Deretan Manfaat Liburan di Pantai yang Bikin Kamu Hobi Mantai

Pantai sejak dulu selalu jadi tempat yang menyenangkan buat liburan. Kamu nggak cuma bisa menikmati pemandangan yang begitu cantik dan menyegarkan, tapi juga udaranya yang segar serta suasananya yang menyenangkan.

Nah, ternyata liburan di pantai juga punya banyak manfaat yang baik lho buat tubuh kamu. Berikut ini deretan manfaat mantai yang bisa kamu dapatkan. Pastinya setelah baca daftar ini, kamu bakal makin hobi mantai deh.

1. Stress Hilang

Pantai dengan pemandangan yang cantik dan suasana yang menyenangkan akan memberikan banyak manfaat positif buatmu. Keindahan alamnya akan membuatmu merasa lebih rileks dan senang. Bahkan saat bermain dengan air dan ombak di pantai, kamu juga akan merasa lebih senang.

Main air di pantai
Main air di pantai

Kalaupun kamu nggak ingin turun dan berbasah-basah ria dengan air lautnya, duduk di bibir pantai juga sudah cukup memberikan ketenangan. Otak akan lebih santai dan stress akan hilang dengan sendirinya. Jadi, kalau kamu merasa penat dan lelah dengan kesibukan sehari-hari, mantai bisa jadi obat yang paling mujarab.

2. Nafas Jadi Lebih Lega

Jika kamu tinggal di kota yang padat dan sibuk, bernapas saja kadang terasa sesak. Apalagi kalau bukan karena polusi udara yang begitu mengganggu. Nah, jika ingin merasakan udara yang lebih bebas dan segar, maka liburan ke alam adalah jawabannya.

Pantai
Pantai

Pantai memiliki udara yang lebih bersih dan segar. Artinya, bernapas di sini akan terasa lebih melegakan untuk paru-parumu. Kualitas udara yang bagus di sekitar pantai akan membuatmu merasa lebih lega dan mampu membuat paru-paru bernapas lebih baik.

3. Bye bye Insomnia

Kamu sering mengalami susah tidur atau insomnia? Cobalah untuk liburan ke pantai. Saat kamu bermain di pantai, rasa stress, kecemasan, dan lelah akan pergi dengan sendirinya.

Tidur
Tidur

Tanpa rasa stress dan lelah, kamu akan lebih rileks di malam hari sehingga tidur jadi lebih gampang dan nyenyak. Jadi, jika kamu memiliki masalah insomnia yang sangat mengganggu, maka salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan liburan ke pantai.

4. Air garam di laut ternyata punya manfaat penyembuhan!

Air laut memiliki sumber garam yang bersifat antimikroba. Sifat antimikroba inilah yang mampu menyembuhkan macam-macam jenis infeksi. Jadi, berendam sejenak di pantai lama-kelamaan akan membantu menyembuhkan infeksi yang kamu alami.

Mantai
Mantai

Selain itu, air laut juga mengandung banyak jenis mineral seperti magnesium, potassium, dan iodine. Nah, mineral-mineral ini ternyata juga mampu menjadi alat detoksifikasi dan meningkatkan kesehatan jantung. Jadi, saat bermain di pantai, jangan hanya duduk di tepian saja ya. Cobalah untuk bermain-main air sejenak, pasti menyenangkan!

5. Otot kakimu jadi lebih kuat

Berjalan di pasir pantai akan membantu menguatkan otot-otot kakimu. Pasalnya, berjalan atau berlari di pasir ternyata membutuhkan energi 1,6 sampai 2,5 kali lebih banyak daripada berjalan di atas tanah yang keras.

Jalan di pasir
Jalan di pasir

Nah, karena membutuhkan energi yang lebih banyak inilah, otot kakimu akan lebih kuat. Jadi, saat bermain ke pantai, cobalah untuk berjalan-jalan tanpa alas kaki. Sensasi memijakkan kaki di pasir juga akan membuatmu merasa lebih rileks.

6. Asupan vitamin D

Sinar matahari akan membantu tubuhmu mendapatkan banyak vitamin D yang penting untuk penyerapan kalsium dan membentuk tulang agar lebih kuat. 10 menit di bawah sinar matahari memberikan dosis yang cukup untuk sehari.

Berjemur
Berjemur

Selain itu, sinar matahari juga akan meningkatkan endorfin dalam tubuh serta meningkatkan sistem imun tubuh. Nah, dengan segala manfaat hebat matahari tersebut, bermain di pantai artinya sama dengan menyuplai tubuhmu dengan vitamin D. Agar kulit tetap terlindungi saat bermain di pantai, pakailah sunscreen yang mengandung SPF 15. Jadi, kulit terjaga, tapi kamu tetap bisa menikmati matahari di pantai.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari liburan mantai. Makanya, jangan bosan-bosan ya berkunjung ke pantai. Jadi kamu bebas stress dan tubuhmu juga jadi lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *