Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Liburan di Tanjungpinang Serasa di China

Cara paling simpel dan murah untuk merasakan liburan di China adalah dengan mengunjungi kawasan pecinan, klenteng atau vihara yang ada di kota masing-masing. Beruntung kalau kamu sedang liburan ke Tanjungpinang di sana ada vihara megah yang bisa dikunjungi baik untuk wisata religi atau berburu objek fotografi.

Adalah Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, rumah ibadah etnis Tionghoa dan penganut agama Buddha di Tanjungpinang. Vihara ini dibangun pada tahun 2010 dengan arsitektur yang unik dilengkapi dengan patung-patung murid Buddha yang disebut dengan Arahat dalam berbagai ekspresi wajah.

3-vihara-patung-seribu-buddha
Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, via instagram

Beberapa sumber menyebutkan jumlah keseluruhan patung tersebut mencapai seribu buah sedangkan sumber lainnya hanya menyebutkan jumlahnya sekitar 500-an. Untuk membuatnya simpel dalam penyebutan, kompleks patung tersebut disebut dengan “Patung 1000 Wajah.”

Patung-patung yang berada di Vihara Ksitigarbha Bodhisattva dibuat dalam berbagai ukuran. Mulai dari tinggi 1,7 meter hingga 2 meter. Traveler dari berbagai daerah pun bisa berkunjung ke vihara ini baik dengan tujuan beribadah maupun untuk sekedar rekreasi sebab vihara ini memang dibuka untuk umum.

7-vihara-seribu-patung
Vihara Ksitigarbha Bodhisattva mempunyai arsitektur yang indah, via instagram

Waktu terbaik mengunjungi Vihara Ksitigarbha Bodhisattva adalah saat bertepatan dengan perayaan Imlek. Saat itu tempat ini akan ramai dikunjungi oleh wisatawan dan juga jemaah yang akan melangsungkan ibadah dan ziarah. Lokasinya yang dibangun di atas bukit memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan Gunung Lengkuas, hamparan perkebunan sayur dan buah yang berada di sekeliling vihara.

8-seribu-patung
Patung 1000 Wajah di Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, via instagram

Bagi yang tertarik untuk berkunjung ke vihara ini bisa langsung meluncur ke alamat Km 14 arah Kijang, kota Tanjungpinang. Lokasinya tidak sulit ditemukan dan hanya berjarak 10 menit perjalanan dari bandara Raja Ali Haji Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Dijamin koleksi fotomu akan semakin ciamik saat datang ke vihara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *