Wajib Tahu Kalau Kabupaten Banjarnegara Punya 10 Destinasi Wisata Sekeren Ini

Pernahkah kamu melihat penjual dawet ayu di daerahmu? Nama minuman yang unik ini berasal dari kabupaten Banjarnegara, daerah yang akan kita jelajahi hari ini. Dawet ayu adalah minuman khas yang menyegarkan dan sudah terkenal kemana-mana, lain dengan kota asalnya yang masih jarang dikenal orang.

Jika kamu pernah mengunjungi tempat-tempat menarik di Dataran Tinggi Dieng, besar kemungkinan kamu sudah menginjakkan kaki di kabupaten Banjarnegara. Pasalnya Dieng adalah kawasan yang juga berada di kabupaten ini selain Wonosobo. Mari ikuti Indonesia Flight menjelajahi lebih dalam spot-spot keren di Kabupaten Banjarnegara.

1. Obyek Wisata Dieng Bukan Hanya di Wonosobo Namun Meluas Hingga Banjarnegara

Kalau kita perhatikan di peta, kawasan obyek wisata Dieng yang begitu terkenal itu memang masuk di wilayah kabupaten Banjarnegara dan sebagian di Wonosobo. Maka tak heran jika di media banyak polemik yang memperdebatkan keberadaan Dieng sesungguhnya. Pemerintah Banjarnegara sendiri telah mengklaim jika Dieng itu berada di wilayahnya namun di pikiran sebagian besar traveler telah tertanam jika Dieng itu ya Wonosobo.

108-candi-arjuna-dieng
Kompleks Candi Arjuna di Dieng, via instagram

Hal yang wajar mengingat semua rute menuju ke Dieng pasti melewati Wonosobo karena kondisi jalan yang lebar dan lebih mudah. Berbeda dengan rute dari Banjarnegara yang belum diperhatikan dengan baik. So, jika kita berbicara wisata Banjarnegara tidak ada salahnya juga jika memasukkan Obyek Wisata Dieng ke dalamnya. Beberapa spot seperti Kompleks Candi Arjuna, Sumur Jalatunda, Kawah Sileri, Telaga Dringo hingga Kawah Candradimuka adalah obyek wisata di Dieng yang berada di wilayah Banjarnegara, kamu pun bisa berkunjung ke sana.

2. Blusukan ke Desa Sigaluh dan Mendengar Nyanyian Alam Lewat Deburan Air Curug Pitu

Menjelajahi pedalaman Banjarnegara, kali ini kita akan masuk ke desa Sigaluh, kecamatan Sigaluh untuk berjumpa dengan air terjun tujuh tingkat bernama Curug Pitu. Sesuai dengan namanya Curug Pitu adalah air terjun yang terdiri dari tujuh tingkatan dengan ketinggian yang beragam.

115-curug-pitu
Curug Pitu, via instagram

Untuk menuju ke masing-masing tingkatan traveler harus melewati anak tangga yang telah di sediakan. Ketujuh air terjun ini memiliki satu kesamaan yaitu suasana lingkungan yang masih alami dan asri serta udara sejuk yang bikin traveler betah berlama-lama di sana.

3. Mau Yang Ekstrim di Banjarnegara, Cicipi Arung Jeram Serayu

Kabupaten Banjarnegara menawarkan traveler untuk mencicipi aktivitas pemacu adrenalin berupa arung jeram. Traveler yang berminat bisa datang untuk mendaftar kegiatan ini di desa Singamerta, kecamatan Sigaluh. Nantinya mereka akan melakukan start dari zona wisata The Pikas Resort di desa Kutayasa atau pun Kampung Main Jujugan Serayu, desa Randegan.

107-arung-jeram
Arung Jeram Serayu, via instagram

Arung jeram ini memanfaatkan aliran sungai Serayu yang melintasi kabupaten Banjarnegara. Aktivitas ini selain sebagai sarana olahraga juga berguna untuk menguji nyalimu melakukan hal-hal yang anti mainstream. Uji kemampuan kerjasamamu dengan tim dengan menakhlukkan arus sungai Serayu yang menantang.

4. Khusus Untuk Yang Hobi Petualangan, Curug Mrawu

Sebuah keindahan umumnya didapat dengan kerja keras seperti Curug Mrawu ini. Air terjun yang deras dikelilingi alam yang indah ini hanya bisa dinikmati para traveler yang suka bertualang. Mereka harus melewati jalan setapak membelah pematang sawah dan menyisir hutan sejauh beberapa kilometer sebelum bertemu dengan air terjun yang indah.

111-curug-merawu
Curug Mrawu, via instagram

Curug Mrawu terletak di desa Giritirta, kecamatan Pejawaran, kabupaten Bajarnegara. Air terjun setinggi 50 meter ini berada dalam satu lokasi dengan dua destinasi lainnya yang juga indah. Sebut saja Curug Genting dan Mata Air Giritirta. Semua tempat itu masih alami yang akan memuaskan perjalanan panjangmu.

5. Masih Sangat Alami dan Tersembunyi, Temukan Curug Pundung Sewu di Desa Petir

Satu tempat yang masih sangat alami di Banjarnegara adalah Curug Pundung Sewu. Kealamian ini bisa dilihat dari minimnya informasi yang ada di internet mengenai keberadaannya. Belum ada satupun situs wisata maupun blog yang mengulas keindahan air terjun ini.

109-pundung-srewu
Curug Pundung Sewu, via instagram

Sejauh penelusuran Indonesia Flight, air terjun ini hanya bisa ditemukan di instagram berupa gambar dan minim deskripsi, jumlahnya pun terbatas. Media lain yang menunjukkan keindahan Curug Pundung Sewu adalah unggahan video dari traveler di Youtube. Dari semuanya hanya diperoleh satu informasi singkat yaitu tentang daerah keberadaannya yang menyebutkan terletak di desa Petir, kecamatan Purwonegoro, Banjarnegara. Mungkin kamu tertarik untuk menjelajahinya?

6. Kebun Teh Kalibening yang Belum Terekspos Layak Kamu Jadikan Alternatif Wisata

Dibanding kawasan lainnya, kebun teh yang ada di Banjarnegara sengaja tidak diekpos dan belum dikembangkan sebagai tujuan wisata. Kebun teh ini berada di kecamatan Kalibening yang terletak di ujung utara kabupaten Banjarnegara. Uniknya kebun teh ini diselingi dengan kebun sayuran sehingga tidak menjadi satu kawasan yang luas.

110-kalibening-tehKebun Teh Kalibening, via instagram

Menurut informasi yang Indonesia Flight dapatkan dari berbagai sumber, hasil panen kebun teh Kalibening ini disetorkan pada PT. Pagilaran yang juga mengelola kebun teh Pagilaran di Batang. Keuntungan mengunjungi kebun teh ini selain mendapatkan suasana sejuk khas pegunungan kamu juga bisa mendapatkan privasi yang lebih sebab tempat ini masih sangat sepi.

7. Curug Sikopel, Permata Tersembunyi di Desa Babadan, Banjarnegara

Luangkan waktu lebih lama jika mau melihat keseluruhan keindahan yang dimiliki kabupaten Banjarnegara. Sebab sebagian besar spot cantik di kabupaten ini berada tersembunyi di balik pegunungan maupun di tengah hutan yang butuh waktu panjang untuk menyapanya. Destinasi berikutnya berada di Desa Babadan, kecamatan Pagetan yang mana kamu akan menemukan air terjun setinggi 70 meter bernama Curug Sikopel.

112-curug-sikopelCurug Sikopel, via instagram

Air terjun ini mendapatkan pasokan air dari Kawah Sileri. Keberadaannya belum banyak diketahui traveler sebab umumnya mereka lebih memilih untuk berkunjung ke Dieng maupun Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas. Air terjun ini dipercaya warga dapat membuat orang awet muda jika membasuh muka atau mandi dengan airnya.

8. Berkenalan Dengan Satwa Liar di Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas

Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas adalah destinasi wisata di Bajarnegara yang cukup populer untuk berkenalan dengan satwa liar. Tempat wisata ini berada tidak jauh dari pusat kota Banjarnegara sehingga cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga.

Taman Marga Satwa Serulingmas [via Instagram @dimasmarwas]
Taman Marga Satwa Serulingmas [via Instagram @dimasmarwas]

Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas atau TRMS terletak di kecamatan Bawang dengan akses yang mudah dijangkau. Warga setempat mengenal tempat ini dengan nama kebun binatang Selamanik dimana didalamnya terdapat aneka satwa seperti orang utan, aneka burung, gajah, unta dan masih banyak lagi. Tersedia pula area bermain termasuk kolam renang yang nyaman.

9. Kunjungi Waduk Mrica, Waduk Terpanjang se-Asia Tenggara

Waduk Merica yang berjarak 9 km dari pusat kota Banjarnegara wajib kamu kunjungi. Waduk ini memiliki prestasi berupa waduk terpanjang di Asia Tenggara, begitulah beberapa sumber yang Indonesia Flight baca di internet. Kalau kamu belum percaya bisa mengunjungi langsung ke lokasi.

Waduk Mrica [via Instagram @andang_soekamti]
Waduk Mrica [via Instagram @andang_soekamti]

Waduk Mrica ini memiliki ukuran panjang 6,5 kilometer dengan total luas 1.250 hektar. Waduk yang juga dikenal dengan nama Bendungan Panglima Besar Jenderal Sudirman ini dibuat dengan cara menanggul Sungai Serayu yang mana pada proses pembangunannya ada sekitar 32 desa di 7 kecamatan yang dipindahkan. Fungsi utama waduk adalah sebagai PLTA dan di sekitarnya dikembangkan sebagai obyek wisata.

10. Surya Yudha Park, Tempat Dimana Kamu Akan Menemukan Patung Merlion dan Liberty

Tempat keren di Banjarnegara yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Surya Yudha Park. Sebuah taman wisata yang asyik untuk rekreasi bersama teman-teman maupun keluarga. Selain bermain air traveler yang datang ke tempat ini bisa bertemu dengan dua replika landmark paling terkenal di dunia.

Surya Yudha Park [via Instagram @pesona_khas_banjarnegara ]
Surya Yudha Park [via Instagram @pesona_khas_banjarnegara]

Hanya di Surya Yudha Park, Banjarnegara kamu bisa berjumpa dengan patung Merlion seperti di Singapura dan miniatur patung Liberty milik kota New York. Foto-foto di dekat kedua patung tersebut dengan mengambil angle tertentu membuatmu berasa seperti liburan di luar negeri.

Punya rekomendasi tempat lain di Banjarnegara yang belum disebutkan? Tuliskan saja di kolom komentar yang kami sediakan di bawah biar traveler lainya bisa ikut menikmati keindahan kabupaten Banjarnegara yang keren.

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *