Pulang Kampung ke Makassar, Liburannya Kemana?

Bingung mau kemana selama pulang kampung di Makassar? Jangan bingung, banyak kog tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga besar. Anda bisa memulainya dengan mengunjungi destinasi-destinasi lawas untuk sekedar bernostalgia dan mengobati rindu setelah lama tidak pulang atau mengunjungi spot-spot yang baru dikembangkan di mana belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.

Pantai Losari sebagai ikon yang telah lama melekat di Makassar layak untuk dikunjungi sebagai penawar rindu atau Pulau Kodingareng Keke yang sedang hits baru-baru ini yang siap menyemarakkan liburan Anda. Inilah destinasi pilihan selama mudik di Makassar.

1. PANTAI LOSARI

Kemana lagi mengobati kerinduan akan kampung halaman di Makassar selain berkunjung ke Pantai Losari. Nampaknya pantai ini wajib dikunjungi tiap kali pulang kampung, bagaimana tidak antara Losari dan Makassar sudah seperti paket yang tak terpisahkan. Maka dari itu buat Anda yang mudik ke ibu kota Sulsel ini jangan sampai melewatkan untuk rekreasi ke Pantai Losari.

Pantai Losari [via Instagram: @adheb]
Pantai Losari [via Instagram: @adheb]

Pantai Losari selain memiliki pemandangan yang indah juga terkenal dengan adanya plang nama berukuran besar yang dipasang seperti papan nama Hollywood. Waktu berkunjung yang paling tepat adalah di sore hari saat matahari akan tenggelam. Anda dapat menikmati indahnya sunset ditemani semilir angin.

2. TRANS STUDIO MAKASSAR

Diresmikan tanggal 9 September 2009, Trans Studio Makassar menjelma menjadi salah satu ikon wisata yang populer di sana. Taman bermain serta pusat belanja yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI saat itu yakni Jusuf Kalla ini berada di tempat yang sangat strategis, berada di Jl. H.M Dg. Patompo – Metro Tanjung Bunga, Makassar.

Trans Studio Makassar [via Instagram account: trans_studiomks]
Trans Studio Makassar [via Instagram account: trans_studiomks]

Trans Studio Makassar adalah taman hiburan indoor terbesar ke-2 di Indonesia setelah Trans Studio Bandung. Di dalam kawasan seluas 2,7 hektar ini terbagi atas dua area pertama Trans Studio Mall yang memungkinkan pengunjung untuk berbelanja di mall kelas dunia dan kedua Trans Studio Theme Park, tempat kawula muda bermain dengan berbagai wahana yang disediakan.

3. FORT ROTTERDAM

Fort Rotterdam dikenal pula dengan nama Benteng Ujung Pandang merupakan benteng peninggalan Kerajaan Goa-Tallo yang terletak di Jl Ujung Pandang No 1, Kota Makassar. Lokasi ini tidak jauh dari Pantai Losari sehingga sebelum sunsetan di pantai ada baiknya Anda berkunjung dahulu ke benteng ini.

Fort Rotterdam [via Instagram account: aliefhudzaifah_]
Fort Rotterdam [via Instagram account: aliefhudzaifah_]

Fort Rotterdam dibangun tahun 1545 oleh Raja Goa ke-9, awalnya bahan dasar pembuatan benteng adalah tanah liat dan baru diperkuat dengan batu cadas pada masa pemerintahan Raja Goa ke-14. Bangunan benteng ini sangat unik sebab memiliki bentuk menyerupai penyu yang merangkak ke lautan. Hal ini mengandung makna bahwa Kerajaan Goa-Tallo tidak hanya berjaya di darat namun juga di lautan. Berkunjung ke Fort Rotterdam, Anda dapat menambah wawasan sejarah kerajaan di Makassar.

4. PULAU KODINGARENG KEKE

Ini dia destinasi wisata yang sedang hits di Makassar, namanya Pulau Kodingareng Keke. Pulau kecil tak berpenghuni ini berada di tengah laut yang berjarak sekitar 13 kilometer dari Pantai Losari. Libur lebaran bisa Anda manfaatkan untuk datang ke pulau ini dengan cara menyewa boat dari pelabuhan yang ada di depan Benteng Fort Rotterdam.

Pulau Kodingareng Keke [via Instagram account: indriyuliani]
Pulau Kodingareng Keke [via Instagram account: indriyuliani]

Pulau kecil ini berpasir putih yang ditumbuhi sedikit pohon dan semak-semak. Namun surga yang sebenarnya berada di dalam lautnya. Para penyelam Makassar mengakui jika terumbu karang di pantai tersebut juara dan masih terjaga. Air lautnya pun berwarna hijau tosca yang jernih. Pokoknya rugi deh jika tidak menyempatkan berkunjung ke pulau ini.

5. KOTA BANTAENG

Mumpung lagi pulang kampung di Makassar tak ada salahnya sekalian mengunjungi tempat wisata di sekitar kota yang lagi ngehits. Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Kota Bantaeng yang berada di 125 kilometer ke arah selatan dari Kota Makassar. Nama Bantaeng baru mencuat setahun terakhir ini karena memiliki tata kota yang apik serta kawasan yang bersih.

Kota Bantaeng [image source]

Kota Bantaeng [image source]

Beberapa destinasi di Kota Bantaeng juga ikut mendapatkan imbasnya, sebut saja Pantai Seruni, Pantai Marina Korong Batu dan Pantai Lamalaka yang kian getol bersolek untuk merayu wisatawan untuk datang berkunjung. Anda pasti akan betah berlama-lama di sana apalagi ditemani keluarga rame-rame, liburan akan makin seru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *