7 Tujuan Wisata Paling Ramah Untuk Wisatawan Muslim

Umat muslim tidak memiliki batasan untuk berkeliling dunia. Hanya saja sebagai traveler yang memeluk agama Islam, dalam menentukan tujuan berlibur tentu mempertimbangkan ketersediaan makanan halal di daerah tujuan. Sedangkan tidak semua negara memilikinya meskipun ada jumlahnya terbatas dan sulit untuk menemukannya.

Saat ini negara-negara non-muslim di dunia mulai sadar akan besarnya potensi pasar wisatawan muslim di negara-negara mereka. Lambat laun banyak bermunculan paket wisata halal di negara-negara tersebut. Hal ini tentu memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, satu sisi negara yang menjadi tujuan wisata mendapat banyak kunjungan di sisi lain wisatawan muslim memiliki tambahan ruang gerak untuk pergi traveling. Dilansir dari SkyScanner setidaknya ada 7 tujuan berlibur paling ramah dikunjungi wisatawan muslim.

1. Mekkah dan Madinah, Arab Saudi

Sudah tentu Mekkah dan Madinah adalah dua kota yang paling ramah untuk tujuan traveling umat muslim. Sebab dua kota di negara Arab Saudi ini menjadi kota tersuci dan pusat ibadah umat Islam diseluruh dunia tak terkecuali orang Indonesia. Saat traveling menjadi lifestyle seperti sekarang, orang yang beribadah ke Tanah Suci baik untuk menjalankan ibadah haji atau umroh selalu digunakan sekalian untuk kegiatan wisata religi.

86-mekkahMasjidil Haram, via instagram

Di dua kota ini traveler muslim bisa melakukan napak tilas jejak Nabi Muhammad SAW hingga berziarah ke makam beliau dan juga makam para sahabat. Berkunjung ke Mekkah maupun Madinah selain bisa dijadikan sarana wisata religi juga akan memberikan pengalaman spiritual yang besar bagi traveler itu sendiri. Masalah kuliner, tidak sulit menemukan makanan halal di dua kota ini bahkan hampir bisa dipastikan jika makanan yang tersedia semuanya halal.

2. Istanbul, Turki

Salah satu kota yang memiliki hubungan sejarah kental dengan umat Islam adalah Kota Istanbul, Turki. Kota ini pernah menjadi pusat kekaisaran Islam terbesar di dunia dan menjadi saksi bisu masa kejayaan agama Islam di bumi. Di dalam kota ini traveler masih bisa dengan mudah menemukan bangunan-bangunan peninggalan kekaisaran Islam zaman dahulu.

Istanbul, Turki
Istanbul, Turki

Beberapa yang paling terkenal adalah Museum Hagia Sophia dan Blue Mosque. Khusus untuk Hagia Sophia memiliki sejarah panjang terkait dua agama besar. Bangunan ini sempat berfungsi sebagai gereja dan juga masjid sebelum akhirnya digunakan sebagai museum. Di Turki, traveler muslim tidak perlu bingung mencari makanan halal sebab mayoritas penduduk negara ini juga beragama Islam yang artinya makanan yang mereka makan juga dari bahan-bahan yang halal. Selain wisata sejarah, Turki dikenal juga memiliki banyak kota kuno dan lanskap alam yang indah, tak kalah dengan negara-negara maju di Eropa dan Amerika.

3. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Tujuan berlibur berikutnya adalah negara Timur Tengah yang terkenal kaya raya yaitu Uni Emirat Arab. Dua kota paling tersohor sebagai destinasi wisata bukan hanya umat Islam namun juga traveler seluruh dunia adalah Dubai dan Abu Dhabi. Dua kota ini menjadi representasi kota megapolitan yang sejajar dengan negara-negara maju di dunia.

88-Aldar-headquarters-buildingAldar Headquarters Building, via instagram

Baik Abu Dhabi maupun Dubai adalah rumah bagi bangunan-bangunan megah yang bikin semua orang takjub. Mereka dengan elegan berhasil mengubah wilayah yang mayoritas padang pasir nan gersang menjadi kawasan perkotaan penuh bangunan pencakar langit lengkap dengan taman-taman nan cantik. Tak ketinggalan resor-resor mewah dibangun dengan melakukan reklamasi pantai dan hasilnya bisa kita lihat sekarang, luar biasa megah!

4. Amman, Yordania

Traveler muslim wajib memasukkan ibukota Yordania, Amman sebagai salah satu tujuan traveling mereka. Yordania dikenal sebagai negara yang ramah dengan pejalan muslim dari seluruh dunia. Indikatornya adalah ketersediaan makanan halal yang mudah didapat di seluruh kawasan Yordania. Menilik pada tempat wisatanya, khusus di Amman terdapat banyak tempat menarik salah satunya adalah situs kuno yang sangat terkenal di dunia.
89-amman-citadel
Amman Citadel, via instagram

Saat berkunjung ke kota Amman pastikan datang ke Amman Citadel, sebuah bukit tertinggi di kota tersebut yang sekaligus menjadi kawasan situs arkeologi yang penting di Yordania. Di tempat ini terdapat reruntuhan bangunan yang ditaksir berasal dari zaman Romawi. Bahkan beberapa penggalian terakhir menemukan bukti bahwa daerah tersebut telah dihuni manusia sejak zaman batu atau sekitar 7000 tahun lalu. Tempat wisata lain yang bisa dikunjungi di kota Amman antara lain Masjid King Abdullah, Roman theatre, hingga Wakalat Street.

5. Kairo, Mesir

Kairo begitu familiar di kalangan umat muslim dunia. Kota ini menjadi tujuan belajar terfavorit bagi orang Islam di Indonesia. Yap, di kota inilah perguruan tinggi Islam tersohor di dunia berada, Al-Azhar. Al-Azhar adalah universitas Islam tertua di dunia yang menyimpan banyak manuskrip kuno sejarah perjalanan agama Islam di muka bumi. Tak heran jika banyak pelajar Indonesia yang menuntut ilmu ke universitas ini.

Mesir
Mesir

Orang Indonesia yang datang ke Mesir tidak hanya bertujuan belajar namun juga berlibur. Sebab di negara ini terdapat situs Piramida dan Spinx yang mendunia. Alasan lain memfavoritkan Mesir atau khususnya kota Kairo sebagai tujuan traveling adalah adanya hubungan diplomatik yang erat antara pemerintah Indonesia dan Mesir yang terjalin sejak zaman Sukarno. Lihat saja beberapa jalan protokol di Kairo mengambil nama presiden pertama Indonesia tersebut.

6. Kuala Lumpur, Malaysia

Orang Indonesia pergi ke Malaysia ternyata bukan hanya untuk menjadi TKI saja. Negara ini juga menjadi salah satu tujuan wisata favorit wisatawan Indonesia dengan berbagai alasan. Salah satu alasan mendasar orang Indonesia berlibur ke Malaysia adalah adanya kesamaan budaya serta jaraknya yang tidak terlalu jauh.

Petronas Tower
Petronas Tower

Kota paling banyak dikunjungi wisatawan Indonesia di Malaysia adalah Kuala Lumpur. Kota modern yang menawarkan berbagai pilihan wisata ini menjadi pilihan kedua traveler negeri ini setelah Singapura. Keuntungan yang traveler dapatkan dengan berkunjung ke Kuala Lumpur adalah bisa menghemat pengeluaran sebab biaya wisata di kota ini relatif sebanding dengan liburan di tempat-tempat wisata yang ada di dalam negeri. Masalah makanan tentu tidak jauh beda dengan kuliner dalam negeri pasti bakal cocok di lidah kita.

7. Lombok, Indonesia

Bagi kita hampir seluruh tempat wisata di dalam negeri ramah dikunjungi traveler muslim sekalipun di daerah dengan pemeluk agama Islam yang minoritas misalnya di daerah timur Indonesia. Tapi buat traveler mancanegara yang juga beragama Islam, kalau berkunjung ke Indonesia wajib hukumnya singgah ke Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat.

92-islamic-centerIslamic Center, via instagram

Pulau yang terletak di timur Pulau Bali ini sejak lama menyandang gelar sebagai Pulau Seribu Masjid yang mencerminkan begitu banyaknya bangunan masjid yang ada di wilayahnya. Meski berdekatan dengan Pulau Bali tapi mayoritas penduduk pulau Lombok beragama Islam berbeda dengan Bali yang menjadi pusat agama Hindu di negeri ini. Ditambah lagi Lombok baru saja memenangkan penghargaan sebagai “World’s Best Halal Honeymoon Destination” dan “World’s Best Halal Tourism Destination” dalam World Halal Travel Awards 2015.

Itulah tujuh tujuan berlibur yang ramah buat traveler muslim. Apakah salah satunya sudah kalian kunjungi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *