Deretan Wisata Paling Amazing di Provinsi Papua yang Bikin Kamu Pengen Berangkat Sekarang Juga

Papua yang merupakan provinsi paling Timur Indonesia menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Di sini, kamu akan menemukan kepingan-kepingan surga yang tersembunyi dan akan membuatmu berdecak kagum dibuatnya.

Nggak perlu sampai harus ke luar negeri demi menikmati pesona keindahan alam. Karena di Papua, kamu akan menemukan banyak tempat wisata menakjubkan yang akan membuatmu ingin datang kembali lagi dan lagi.

1. Raja Ampat

Nama Raja Ampat sudah sering terdengar di telinga banyak orang dari dalam hingga luar negeri. Pesonanya yang luar biasa dengan kekayaan biota alamnya membuat tempat ini diburu oleh banyak penyelam dari seluruh dunia.

Raja Ampat [via flickr account: Max Mossler]
Raja Ampat [via flickr account: Max Mossler]
Setidaknya ada 1.511 jenis ikan dan penyu laut yang tinggal di dalam kawasan perairan Raja Ampat. Airnya yang jernih membuat jarak pandang makin jelas dan akan memudahkanmu menikmati pemandangan bawah lautnya.

2. Lembah Baliem

Di pegunungan Jaya Wijaya, terdapat sebuah tempat yang sangat unik dan menarik yaitu Lembah Baliem. Di sini adalah tempat tinggal suku asli Papua yaitu suku Yani, Lani, dan Dani. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, bisa dibayangkan sejuknya hawa di atas lembah ini.

Lembah Baliem [Image Source]
Lembah Baliem [Image Source]
Di sini kamu akan bertemu dengan tradisi warga sekitar yang masih dipertahankan dengan baik. Bahkan di sini juga diselenggarakan Festival Lembah Baliem, tempat kamu bisa menyaksikan budaya tradisional suku di Papua yang menarik dan eksotis. Keindahan alam berpadu dengan tradisi yang masih kuat merekat adalah apa yang membuat tempat ini begitu banyak diminati.

3. Danau Sentani

Kamu akan takjub berkunjung ke Danau Sentani yang begitu luas. Bahkan saking luasnya, dari udara terlihat 22 rangkaian pulau-pulau kecil yang tersebar di dalamnya. Uniknya lagi, beberapa pulau-pulau kecil tersebut juga berpenghuni, lho!

Danau Sentani [via instagram account: donnamala84]
Danau Sentani [via instagram account: donnamala84]
Di sini kamu bisa menikmati danau dengan menyewa perahu untuk berkeliling, berenang, atau memancing. Pemandangannya yang indah dan menakjubkan dijamin akan membuatmu terpana! Belum lagi dengan adanya festival Danau Sentani yang akan menyajikan banyak hiburan dan tradisi yang seru dan menarik. Jadi, pastikan kamu berkunjung di bulan Juni agar bisa menikmati festival ini, ya.

4. Danau Paniai

Selain Sentani, ada danau cantik lain yang bisa menjadi tujuan wisatamu saat berkunjung ke Papua, yaitu Danau Paniai. Hebatnya lagi, danau ini pernah disebut sebagai danau paling indah di Konferensi Danau se-Dunia pada 30 November 2007 lalu di India.

Danau Paniai [via instagram account: papuagram]
Danau Paniai [via instagram account: papuagram]
Nggak heran disebut sebagai danau paling indah karena danau seluas 14.500 hektare ini memiliki panorama yang sungguh menakjubkan. Kamu akan melihat birunya danau, cantiknya siluet tebing-tebing di dekat danau, dan alamnya yang hijau segar. Selain menikmati pemandangan cantik di sekitar danau, kamu juga bisa memancing atau sekadar menyewa perahu dan berkeliling danau yang cantik ini.

5. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Jangan sampai melewatkan Taman Nasional Teluk Cenderawasih jika kamu berkunjung ke Papua. Taman Nasional seluas 1.453.500 hektare ini menyimpan kekayaan alam yang sungguh luar biasa dan merupakan kawasan konservasi laut terbesar di Indonesia.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih [via instagram account: keindahan_indo]
Taman Nasional Teluk Cenderawasih [via instagram account: keindahan_indo]
Sebagian besar wilayahnya adalah perairan yang dihuni oleh berbagai jenis binatang laut. Setidaknya ada 206 jenis ikan dan 196 jenis moluska tinggal di tempat ini. Jadi untuk menikmati keindahan alamnya, kamu bisa menyelam ke bawah lautnya yang nggak terlalu dalam. Selain itu kamu juga bisa berkunjung ke pulau-pulau kecil di sekitar taman nasional ini yang menyajikan pemandangan pantai tropis yang cantik.

Nah, itu tadi cuma sebagian tempat wisata cantik yang bisa kamu kunjungi di Papua. Meski sedikit lebih jauh, tapi kamu nggak akan menyesal berlibur ke provinsi paling Timur Indonesia ini karena kecantikan dan kealamiannya akan membuatmu benar-benar terpesona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *