Hobi Mendaki? Indahnya Puncak Bawakaraeng Wajib Kamu Jelajahi!

Kamu termasuk orang yang punya hobi mendaki? Nggak ada salahnya untuk mencoba mendaki gunung Bawakaraeng yang terletak di Gowa, Sulawesi Selatan. Gunung dengan tinggi mencapai 2.830 meter di atas laut ini termasuk gunung dengan puncak tertinggi di provinsi tersebut. Jadi, bayangkan betapa menakjubkan pemandangannya ketika kamu berada di puncaknya.

Jika kamu ingin mencoba mengunjungi gunung Bawakaraeng, maka tujuan pertama yang harus kamu capai adalah Malino, tepatnya desa Lembana. Di desa ini, kamu akan disambut dengan pemandangan hijau yang cantik dari ladang-ladang, perkebunan sayur, hingga perkebunan buah. Kalau mau, kamu juga bisa mampir beli sayur atau buah di desa ini dengan harga yang murah.

Selama perjalanan, kamu akan bertemu dengan alam yang masih asri dan begitu indah. Ada beberapa sumber air berupa sungai kecil yang jernih dan bisa kamu gunakan untuk mengisi persediaan air selama perjalanan mendaki gunung.

Matahari Terbenam di Gunung Bawangkaraeng [via instagram account: fatsyam]
Matahari Terbenam di Gunung Bawangkaraeng [via instagram account: fatsyam]
Saat menuju ke pos 6, kamu juga akan menemukan beberapa buah plakat atau batu memorial. Plakat-plakat ini adalah sebagai kenangan untuk para pendaki yang meninggal dunia saat mendaki gunung Bawakaraeng. Selain untuk mengenang para korban, plakat ini juga bisa menjadi pengingat bagi pendaki lain untuk lebih berhati-hati saat mendaki.

Memasuki pos 9, kamu akan disambut dengan hamparan cantik bunga-bunga edelweiss yang cantik. Semakin tinggi kamu melanjutkan perjalanan, tanaman yang ada di sekitarmu juga akan terus berubah. Di pos 10, kamu akan menemukan padang savanna yang luas dengan lahan-lahan yang datar. Selain itu juga akan ada sumur air yang sangat jernih yang bisa dijadikan bekal minuman ataupun untuk masak.

Awan di Gunung Bawangkaraeng [via instagram account: abostanley]
Awan di Gunung Bawangkaraeng [via instagram account: abostanley]
Sesampainya di puncak, kamu akan menemukan sebuah tugu yang menjadi penanda bahwa kamu sudah berada di titik tertinggi Bawangkaraeng. Di sinilah kamu bisa menikmati pemandangan alam dan kota dari ketinggian yang sungguh menakjubkan.

Dari atas gunung ini pula, kamu bisa melihat gumpalan awan putih yang akan membuatmu merasa seperti berada di negeri awan. Belum lagi dengan panorama bukit-bukit dan gunung-gunung di sekelilingmu yang akan membuatmu benar-benar takjub akan keagungan Tuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *