Aneka Larangan Saat Traveling ke Luar Negeri, Sebaiknya Kamu Tahu!

Traveling ke luar negeri tidak hanya tentang dana yang mahal tetapi ada hal-hal mendasar yang perlu diketahui calon traveler. Selagi kita menjelajahi kota-kota di negeri sendiri saja ada banyak hal tabu dan segudang aturan aneh yang tidak kita temui di lingkungan tempat tinggal kita. Begitu pula di luar negeri, bahkan lebih ekstrim lagi bahwa negara-negara di luar sana mempunyai aturan nyeleneh yang jika dilanggar bisa bikin kita kerepotan hingga dihukum penjara.

Inilah mengapa setiap traveler blogger atau travel master selalu memasukkan poin mempelajari tujuan traveling sebelum berangkat dalam tips jalan-jalan mereka. Sebab dengan begitu kita jadi tahu apa saja sih yang harusnya dihindari saat berada di negara tersebut biar liburan kita tidak buyar gara-gara kecerobohan kita sendiri. Berikut beberapa larangan yang harus kamu tahu di beberapa negara paling populer sebagai destinasi wisata.

1. PRANCIS

85-prancis-no-money
Larangan membicarakan tentang uang di Prancis [image source]

Prancis adalah salah satu negara tujuan wisata paling populer di dunia. Kebanyakan yang berkunjung ke negara ini pasti ingin melihat langsung kemegahan Menara Eiffel di Paris. Kalau kamu salah satu yang bermimpi pergi ke Prancis sebaiknya pahami dulu beberapa budaya penduduk negara ini. Pertama, di Prancis membahas masalah uang adalah hal tabu yang tidak boleh dibicarakan secara bebas jadi hindari membicarakan topik seputar uang. Selain itu setiap ketemu orang Prancis kata pertama yang harus kamu ucapkan adalah “Hello.” Dengan begitu kamu akan diterima dan perjalananmu di Prancis akan lancar.

2. SINGAPURA

86-tdak-meludahLarangan Meludah di Jalanan Singapura [image source]

Singapura dikenal sebagai salah satu negara yang punya aturan yang sangat ketat. Sedikit kesalahan bisa membuat kamu kena denda atau hukuman penjara. Beberapa yang perlu kamu tahu sebelum plesir ke Singapura antara lain di negara ini semua orang dilarang untuk meludah atau pun membuang sampah di jalan. Bahkan negara ini juga melarang pengguna transportasi umum untuk makan di dalam kendaraan meski itu hanya makanan ringan.

3. INDIA

87-no-kissing
Dilarang berciuman di depan publik di India [image source]

Aturan di India ini bakal sedikit merepotkan orang dengan orientasi tangan kidal. Pasalnya India sangat tidak mentolerir penggunaan tangan kiri, sebab tangan ini dianggap kotor. Jadi sebisa mungkin selalu gunakan tangan kanan untuk bersalaman, mengambil uang atau kegiatan lain. Selain itu, jika kamu bepergian dengan pasangan, jangan sekali-kali berciuman di tempat terbuka meski hanya mencium kening. Pasalnya setiap tindakan ciuman yang dilakukan di ruang publik bisa menyeretmu ke ruang tahanan.

4. JEPANG

Waitress Picking Up Her Tip
Memberi Tips di Jepang dianggap melecehkan [image source]

Jika kamu bepergian ke mana saja memberi tip pada pelayan restoran atau bell-boy sebuah hotel adalah hal yang wajar dan dapat diterima sebaiknya kalau tujuan travelingmu berikutnya adalah Jepang kamu harus mengerem kebiasaan ini. Sebab menurut adat Jepang, memberikan tip dianggap sebagai penghinaan derajat orang Jepang. Niat baikmu agar terlihat loyal akan sia-sia, sebaiknya mending tidak usah memberi tip.

5. SELANDIA BARU

89-nyeker
Orang Selandia Baru suka nyeker [image source]

Selandia Baru dikenal memiliki kekayaan alam yang luar biasa indah. Di negara ini pula terdapat rumah Hobbit seperti dalam film The Lord of the Rings. Negara ini pula sangat menjunjung tinggi derajat Ratu Britania Raya alias Ratu Elizabeth. Artinya jika ngobrol menggunakan tema-tema tersebut jangan sampai dibuat lelucon, orang Selandia Baru akan marah. Satu lagi, jangan menampakkan ekspresi wajah kagum saat melihat banyak orang di ruang publik tidak mengenakan alas kaki. Warga Selandia Baru biasa nyeker.

6. INGGRIS

antrian
Jangan nyerobot antrian di Inggris [image source]

Budaya di Inggris yang harus kamu ketahui dan taati yang paling utama ada tiga. Pertama jangan pernah menyerobot antrian meski itu biasa kamu lakukan di daerahmu dan orang sekitarmu biasa saja atau hanya ngomel di dalam hati. Itu tidak berlaku di Inggris, kamu bakal langsung kena semprot banyak orang. Kedua, membicarakan masalah gaji atau penghasilan adalah hal tabu yang tidak bisa dijadikan topik pembicaraan sembarangan. Sedangkan yang terakhir adalah jangan sekali-kali mengundang orang yang tidak kamu kenal dalam acara pesta meski orang tersebut adalah teman orang dekatmu.

7. MALAYSIA

90-headMemegang kepala dianggap tidak sopan [image source]

Ini nih salah satu tujuan traveling favorit orang Indonesia yaitu Malaysia, selain lokasinya dekat, biayanya murah adat budaya yang ada pun bisa dikatakan serupa jadi tidak perlu adaptasi yang terlalu lama. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan kala berinteraksi dengan orang Malaysia. Pertama jangan sekalipun memegang kepala orang Malaysia karena mereka menganggap kepala adalah bagian yang paling suci atau sakral kecuali memegang kepala bayi. Selanjutnya, untuk menunjuk sesuatu gunakan jari jempol, sebab inilah yang dilakukan orang-orang Malaysia ketimbang menggunakan jari telunjuk seperti di Indonesia.

Selain tujuh negara di atas masih banyak negara-negara lain yang memiliki aturan-aturan unik yang musti traveler taati saat sedang berada di dalam wilayah teritori mereka. Berikut Indonesia Flight paparkan secara singkat untuk menambah wawasanmu.

8. LARANGAN MEMBUNYIKAN KLAKSON DI NORWEGIA

DIlarang Membunyikan Klakson
DIlarang membunyikan klakson

Jika di Indonesia membunyikan klakson kendaraan dianggap hal lumrah untuk memperingatkan kendaraan di depan untuk pelan atau minggir atau memberitahu pejalan kaki untuk berhati-hati maka lain halnya dengan di Norwegia. Bunyi klakson berarti ada hal yang benar-benar sangat darurat. Bunyi klakson mobil bisa membuat pengendara lain panik, jadi usahakan untuk tidak membunyikan klakson selama tidak ada hal darurat.

9. MEMBERIKAN TIP DI AMERIKA SERIKAT

Meninggalkan tip [via Instagram @skywardsongcosplay]
Meninggalkan tip [via Instagram @skywardsongcosplay]

Ini kebalikan dari Jepang yang menganggap tip adalah sebuah penghinaan. Maka jika kamu jalan-jalan di Amerika dan makan di restoran, masuk kafe atau bar dan menginap di hotel jangan lantas tidak memberikan tip pada pelayan maka kamu akan dianggap pelit dan tidak menghargai mereka yang telah melayanimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *