5 Spot Snorkeling Paling Menakjubkan di Sulawesi

Kalau kamu pengen snorkeling, nggak usah jauh-jauh sampai ke luar negeri. Indonesia juga punya kok spot traveling paling sempurna yang sayang banget buat kamu lewatkan.

Di Sulawesi saja, setidaknya ada beberapa spot snorkeling dengan kekayaan biota laut yang luar biasa indahnya. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Wakatobi

Terletak di Sulawesi Tenggara, Wakatobi adalah sebuah Taman Nasional dengan keindahan yang luar biasa. Wakatobi sendiri sebenarnya adalah singkatan dari empat pulau utama yang ada di sini yaitu Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Nah, perairannya inilah yang begitu terkenal mendunia.

Pemandangan bawah laut Wakatobi [via flickr account: Craig D]
Pemandangan bawah laut Wakatobi [via flickr account: Craig D]
Perairan Wakatobi termasuk salah satu tempat dengan biota laut terkaya di dunia. Di sini kamu akan menemukan 750 jenis koral dengan 25 buah gugusan terumbu karang. Setidaknya ada 40 lokasi penyelaman terbaik yang tersebar di kawasan ini. Jadi bukan hal yang aneh kalau tempat ini terbaik untuk menyelam maupun snorkeling.

2. Bunaken

Nama Bunaken sudah begitu sering terdengar sebagai tempat terbaik untuk menyelam atau snorkeling. Bagaimana tidak, di sini kamu akan disambut dengan pemandangan terumbu karang yang cantik dengan ikan-ikan yang berenang mengitarinya. Bunaken layak disebut sebagai taman laut terindah dengan keanekaragaman biota lautnya mulai dari terumbu karang, ikan duyung, lumba-lumba, ikan purba, dan banyak lagi.

Bunaken [via flickr account: Juha Itkonen]
Bunaken [via flickr account: Juha Itkonen]
Dengan luas 75.265 hektar, terdapat 39 titik menyelam yang bisa kamu jelajahi di sini. Tapi kalaupun kamu nggak bisa berenang, jangan khawatir. Karena kamu juga bisa menyelam dengan kapal selam khusus yang bisa mengantarmu ke bawah laut. Seru bukan?

3. Taman Laut Tumbak

Selain Bunaken, Manado juga memiliki taman laut lain yang juga cantik dan indah yaitu Taman laut Tumbak. Hanya menempuh 3 jam perjalanan dari Manado, kamu sudah bisa mencapai kawasan pantai dan laut yang mempesona ini.

Taman Laut Tumbak [via instagram account: aryadutamanado]
Taman Laut Tumbak [via instagram account: aryadutamanado]
Belum banyak orang yang tahu adanya wisata bawah laut di Tumbak ini. Meski begitu, tempat ini punya 20 titik selam yang cantik dengan pemandangan bawah lautnya yang kaya dan beragam. Makanya, buruan datang ke sini untuk menikmati pesona bawah laut tanpa terganggu keramaian orang.

4. Pulau Siladen

Pulau Siladen yang terletak di Manado juga menawarkan pemandangan biota laut yang mempesona. Meski hanya memiliki 2 titik selam yang menarik, tapi bukan berarti tempat ini kalah cantik dari taman laut yang lain. Tempatnya yang masih tersembunyi juga bakal memberikan kamu sensasi ketenangan yang menyenangkan.

Pulau Siladen [via instagram account: wensen_endy]
Pulau Siladen [via instagram account: wensen_endy]
Selain snorkeling, kamu juga bisa menikmati cantiknya pantai berpasir putih ini dari bibir pantai. Kalau mau menikmatinya lebih lama, pulau Siladen juga sudah memiliki fasilitas lengkap seperti homestay, penginapan, serta fasilitas liburan lainnya.

5. Pulau Lembeh

Pula Lembeh yang terletak di Sulawesi Utara juga terkenal akan keindahan lautnya yang mempesona. Tempat ini adalah surga dunia bagi kamu pecinta diving atau snorkeling. Lautan yang memisahkan Bitung dengan Pulau Lembeh ini memang cantik saat dilihat dari atas. Tapi tempat ini memiliki setidaknya 88 titik penyelaman dengan pemandangan yang luar biasa.

Pulau Lembeh [via instagram account: jo_noya]
Pulau Lembeh [via instagram account: jo_noya]
Kalaupun kamu tidak bisa berenang dan menikmati keindahan bawah laut, jangan khawatir. Karena panorama pantainya pun juga sangat cantik dan memikat. Kamu bahkan juga bisa menyewa perahu nelayan dan menjelajah mengelilingi pulau Lembeh yang cantik dan eksotis.

Wah, ternyata ada banyak juga spot snorkeling dan diving yang keren di Sulawesi. Jadi, lain kali kamu berkunjung ke sana, nggak perlu lagi bingung mau main di tempat wisata mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *