5 Destinasi Wisata di Bali yang Cocok Dikunjungi Saat Puasa Ramadan

Meski terkenal dengan mayoritas penduduknya yang beragama Hindu, bukan berarti kamu nggak bisa berlibur ke Bali selama bulan Ramadan. Liburan di pulau cantik ini nggak bakal membuat Ramadan kamu kehilangan esensinya. Asalkan kamu tetap menjalankan ibadahmu dengan baik.

Nah, Bali punya banyak tempat wisata dengan panorama menakjubkan yang tetap cocok untuk dikunjungi saat bulan puasa. Jadi kalau kamu mau ke pulau dewata ini, langsung aja berangkat ke deretan tempat wisata berikut ini.

1. Alas Kedaton

Alas Kedaton adalah objek wisata hutan yang masih alami dan dilindungi dengan luas kurang lebih 12 hektar. Di sini ada banyak sekali jenis tanaman seperti pohon mahoni, klampuak, dau, dan banyak lagi. Selain beragam tanaman, alas Kedaton juga menjadi tempat tinggal kalong dan kera yang sejak lama sudah ada di sini.

Alas Kedaton [via flickr account: Juan Antonia F. Segal]
Alas Kedaton [via flickr account: Juan Antonia F. Segal]
Kamu bisa menikmati udara segar di tengah hutan, atau berfoto dengan kalong dan kera yang berkeliaran di sini. Sesekali kamu juga bisa memberi makan kera-kera yang berkeliaran. Tapi jangan sampai mengganggu mereka, karena kera-kera ini juga bisa marah. Nggak cuma melihat-lihat pemandangan saja, di sini juga banyak toko yang menjual aneka ragam kerajinan khas Bali. Jadi, kamu bisa sekalian belanja oleh-oleh di sini.

2. Arts Centre

Arts Centre di Bali atau yang sering disebut dengan Taman Werdhi Budaya Art Centre juga jadi salah satu lokasi wisata yang cocok untuk berlibur selama Ramadan. Arts Centre ini adalah ikon budaya Bali dan merupakan tempat masyarakat Bali mengembangkan dan memamerkan bakat seni mereka.

Bali Art Centre [via flickr account: Benjamin Hollis]
Bali Art Centre [via flickr account: Benjamin Hollis]
Setiap tahun di tempat ini diadakan pesta kesenian Bali yang melibatkan banyak sekali warga. Dalam acara tersebut, warga mempertontonkan parade seni khas dari masing-masing kabupaten. Mulai dari bentuk seni budaya yang bersifat sakral sampai seni yang lebih bersifat kontemporer. Nah, kalau kamu ingin mengenal macam-macam budaya dan seni Bali, di sinilah tempatnya.

3. Lapangan Puputan Margarana Renon

Lapangan Puputan Margarana Renon adalah kawasan yang cukup ramai dikunjungi di Denpasar. Pada hari biasa, kebanyakan warga akan melakukan macam-macam aktifitas olahraga seperti jogging, basket, voli, tennis, dan sebagainya. Daerah ini cocok untuk kamu yang suka menghabiskan aktifitas seperti jalan-jalan sore.

Lapangan Puputan Margarana Renon [via instagram account: pritaspog]
Lapangan Puputan Margarana Renon [via instagram account: pritaspog]
Selain kegiatan olahraga, tempat ini juga sering digunakan untuk acara-acara hiburan seperti konser hingga pameran. Bahkan terkadang artis ibukota juga turut datang ke tempat ini sebagai pengisi acara. Sementara itu, di dalam lapangan terdapat museum yang berisi aneka ragam kesenian Bali.

4. Pura Uluwatu

Uluwatu adalah sebuah pura yang terletak di desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung. Uniknya, pulau ini berdiri di atas batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut. Bangunannya yang cantik dan lokasinya yang terbilang nggak biasa inilah yang membuat pura ini begitu terkenal.

Pura Uluwatu [via flickr account: Antonia]
Pura Uluwatu [via flickr account: Antonia]
Di sini kamu bisa menyaksikan bangunan pura yang unik di ujung tebing dengan pemandangan laut yang menghampar luas. Karena posisinya yang memungkinkan kamu mengahadap langsung ke arah Samudera Hindia, Uluwatu merupakan tempat yang sempurna untuk melihat keindahan matahari terbenam. Nggak cuma itu saja, setiap hari di sini juga ada pertunjukkan tari Kecak yang siap menghibur pengunjung.

5. Ubud

Bagi banyak orang, Ubud dianggap sebagai jantung kebudayaan Bali. Wisatawan mancanegara mengenal Ubud sebagai desa dengan alam yang indah dengan sawah-sawah dan hutan di antara jurang-jurang gunung yang sangat indah.

Pertunjukan Seni di Ubud [via flickr account: Vincent]
Pertunjukan Seni di Ubud [via flickr account: Vincent]

Di sini, seni dan budaya berkembang dengan sangat pesat dan terpelihara. Galeri-galeri seni serta pertunjukan tari dan musik banyak digelar di penjuru desa. Di sini juga terdapat ratusan toko-toko yang menjual barang antik, ukiran kayu, karya seni, tekstil, lukisan, perhiasan, dan puluhan studio seni. Di sinilah lokasi yang tepat jika kamu ingin berkenalan secara langsung dengan karya seni yang dimiliki Bali.

Nah, itulah tadi beberapa tempat cantik dan seru yang bisa kamu kunjungi untuk liburan saat puasa Ramadan. Bulan puasa nggak berarti kamu harus duduk diam di rumah, dan nggak menikmati keindahan alam dan budaya, kan? Jadi, kapan kamu mau berangkat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *