Pulau Bair, Mutiara Tersembunyi di Maluku

Bagi sebagian orang, nama Kota Tual masih terdengar asing dan nggak terlalu banyak dikenal. Hal ini karena lokasinya memang masih cukup terpencil di Maluku. Tapi siapa sangka, kota terpencil tersebut ternyata menyimpan pesona keindahan yang luar biasa menakjubkan.

Di Kota Tual inilah terdapat sebuah pulau cantik yang belum banyak dijelajahi oleh para wisatawan yaitu Pulau Bair. Sekilas, pulau ini mirip dengan Raja Ampat di Papua, hanya saja dalam ukuran yang lebih kecil. Bisa dibayangkan bagaimana indahnya pulau tersembunyi tersebut.

Di antara deretan wisata yang cantik di Kota Tual, Pulau Bair akan menjadi tempat yang nggak akan bisa terlupakan. Pulau ini memiliki dua buah teluk yang tenang dengan air berwarna biru kehijauan yang sangat cantik. Dengan air yang begitu jernih, kamu akan dengan mudah melihat anak-anak ikan hiu jenis Blackpit yang tinggal di sana. Sementara itu di sekelilingnya berdiri tanaman mangrove dan tebing-tebing batu yang membuat pemandangan semakin tampak mempesona.

Pulau Bair [via instagram account: pulautayando]
Pulau Bair [via instagram account: pulautayando]
Ketika air surut, kamu akan menemukan beberapa pantai cantik berpasir putih yang bisa kamu kunjungi. Pulau-pulau ini hanya akan muncul saat air surut karena biasanya tertutupi oleh laut. Nah, di sini kamu bisa puas bermain air yang begitu jernih. Kalau kamu termasuk yang hobi fotografi, maka jangan lupa untuk menjadikan pulau cantik ini sebagai objek fotomu. Dijamin kamu akan terpesona dengan hasilnya yang nggak akan mengecewakan.

Puas bermain di Pulau Bair, kamu bisa bergeser sedikit ke Pulau Adranan. Pulau sekitar 5 ribu meter persegi ini adalah tempat yang sempurna untuk bermain pasir atau mandi di pantai. Airnya juga sangat jernih dan merupakan tempat yang sempurna bagi kamu pencinta snorkeling. Pemandangan bawah lautnya akan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Pulau Bair [via instagram account: kharisma_ajii]
Pulau Bair [via instagram account: kharisma_ajii]
Kawasan ini memiliki banyak pulau-pulau kecil lainnya dengan pesona dan keunikannya masing-masing. Jadi, rasanya nggak berlebihan kalau Pulau Bair beserta pulau-pulau kecil lainnya di kawasan ini mendapatkan julukan sebagai Raja Ampat dari Maluku. Karena kecantikannya, memang mampu membuat siapa saja yang melihatnya terpesona.

Jadi, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan melihat kepingan surga yang ada di bumi Maluku ini ya. Dijamin kamu nggak kecewa berpetualang di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *