Selain Pempek, 4 Kuliner Lezat Ini Akan Manjakan Lidahmu Saat Kunjungi Palembang

Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar nama kota Palembang? Pempek tentu jadi jawaban pertama! Ya, kuliner yang terbuat dari ikan dan disantap dengan kuah cuka pedas ini memang menjadi ikon kota Palembang. Saking terkenalnya, bahkan pempek menjadi salah satu kuliner nasional yang tersebar luas di seluruh kota di Indonesia.

Tapi ternyata, masih banyak kuliner lain yang tak kalah lezat dengan pempek. Meski kalah populer, aneka makanan nikmat ini dijamin bisa membuat Anda ketagihan:

Mie Celor

Yap, bukan mie telor tapi mie celor. Olahan berbahan dasar mie dengan kuah santan gurih ini sangat terkenal di Palembang. Mie yang digunakan berukuran cukup besar dan memiliki rasa kenyal yang khas karena dimasak tanpa proses perebusan. Mie ini hanya diseduh dengan air mendidih sehingga teksturnya masih terjaga.

mie-celorMie Celor [image source]

Kuah santan dari mie celor disempurnakan dengan taburan ebi yang menambah cita rasa gurih. Dengan tambahan tauge, irisan seledri dan taburan bawang goreng, kuah mie celor ini akan menggelitik lidah Anda dengan rasanya yang luar biasa. Sebagai pemanis dan penambah rasa, irisan telur rebus diletakkan di atas mie celor sebelum disajikan.

Tekwan

Kalau Anda merupakan penggemar pempek, tentu akan menyukai hidangan yang satu ini. Seperti halnya pempek, tekwan terbuat dari olahan ikan yang digiling halus dan dicampur dengan tepung. Namun, tekwan tidak dihidangkan dengan kuah cuka asam pedas seperti halnya pempek. Sebagai gantinya, kaldu udang yang gurih dengan tambahan soun, irisan bengkuang dan jamur kuping menjadi pelengkap tekwan.

tekwanTekwan [image source]

Selain tekwan, ada satu lagi hidangan yang sangat mirip bernama model. Kuliner ini ada yang terbuat dari gandum dan ada juga yang terbuat dari ikan mirip dengan tekwan. Bedanya, model memiliki isian tahu lalu digoreng sehingga teksturnya lebih renyah. Kuah model mirip dengan kuah tekwan yaitu terbuat dari kaldu udang dengan taburan bawang goreng.

Martabak HAR

Sebagai kota penghasil ikan, tak heran jika Palembang memiliki begitu banyak kuliner yang terbuat dari olahan ikan. Namun beda halnya dengan yang satu ini. Alih-alih merasakan cita rasa gurih, Anda akan dibuai dengan rasa rempah yang kuat saat menyantap Martabak HAR. Meski sebenarnya bukan asli Palembang, kuliner ini sudah menjadi salah satu khas di sana berkat Haji Abdul Rozak. Pedagang keturunan India ini menikah dengan wanita asli Palembang dan menciptakan martabak HAR yang melegenda hingga saat ini.

martabak-harMartabak HAR [image source]

Martabak HAR terbuat dari kulit tipis nan renyah dengan isian telur ayam atau telur bebek. Penyajiannya begitu menggiurkan dengan siraman kuah kari kambing yang kaya rempah dan bercita rasa pedas. Kalau Anda ke Palembang, jangan sampai melewatkan hidangan satu ini karena masih jarang ditemukan di kota lainnya.

Pindang Tulang Meranjat

Jangan tertipu dengan namanya, ya! Kuliner khas Palembang yang satu ini tidak terbuat dari ikan pindang, melainkan daging sapi. Ya, potongan tulang sapi dengan daging yang masih menempel direbus selama beberapa jam dengan berbagai rempah seperti bawang merah dan bawang putih, lada, serta laos. Tambahan cabai, serai, dan tomat juga memberikan cita rasa khas yang segar dan menggoda lidah.
pindang-tulang-meranjatPindang Tulang Meranjat [image source]
Masakan ini biasanya disuguhkan dengan nasi putih hangat dan taburan bawang goreng. Rasanya sangat kompleks, perpaduan antara manis, asam, gurih, dan pedas. Apalagi kalau Anda mendapatkan bonus sumsum yang ada di dalam tulang, hmm..rasanya akan makin sempurna!

Jangan sampai melewatkan makanan-makanan tersebut saat berkunjung ke Palembang, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *