Ini 6 Tempat Untuk Melakukan Tradisi Hanami di Indonesia

Pernah mendengar istilah hanami? Traveler yang sering liburan ke Jepang tentu tahu arti istilah tersebut. Hanami atau ohanami adalah tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga khususnya bunga sakura. Bunga sakura sendiri adalah bunga khas negara Matahari Terbit tersebut yang sekaligus menjadi daya tarik wisatawan mancanegara saat musim semi atau pun gugur.

Ternyata bunga sakura tidak hanya bisa tumbuh di negara asalnya saja, Jepang. Pohonnya bisa tumbuh di berbagai daerah termasuk Indonesia. Malahan pohon sakura yang tumbuh di negara ini bisa berbung hingga dua kali dalam setahun. Dikumpulkan oleh Indonesia Flight, inilah 6 tempat melakukan tradisi hanami di Indonesia.

1. Batam, Kepulauan Riau

Tempat pertama untuk melihat bunga sakura bermekaran di Indonesia adalah di Kepulauan Riau tepatnya di pulau Batam. Batam yang dikenal sebagai Singapuranya Indonesia ini menyimpan taman sakura yang sangat cantik di komplek industri Batamindo, Muka Kuning. Pohon sakura yang dikenal warga setempat dengan nama tabebuya ini ditanam di sepanjang jalan. Bunga tersebut akan mulai bersemi pada awal tahun dan gugur pada bulan Maret hingga Mei.

Pada musim mekar banyak warga Batam dan traveler dari luar daerah yang berkunjung ke komplek industri Batamindo untuk menikmati keindahan bunga sakura yang sedang mekar. Kalau istilah Jepangnya disebut dengan hanami. Mereka sangat antusias untuk mengabadikan momen langka tersebut dengan cara memotret hingga merekamnya dalam bentuk video. Nah, mulai sekarang kalau liburan ke Batam jangan cuma belanja dan menjamahi pantai-pantainya saja. Rencanakan liburanmu pada waktu yang tepat saat bunga sakura mekar dan berkunjunglah ke kawasan Muka Kuning ini.

2. Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat

Untuk warga yang tinggal di Pulau Jawa tidak usah cemberut karena kalian tidak perlu terbang ke Jepang pun juga tidak usah menyeberang ke Batam untuk melihat bunga sakura. Cukup berkunjung ke Kebun Raya Cibodas yang terletak di kaki gunung Pangrango atau tepatnya di Kampung Rarahan, Desa Cibodas, kecamatan Lembang, kabupaten Bandung Barat.

Di kebun raya ini bahkan pengunjung akan dihibur dengan keindahan bunga berwarna merah jambu yang cantik sebanyak dua kali dalam setahun. Yap, inilah keuntungan yang pengunjung dapatkan di Kebun Raya Cibodas. Dalam setahun mereka bisa melakukan tradisi hanami dua kali yakni di antara bulan Januari-Februari dan bulan Juli-Agustus. Berbeda dengan pohon sakura di Jepang yang hanya mekar setahun sekali.

Pohon-pohon sakura di Kebun Raya Cibodas berada dalam satu kompleks tersendiri yang diberi nama Taman Sakura. Lahan seluas dua hektar tersebut didesain dengan kombinasi budaya Jepang dan arsitektur Sunda. Jadi saat bunga sakura bermekaran pengunjung bisa merasakan suasana Jepang rasa Sunda di kebun raya ini. Menariknya tidak semua pohon sakura di sana didapat dari Jepang, beberapa diantaranya didapat dari Himalaya.

3. Waingapu, Nusa Tenggara Timur

Mungkin selama ini belum banyak yang tahu jika pohon sakura bisa tumbuh dimanapun bukan hanya di tanah Jepang. Buktinya bisa dilihat di Waingapu, pulau Sumba, kabupaten Sumba Timur, provinsi Nusa Tenggara Timur. Di daerah ini pohon sakura tumbuh subur dan dibiarkan liar berderet di pinggir jalan. Padahal diketahui bahwa pulau Sumba terkenal sebagai daerah yang tandus.

Pohon sakura di Waingapu ini umumnya berbunga pada bulan Oktober dan berlangsung hingga sebulan lamanya atau akan mekar hingga bulan November. Warga sekitar sangat suka dengan aroma wangi yang khas dari bunga ini. Oleh sebab itu banyak warga Waingapu yang memetik bunga sakura dan membawanya pulang sebagai pengharum ruangan. Nah, kalau mau lihat keindahan bunga sakura saat sedang mekar tidak perlu jauh-jauh ke Jepang, cukup datang ke pulau Sumba.

4. Karangasem, Bali

Pohon bunga sakura juga bisa traveler jumpai di Karangasem, Bali. Pohon bunga sakura didapatkan dari pemberian Japan Sakura Exchange Association kepada pihak Pemerintah Kabupaten Karangasem pada tahun 2012 silam. Daerah yang ditanami bibit pohon bunga sakura ini salah satunya adalah desa Rendang. Desa ini dipilih karena dianggap sebagai lokasi yang paling cocok.
https://youtu.be/hWkws4frvOc

Bunga sakura yang diberikan berjenis Sakura Yoko. Jenis ini tentu berbeda dengan sakura yang tumbuh di Jepang, sebab ini adalah hasil modifikasi ilmuwan agar pohon sakura bisa tumbuh di segala iklim baik bersalju maupun di daerah tropis yang panas. Hanya saja traveler yang berada di Bali harus sedikit bersabar untuk melihat tanaman ini berbunga pasalnya bibitnya baru saja ditanam 4 tahun lalu. Tapi ada kemungkinan dalam waktu dekat pohon tersebut akan berbunga mengingat umurnya sudah cukup untuk memproduksi bunga.

5. Tangerang, Banten

Satu lagi tempat melihat bunga sakura di Jawa bisa traveler temukan di kota Tangerang Selatan. Berada di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) kota Tangerang Selatan tumbuh pohon bunga sakura yang begitu cantik. Pohon tersebut tumbuh di dekat wisma tamu sehingga wisatawan yang berkunjung bisa dengan mudah mengenali keberadaan pohon ini terlebih saat sedang berbunga.

v-sakura Pohon Sakura di Puspiptek, via instagram

Rata-rata pohon bunga sakura di Indonesia berbunga hampir bersamaan dengan bunga sakura di Jepang yaitu sekitar akhir musim dingin atau pada bulan Maret hingga menjelang musim gugur di akhir April hingga bulan Mei. Meski jumlah pohon sakura di Puspiptek Tangerang Selatan ini tidak sebanyak di Kebun Raya Cibodas atau tempat lainnya, tapi cukup ampuh untuk menarik perhatian pengunjung.

6. Magelang, Jawa Tengah

Tempat yang terakhir ada di Magelang, Jawa Tengah. Tapi ini bukanlah pohon sakura melainkan pohon yang mirip dengan pohon bunga sakura. Saat pohon-pohon di depan gedung pemerintahan Kota Magelang ini bermekaran suasananya akan sangat mirip dengan kota-kota di Jepang saat musim semi.

Video yang menunjukkan bunga-bunga bermekaran bak sakura ini bisa kamu lihat pada tayangan di atas. Meski jenisnya bukan bunga sakura tapi keindahannya mampu membius pengguna jalan yang melintasi kawasan gedung pemerintahan kota Magelang. Tidak ada laporan resmi yang mengklarifikasi jenis pohon dan bunga yang indah tersebut. Yang pasti keberadaan pohon tersebut makin membuat suasana sekitar kawasan kian asri.

Bagaimana dengan daerahmu, ada pohon sakura juga? Kalau ada, share dong pada traveler lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *