Menjelajah Cantiknya Krakatau yang Eksotis

Kebanyakan orang Indonesia tentu sudah tahu tentang gunung Krakatau. Letusan dahsyatnya meruntuhkan gunung dan kini munculah gunung anak Krakatau. Nah, Krakatau inilah yang kini sudah berubah menjadi sebuah cagar alam yang sungguh cantik dan menakjubkan.

Nggak sembarang orang bisa masuk kawasan ini begitu saja. Kamu butuh surat izin khusus dari BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Lampung agar bisa berkunjung. Jadi, akan lebih mudah jika kamu pergi bersama penyedia tur resmi yang sudah punya izin khusus tersebut agar nggak perlu repot mengurus sendiri.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Krakatau. Salah satunya adalah mampir di Pulau Sibesi dan Sebuku untuk snorkeling di sana. Kawasan ini memiliki panorama bawah laut yang cantik. Apalagi dengan airnya yang berwarna biru jernih, kamu juga bisa melihat biota lautnya dengan lebih jelas.

Anak Karakatau [via instagram account: stellargunawan]
Anak Karakatau [via instagram account: stellargunawan]
Kalau kamu nggak bisa berenang, jangan takut nggak bisa menikmati pulau-pulau di selat Sunda ini. Pulau Sebuku yang berpasir putih sangat cocok untuk sekadar bersantai di tepian. Sementara jika kamu ingin menikmati keindahan Krakatau lebih lama, di pulau Sibesi juga sudah banyak berdiri penginapan dan tenda pinggir pantai yang bisa kamu manfaatkan.

Bersantai di pinggir pantai di pulau-pulau ini sambil melihat matahari perlahan terbenam akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi dengan ditemani birunya laut, udara segar yang berhembus, serta pasir putih yang lembut. Rasanya betah berlama-lama di sini!

Pantai di Daerah Krakatau [via instagram account: deanezz_rai]
Pantai di Daerah Krakatau [via instagram account: deanezz_rai]
Itu masih pulau-pulaunya saja, lalu bagaimana dengan gunung anak Krakatau sendiri? Meski termasuk cagar alam dan merupakan gunung berapi yang masih aktif, tapi pengunjung juga diizinkan mampir ke sini kok. Hanya saja karena aktivitas gunung yang semakin aktif, jarak pendakian yang diizinkan nggak terlalu tinggi dan hanya mencapai sekitar 200 meter saja.

Saat mendaki gunung ini, kamu akan dihadapkan pada tantangan berupa jalanan berpasir hitam yang licin. Jadi jangan kaget kalau kamu sedikit kesulitan untuk berjalan dengan cepat di gunung anak Krakatau ini. Selain itu, kamu akan mencium bau belerang yang berasal dari gunung. Tapi, dengan sedikit mendaki, kamu sudah bisa melihat pemandangan cantik seperti gugusan kepulauan di sekitar gunung.

Nah, itulah segelintir pesona yang bisa kamu nikmati di Krakatau. Agar keindahannya tetap terjaga, selalu pastikan untuk nggak membuat sampah sembarangan apalagi sampai merusak alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *