Mengintip 12 Tempat Wisata Paling Cantik di Kota Bandar Lampung

Lampung adalah salah satu provinsi di pulau Sumatera yang dikenal sebagai tujuan wisata dengan beragam pilihan. Agar tercover semua tempat wisata menarik di daerah ini, Indonesia Flight akan mencoba mengklasifikasikannya berdasarkan kabupaten dan kota. Tujuan pertama penjelajahan kita adalah sang ibukota provinsi yakni Kota Bandar Lampung.

Bandar Lampung adalah ibukota provinsi Lampung sekaligus menjadi kota terbesar dan terpadat ketiga di Pulau Sumatera setelah Medan dan Palembang. Kota ini menghadap ke Teluk Lampung sehingga menjadi jalur transportasi penting pendistribusian logistik dari Jawa menuju ke Sumatera dan sebaliknya. Di dalam kota ini traveler bisa mengunjungi tempat-tempat menarik sebagai berikut:

Tempat Wisata di Lampung

1. MUSEUM LAMPUNG, TUJUAN WISATA SEJARAH, PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN REKREASI

Tempat wisata di lampung yang pertama adalah Museum Lampung. Memliki nama resmi Museum Negeri Lampung, sebuah museum terbesar dan yang pertama berdiri di provinsi Lampung. Museum ini telah lama menjadi kebanggaan warga Bandar Lampung pada khususnya dan provinsi Lampung pada umumnya. Keberadaannya dianggap penting sebagai sarana untuk wisata sejarah, pendidikan, penelitian dan juga rekreasi.

70-museum-lampungMuseum Lampung, via instagram

Museum Lampung terletak di Jalan ZA Pagar Alam No.64 Bandar Lampung. Peresmiannya dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kala itu, Prof. Dr. Fuad Hasan pada tanggal 24 September 1988. Museum ini mengoleksi benda bersejarah seperti meriam peninggalan kolonial Belanda dan aneka benda budaya yang mewakili dua kelompok adat terbesar di Lampung yakni Sai Bathin dan Pepadun.

2. PANTAI TIRTAYASA, PILIHAN WISATA PANTAI UNTUK MENEPI

Bandar Lampung yang berbatasan dengan Teluk Lampung tidak akan kehabisan stok tujuan wisata pantai. Salah satu tempat wisata di lampung yang menjadi favorit traveler untuk menenangkan diri adalah Pantai Tirtayasa di alamat dusun Way Tataan, kelurahan Sukamaju, kecamatan Teluk Betung Timur, kota Bandar Lampung.

Pantai Tirtayasa [via Instagram @donniekurniawan]
Pantai Tirtayasa [via Instagram @donniekurniawan]

Pantai ini lumayan sepi dan cocok untuk pilihan menepi dari hiruk pikuk ibukota provinsi. Pemandangan pantai ini cukup indah dengan perbukitan di kejauhan serta laut yang biru. Tidak jauh dari pantai ini traveler juga bisa menjumpai pantai lain yang tengah naik daun antara lain Pantai Queen Artha, Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung hingga Pantai Kelapa Rapat.

3. TAMAN KUPU-KUPU GITA PERSADA, TEMPAT FAVORITNYA TRAVELER WANITA

Buat traveler wanita yang suka sekali dengan keelokan sayap kupu-kupu bisa berkunjung ke Taman Kupu-kupu Gita Persada yang letaknya di kaki Gunung Betung atau berada di ujung selatan pulau Sumatera. Tempat wisata di lampung yang satu ini bisa traveler jangkau dengan perjalanan selama 15 menit dari Kota Bandar Lampung.

Taman Kupu-kupu [via Instagram @deski10969]
Taman Kupu-kupu [via Instagram @deski10969]

Pembangunan taman kupu-kupu didasari atas keprihatinan sang pendiri yakni Anshori Djausal dan Herawati Soekardi yang melihat banyaknya kawasan di Lampung yang rusak akibat aktivitas manusia. Mereka khawatir jika spesies kupu-kupu Sumatera akan punah sehingga dibangunlah taman kupu-kupu yang kini telah menjadi rumah lebih dari 100 jenis kupu-kupu Sumatera.

4. MASJID AGUNG AL-FURQON, MASJID KEBANGGAAN WARGA LAMPUNG

Sembari eksplorasi tempat wisata di Lampung sebaiknya sempatkan untuk mampir ke Masjid Agung Al-Furqon. Di masjid ini traveler bisa melepas penat sekalian ibadah dan wisata religi. Masjid yang terletak di persimpangan antara Jalan Dr. Susilo dan Jalan Diponegoro ini adalah masjid terbesar di Bandar Lampung dan juga provinsi Lampung.

61-masjid-al-furqonMasjid Agung Al-Furqon, via instagram

Masjid Agung Al-Furqon adalah masjid bersejarah yang pembangunannya diprakarsai oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Masjid yang memiliki bangunan megah ini cukup mudah dijumpai lantaran posisinya yang berada di pusat kota dan berada dekat dengan kawasan perkantoran Pemda Kota Bandar Lampung. Masjid ini tersusun atas dua lantai dimana lantai dasarnya digunakan sebagai ruang pertemuan dan acara resepsi pernikahan.

5. PURA KERTI BHUANA, PURA TERBESAR DI BANDAR LAMPUNG

Masih dalam rangkaian wisata religi, tempat wisata di lampung selanjutnya adalah Pura Kerti Bhuana. Pura tidak hanya ditemukan di Bali atau daerah dengan penduduk mayoritas Hindu dan Buddha saja, seperti di Bandar Lampung ini contohnya terdapat pura megah di wilayah Kelurahan Way Lunik, Kecamatan Panjang, Bandar Lampung, tepatnya di Jalan Bypass Soekarno-Hatta.

71-Pura_Kerti_Buana
Pura Kerti Bhuana [image source]

Pura Kerti Bhuana memiliki nama lain sebagai Pura Jagatnatha Kerti Bhuana adalah pusat ibadah bagi umat Hindu di provinsi Lampung. Pura ini sekaligus menjadi yang terbesar di sana. Pembangunannya dilakukan pada tahun 1974 dengan fungsi utama sebagai pelinggih persimpangan Ida Betara di Pura Besakih Bali. Desain pura ini memang serupa dengan pura-pura di Pulau Dewata sehingga foto di depannya sudah berasa liburan di pulau Bali.

6. VIHARA THAY HIN BIO, KLENTENG TERTUA DI LAMPUNG

Kehidupan masyarakat Lampung sangat menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi beragama hal tersebut dapat dilihat dari keberadaan rumah ibadah lintas agama yang berdiri di dalamnya. Selain masjid dan pura, satu lagi yang bisa dijadikan tujuan wisata religi khususnya mereka keturunan Tionghoa yaitu Vihara Thay Hin Bio.

73-vihara
Vihara Thay Hin Bio, via instagram

Vihara Thay Hin Bio terletak di kawasan Kampung Pecinan Teluk Betung, Kelurahan Pesawahan, kecamatan Teluk Betung Selatan, kota Bandar Lampung. Meski ukurannya tidak terlalu besar jika dibanding vihara di daerah lain akan tetapi Vihara Thay Hin Bio adalah kelenteng tertua dan terbesar di kawasan Kota Bandar Lampung.

7. MONUMEN TUGU SIGER, LANDMARK POPULER DI BANDAR LAMPUNG

Jika traveler liburan ke Lampung salah satu rekomendasi tempat yang wajib dikunjungi adalah Menara Siger yang letaknya di Bukit Gamping, kecamatan Bakauheni, kabupaten Lampung Selatan. Menara dengan warna dominan kuning ini diresmikan pada tahun 2008 dan juga menjadi titik nol daerah tersebut. Karena saking ikoniknya, maka di Bandar Lampung juga dibangun monumen serupa dalam bentuk replika.

69-monumen-segerMonumen Tugu Siger, via instagram

Adalah Monumen Tugu Siger yang bisa traveler temukan di pertigaan jalan di Bandar Lampung. Siger sendiri adalah mahkota pengantin wanita Lampung yang berbentuk segitiga berwarna emas dan memiliki lekukan berjumlah sembilan atau tujuh. Warga Lampung sangat menjunjung tinggi logo Siger hal tersebut bisa dilihat dari logo provinsi Lampung serta ornamen gapura di Lampung yang menyematkan bentuk Siger.

8. PULAU PASARAN, MELIHAT PROSES PENGOLAHAN IKAN ASIN

Sedikit melipir ke tepian kota Bandar Lampung ada Pulau Pasaran. Pulau kecil seluas 8 hektar ini berada di Teluk Lampung dan dihuni oleh sekitar 140 kepala keluarga. Secara administratif pulau ini termasuk wilayah dari kecamatan Teluk Betung Barat, kota Bandar Lampung. Pulau ini terpisah dari daratan utama, namun untuk menuju ke sana traveler tidak perlu naik perahu karena telah tersedia jembatan kayu yang bisa dilewati sepeda motor.

62-pulau-pasaran
Pulau Pasaran, via instagram

Aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini selain menikmati pemandangan Teluk Lampung, traveler juga memiliki pilihan lain berupa melihat proses pembuatan ikan asin. Yap, sebagian besar penduduk di Pulau Pasaran berprofesi sebagai pembuat ikan asin. Kalau mau mendapatkan foto yang keren datang saja saat senja, sunset dari pulau ini indah bukan main.

9. PANTAI PURI GADING, SPOT MENJAUH DARI SUASANA BISING

Pantai Puri Gading adalah tempat wisata yang letaknya di dalam areal Perumahan Pantai Puri Gading, Lempasing, Bandar Lampung. Letaknya yang berada di dalam area perumahan menjadikannya pantai privat khusus untuk para warga perumahan tersebut. Akan tetapi seiring berjalannya waktu pantai ini pun dibuka untuk umum dan banyak warga yang suka rekreasi ke pantai ini.

63-puri-gading
Pantai Puri Gading, via instagram

Pantai Puri Gading relatif lebih sepi dibanding pantai komersil lain di Bandar Lampung. Ukurannya pun tidak terlalu besar dan lokasinya tersembunyi di area perumahan sehingga cukup nyaman untuk menepi dari suasana bising perkotaan. Aktivitas utama di pantai ini adalah berperahu ke pulau-pulau kecil di Teluk Lampung atau bermain banana boat.

10. PELABUHAN PANJANG, SPOT HUNTING FOTOGRAFI

Pelabuhan adalah kawasan umum dimana banyak hal unik yang bisa traveler temukan. Oleh sebab itu banyak sekali traveler pecinta fotografi datang ke pelabuhan untuk mendapatkan obyek foto mereka. Beruntung jika kamu traveling ke Bandar Lampung soalnya kota ini memiliki pelabuhan bertaraf internasional bernama Pelabuhan Panjang.

64-pelabuhan-panjangPelabuhan Panjang, via instagram

Pelabuhan Panjang terletak di kecamatan Panjang sekaligus menjadi salah satu pelabuhan besar di Indonesia. Pelabuhan ini memegang peran penting dalam transportasi dan distribusi barang dari dan menuju pulau Sumatera. Dengan berkunjung ke pelabuhan ini pastinya akan banyak hal unik yang dapat kamu temukan.

11. AIR TERJUN BATU PUTU, POTRET KEINDAHAN ALAM DAN KEDAMAIAN YANG MENYATU

Kalau ngaku traveler pecinta alam musti datang ke Air Terjun Batu Putu. Tempat ini menjadi lokasi favorit para pecinta alam menghabiskan waktu liburan. Suasana hening dan alam yang asri menciptakan suasana damai saat berada di dekat air terjun.

65-air-terjun-putu
Air Terjun Batu Putu, via instagram

Air Terjun Batu Putu secara administratif terletak di desa Batu Putu, kecamatan Teluk Betung Utara, kota Bandar Lampung. Air terjunnya berada di dalam kawasan hutan lindung dan perkebunan durian. Airnya dipasok dari sungai Way Belau. Dari pusat kota Bandar Lampung air terjun ini bisa diakses dengan kendaraan bermotor selama 45 menit.

12. TAMAN WISATA ALAM WAWAI, SPOT SEMPURNA UNTUK BERSANTAI

Taman Wisata Alam Wawai terletak di Jalan Raden Imba Kusuma Ratu, Sukadanaham, Tanjungkarang Barat, kota Bandar Lampung. Ini adalah tempat wisata berkonsep alam yang paling populer di Lampung. Menempati lahan seluas 5 hektar, setiap hari tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai usia.

67-wawai
Taman Wisata Alam Wawai, via instagram

Taman Wisata Alam Wawai terletak di dataran tinggi sehingga dari puncaknya terdapat suguhan pemandangan kota Bandar Lampung beserta Teluk Lampung yang indah. Beberapa zona yang ada di taman wisata ini antara lain Amphitheatre, Teepee Diner, Camping Ground, dan Secret Garden. Amphitheatre adalah spot favorit traveler karena arsitekturnya menyerupai Colosseum di Roma.

Ayo temukan tempat-tempat menarik lainnya di Kota Bandar Lampung kemudian share pada traveler lainnya. Caranya tinggal menuliskan komentarmu di kolom yang telah disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *