan yang ingin melihat keajaiban ekologi dari ketinggian. Kalau mau yang segar-segar tinggal nyebur ke Danau Pregnant Maiden, danau air tawar dengan nama unik di sana.

9. Pulau Havelock, India

Daftar pulau terbaik di Asia nampaknya didominasi oleh negara-negara di Asia Tenggara hingga hanya menyisakan dua tempat untuk negara lainnya. Di posisi kesembilan ada Pulau Havelock yang terletak di kawasan Kepulauan Andaman dan Nicobar. Pulau ini adalah yang paling terkenal di perairan Kepulauan Andaman.

Havelock [via flickr account: Codex41]
Havelock [via flickr account: Codex41]
Beberapa kegiatan menarik yang membuat traveler tertarik berkunjung ke pulau ini adalah aktivitas lintas alamnya yang menantang, juga kegiatan kemping di dalam hutan untuk menyatu dengan alam. Belum lagi berkeliling perairan dengan kapal beralas kaca yang memungkinkan traveler tidak perlu nyebur ke laut untuk melihat terumbu karang plus ikan-ikan kecil. Ada juga penginapan mewah dan tak ketinggalan kuliner seafood yang menggoda lidah.

10. Taketomicho Iriomote-Jima, Jepang

Menggenapi 10 besar pulau terbaik di Asia adalah Pulau Taketomicho Iriomote-Jima yang terletak di Jepang. Pulau ini terletak di prefektur Okinawa dan paling terkenal dengan air terjunnya yang bernama Air terjun Pinaisara.

Taketomicho Iriomote-Jima [via flickr account: Tzuhsun Hsu]
Taketomicho Iriomote-Jima [via flickr account: Tzuhsun Hsu]
Selain itu traveler yang berlibur ke pulau ini juga suka berkunjung ke pantai-pantainya yang indah salah satunya adalah pantai Ida no Hama. Pantai berpasir putih dan berombak tenang ini paling banyak disukai traveler dunia untuk berjemur atau pun berenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *