Ini Dia Tips Wisata Saat Puasa

Saat puasa, kebanyakan orang sih biasanya emang merasa lebih lemas dari biasanya. Tapi bukan berarti kamu cuma bisa berdiam diri dan lemas sampai nunggu waktunya berbuka. Bulan Ramadan itu puasanya sebulan, lho. Masak sih nggak bosan gitu-gitu aja?

Saat puasa Ramadan, kamu juga bisa mengisi waktu dengan traveling. Jangan takut capek atau lemes sehingga nggak kuat jalan. Kalau kamu ngikutin tips ini, puasamu bakal tetap lancar dan kamu bahkan masih bisa jalan-jalan.

Jangan Sampai Melewatkan Sahur

Kalau kamu mau traveling waktu puasa, jangan sampai melewatkan sahur. Karena kamu bakal butuh energi buat perjalananmu nanti. Nggak mau kan lemes di tengah jalan dan nggak bisa menikmati liburanmu gara-gara kelaperan?

Jangan Lupa Sahur
Jangan Lupa Sahur

Usahakan untuk memilih menu yang punya banyak nutrisi dan tinggi. Akan lebih baik lagi jika ditambah dengan minum vitamin. Jadi, kamu punya stamina yang cukup agar ibadah puasamu tetap lancar meski berada di perjalanan.

Meski Puasa, Tetap Bawa Bekal Minum dan Makanan, ya!

Kamu memang traveling di bulan Ramadan, tapi bukan berarti nggak perlu bawa bekal makan atau minum. Justru kamu perlu tetap bawa bekal agar kamu tetap bisa berbuka atau sahur dimanapun tempatnya. Siapa tahu adzan maghrib berkumandang waktu kamu masih di dalam bis, jadi kamu tetap bisa berbuka puasa.

Bawa Bekal Ringan
Bawa Bekal Ringan

Nggak perlu bawa makanan berat seperti nasi bungkus atau sejenisnya. Karena khawatirnya nanti malah bau waktu di perjalanan dan membuat bawaanmu makin berat. Cukup bawa makanan kecil seperti kurma atau roti yang cukup membantu buat mengganjal perut.

Aktivitas Liburannya Jangan yang Terlalu Ekstrim

Para petualang jelas menikmati liburan yang ekstrim dan memacu adrenalin. Tapi saat puasa, lebih baik pilih model aktivitas yang lebih ringan. Mendaki gunung memang seru, tapi kalau dilakukan waktu bulan puasa ya kamu sendiri nanti yang lemes dan kelelahan. Nggak mau kan puasa jadi batal gara-gara kamu terlalu kelelahan traveling?

Jalan-Jalan Ringan
Jalan-Jalan Ringan

Selama bulan puasa, pilih kegiatan traveling yang sifatnya lebih ringan dan santai. Kamu bisa berwisata ke museum, jalan-jalan di sekitar kota, atau melakukan wisata religi. Selain nggak terlalu bikin capek, kamu juga nggak kerepotan mencari menu berbuka kalau tiba waktunya untuk buka puasa.

Bawa Barang Seperlunya Saja

Waktu puasa, kekuatan fisik biasanya jadi sedikit berkurang, jadi usahakan saat traveling bawa barang seperlunya saja. Jangan membawa barang-barang yang nggak terlalu kamu perlukan, karena nanti cuma menambah beban dan membuatmu cepat letih saat membawanya.

Bawa Barang Seperlunya
Bawa Barang Seperlunya

Jangan lupa bawa peralatan ibadah di dalam tasmu. Jadi kamu tetap bisa beribadah dengan lancar meski sedang traveling. Jangan sampai meninggalkan shalat dengan alasan lupa bawa perlengkapan ibadah ya. Karena justru seharusnya traveling nggak menghalangi niatmu beribadah. Selain itu, jeda untuk beribadah tersebut juga bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat sejenak.

Rencanakan Perjalananmu Sejak Awal

Agar liburanmu berjalan lancar begitu juga dengan puasamu, maka rencanakan semua sejak awal. Kalau perlu, sekalian saja bikin itinerary lengkap berisi tempat yang ingin kamu tuju dan perkiraan waktunya. Jadi kamu nggak perlu menunggu waktu terlalu lama untuk berbuka puasa gara-gara masih berada dalam perjalanan.

Merencanakan Perjalanan
Merencanakan Perjalanan

Kalau liburanmu ke luar kota atau luar negeri, pesan tiket dari jauh hari. Pasalnya, di bulan puasa biasanya harga tiket juga ikut naik. Tapi, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Indonesia Flight karena mereka berani ngasih harga yang lebih murah dari yang lain. Selain itu, pesan tiketnya juga gampang dan sudah nggak perlu lagi cetak tiket. Seru, kan?

Nah, dengan persiapan yang tepat, kamu juga tetap bisa traveling kok meskipun lagi puasa. Biar puasamu nggak diem aja di rumah, kan lebih seru kalau kamu punya kegiatan positif dan menyenangkan. Jadi, siap buat liburan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *