Tipe-Tipe Penumpang yang Tidak Disukai di Dalam Pesawat, Kamu Pernah Menjadi Tipe Nomor Berapa?

Naik pesawat adalah salah satu cara yang paling efektif dan efisien untuk menempuh jarak yang sangat jauh. Dengan segala kelebihannya ternyata ada saja yang membuat penumpang pesawat merasa tidak nyaman. Seringkali ketidaknyamanan tersebut bersumber dari sesama penumpang. Umumnya mereka yang seenaknya sendiri dan tidak menghargai hak-hak penumpang lain yang menjadi trouble maker.

Siapa bilang naik pesawat itu selalu nyaman dan menyenangkan? Kalau sudah satu kabin dengan traveler menyebalkan, impian perjalanan yang nyaman bisa buyar seketika. Kadang tanpa disadari kita pun pernah menjadi penumpang yang menyebalkan di mata penumpang lain. Berikut tipe-tipe penumpang yang tidak disukai di dalam pesawat.

1. PENUMPANG DENGAN BAU BADAN MENYENGAT

Penumpang dengan bau badan yang tidak sedap menjadi tipe penumpang yang paling tidak disukai urutan pertama. Setidaknya 59% responden mengamini jenis traveler satu ini sebagai yang paling menyebalkan. Bayangkan jika kamu berada satu pesawat dengan orang yang punya bau badan. Selama perjalanan kamu akan terus mencium aroma tidak sedap dari orang tersebut yang seringkali tidak sadar atau bahkan tidak peduli dengan bau badan yang ia miliki.

Penumpang Dengan Bau Badan Menyengat
Penumpang Dengan Bau Badan Menyengat

Wajar memang jika bau badan bisa cepat merambat ke seluruh kabin pesawat. Dengan ruangan tertutup berukuran terbatas, sirkulasi udara hanya di situ-situ saja. Mencium bau badan yang tak sedap sepanjang perjalanan adalah sebuah bencana buat penumpang lainnya. Perjalanan jauh yang seharusnya bisa dinikmati dengan rileks bakal berubah menjadi sebuah petaka.

2. PENUMPANG YANG SUKA MENENDANG-NENDANG KURSI

Pernah terbang menggunakan pesawat? Kalau naik kelas bisnis atau di atasnya mungkin setiap penumpang memiliki space yang lumayan longgar. Namun untuk pesawat kelas ekonomi dengan jarak antar kursi yang sempit sudah memberikan sedikit ketidaknyamanan tersendiri. Lantas muncul teman seperjalanan yang duduk dibelakang kursi kita dan ternyata ia suka banget menendang-nendang kursi di depannya. Pernah mengalami hal ini? Pasti menyebalkan sekali.

1-menendang-kursi-di-depannyaPenumpang yang Suka Menendang-Nendang Kursi [image source]

Nah, sebesar 54% responden Just The Flight memiliki penumpang yang suka menendang-nendang kursi sebagai tipe penumpang yang paling tidak disukai di bawah penumpang berbau badan. Jelas saja, duduk di bangku yang sempit saja sudah menguras kesabaran dan kenyamanan, masih ditambah lagi dengan orang yang suka nendang-nendang kursi. Parah!

3. ORANG TUA YANG TIDAK PEDULI DENGAN ANAK

Orang tua yang membawa turut serta anaknya terbang bersama mereka kemudian tidak memperdulikannya saat di dalam kabin pesawat itu adalah tipe penumpang paling tidak disukai berikutnya. Ada sekitar 53% responden yang memberikan suaranya untuk pilihan yang satu ini. Lantas memangnya ada ya orang tua yang tidak peduli dengan anaknya?

Anak-anak Dalam Pesawat
Anak-anak Dalam Pesawat

Jangan salah, karakter orang itu berbeda-beda dan ternyata memang ada orang tua yang tidak peduli dengan anaknya saat terbang. Orang tua ini membiarkan anak-anak mereka wara-wiri di dalam kabin pesawat sambil membuat gaduh dan mengganggu kenyamanan penumpang lain. Bahkan pada tahun 2015 dan 2013 tercatat pernah ada orang tua yang membiarkan anak mereka BAB di dalam kabin pesawat Shenzhen Airlines yang terbang dari Nanjing ke Guangzhou. Dugaanmu benar pelakunya adalah orang China.

4. ANAK YANG MENANGIS

Anak yang menangis di dalam pesawat juga termasuk tipe penumpang yang paling tidak disukai lho. Jadi orang tua yang membawa serta anak-anak mereka dalam penerbangan pintar-pintar untuk membuat anak nyaman biar tidak mengganggu penumpang lainnya. Faktanya anak-anak kalau sudah nangis tidak hanya tersedu meneteskan air mata saja. Tangisan tersebut dibarengi dengan rengekan dan jeritan.

Anak yang Menangis [via filckr account: Beth]
Anak yang Menangis [via filckr account: Beth]

Kadang polah tingkah anak yang seperti ini akan membuat kesal penumpang lain. Ujung-ujungnya yang kena semprot bukan anak itu melainkan orang tua mereka. Hal-hal lain yang kerap dilakukan anak-anak di dalam pesawat yang juga sangat mengganggu adalah menendang kursi, buang air besar di kursi, merengek dan gelisah.

5. PENUMPANG YANG KASAR PADA PRAMUGARI

Sebanyak 37% surveyer menganggap bahwa penumpang yang kasar pada pramugari adalah jenis penumpang yang paling tidak disukai di dalam pesawat. Ada beberapa kasus penumpang yang melakukan pelecehan pada pramugari. Nah, pramugari ini memang awak pesawat yang paling banyak mendapatkan kekerasan verbal ataupun pelecehan dari penumpang. Karena mereka langsung berinteraksi dengan penumpang.

Kasar Pada Pramugari [via flickr account: roman ring]Kasar Pada Pramugari [via flickr account: roman ring]

Pada pertengahan tahun 2015 lalu misalnya. Serombongan turis berjumlah 14 orang membuat onar di dalam pesawat Jet2 dari Glasgow di Skotlandia ke Tenerife di Spanyol. Mereka terus mengumpat dan mengeluarkan kata-kata kasar dan melakukan pelecehan pada pramugari. Tentu tindakan ini membuat penumpang lain tidak nyaman. Akhirnya pesawat mendarat darurat di Portugal dan keempat belas penumpang tersebut dilarang melakukan penerbangan menggunakan maskapai tersebut seumur hidup.

6. PENUMPANG MABUK

Di negara barat, minum minuman yang mengandung alkohol memang legal. Tapi bukan berarti orang mabuk bisa seenaknya sendiri ikut dalam penerbangan. Ternyata kasus penumpang mabuk banyak terjadi di negara barat dan bukan berarti penumpang lainnya santai begitu saja. Nyatanya penumpang mabuk tidak disukai oleh 36% responden yang pernah terbang.

Mabuk di penerbangan [via Instagram @delhibhukkad]
Mabuk di penerbangan [via Instagram @delhibhukkad]

Mabuk adalah awal dari berbagai tindakan tidak menyenangkan. Saat mabuk seseorang akan hilang kesadaran dan apa yang ia lakukan menjadi tidak terkendali. Terkadang emosi juga meningkat yang membuat orang mabuk mudah berbuat onar. Contohnya banyak sekali, tinggal klik Google dan masukkan kata kunci mabuk di penerbangan maka contoh-contoh pesawat yang mendarat darurat akibat penumpang mabuk sudah tak terhitung jumlahnya.

7. PENUMPANG YANG MEREBAHKAN SANDARAN KURSI

Kursi di dalam pesawat memang bisa direbahkan tapi bukan berarti si pemilik kursi bisa seenaknya merebahkannya dengan maksimal sebab hal tersebut bisa mengganggu penumpang yang duduk di belakangnya apalagi di kelas ekonomi yang space antar kursinya sangat sempit.

2.-merebahkan-kursiPenumpang yang Merebahkan Sandaran Kursi [image source]

Dari survey yang dilakukan Just The Flight, sebanyak 30% responden sangat tidak suka dengan perilaku penumpang yang semaunya merebahkan kursinya, terlebih dilakukan di kelas ekonomi. Memang kursi di kelas ekonomi hanya bisa direbahkan sedikit tapi itu sudah cukup menghabiskan ruang penumpang di belakangnya. So, sebaiknya tahan jika mau merebahkan kursi ya atau jika sudah tidak tahan sapa dulu penumpang di belakang dan katakan maaf.

8. PENUMPANG GEMUK

Berat badan memang mempengaruhi bobot dari pesawat dan setiap pesawat pasti mempunyai standar baku berapa beban yang bisa dibawa terbang. Dari sisi pihak maskapai banyaknya orang bertubuh besar atau gemuk menjadi masalah sendiri bagi penerbangan mereka. Pernah terjadi kasus pesawat gagal terbang karena kelebihan muatan yang disebabkan banyaknya penumpang berbobot melebihi rata-rata.

gendutPenumpang Gemuk [image source]

Bukan hanya merepotkan pihak maskapai, ternyata orang yang gemuk juga kurang disukai oleh penumpang lain. Mereka bisa menghabiskan jatah tempat duduk dan sandaran tangan. Serta masalah umum yang dihadapi orang gemuk adalah bau badan. Tak heran jika 24% responden tidak suka dengan penumpang berbadan besar.

Tipe-tipe penumpang yang paling tidak disukai di dalam pesawat tersebut didapatkan dari survey 5000 responden oleh situs penerbangan asal Inggris bernama Just The Flight. Kamu pernah menjadi tipe menyebalkan nomor berapa? Atau pernah mempunyai pengalaman terbang bersama penumpang menyebalkan? Yuk berbagi cerita di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *