6 Aktivitas Traveling yang Lebih Seru Ketimbang Chatting

Sudah menjadi rahasia umum jika kebanyakan traveler Indonesia lebih suka menghabiskan waktunya untuk chatting atau beraktivitas di dunia maya ketimbang menikmati liburan mereka. Hal ini bisa dilihat dari tempat-tempat wisata yang mana akan mudah sekali menjumpai traveler yang sibuk dengan gadget mereka baik itu ponsel pintar maupun tablet.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengalihkan dunia mayamu dan lebih konsentrasi menikmati liburan. Melakukan kegiatan-kegiatan seru seperti snorkeling, trekking hingga paralayang dijamin bakal membuat traveler melupakan ponsel beserta keseruan yang ada di dalamnya. Dikumpulkan Indonesia Flight, inilah 6 aktivitas traveling yang lebih seru ketimbang chatting.

1. Rafting, Menaklukkan Jeram Sungai Bakal Bikin Jarimu Lupa Ngetik Keyboard Ponsel

Rafting atau arung jeram adalah salah satu aktivitas traveling yang ekstrim. Sehingga untuk melakukan kegiatan ini dibutuhkan konsentrasi tinggi disamping fisik yang prima. Rafting bukan hanya membuat kamu lupa chatting, bahkan kamu bakal tidak sempat untuk sekedar mengeluarkan ponsel. Bukan apa-apa, tentunya kamu akan berfikir dua kali membawa ponsel saat rafting yang notabene sangat beresiko jatuh atau masuk ke dalam air. Misalnya pun punya ponsel anti air, tetap saja resiko jatuh dan terkena batu-batuan sungai bisa merusaknya.

9-padegolan

Rafting di Sungai Padegolan, via instagram

Rafting merupakan salah satu aktivitas yang mebutuhkan kerjasama tim. Dengan kegiatan ini kamu bisa melatih kekompakan dan kebersamaan bersama teman-temanmu. Kegiatan ini sangat seru yang bikin kamu bakal lupa waktu. Beberapa spot untuk rafting di Indonesia yang bisa kamu coba adalahrafting Sungai Citarik, Skabumi atau di Jawa Tengah tepatnya di Magelang ada di Sungai Elo dan Progo. Masih banyak lagi tempat-tempat arung jeram yang bisa kamu pilih, tinggal googling saja.

2. Snorkeling, Keindahan Taman Bawah Laut Akan Membawamu Kembali ke Dunia Nyata

Snorkeling adalah aktivitas berikutnya yang tidak akan memberimu kesempatan untuk menanggapi teman-teman chattingmu. Selain karena kamu berada di dalam air, keindahan taman bawah laut beserta makhluk yang hidup di dalamnya sangat ampun mengalihkan duniamu. Secara otomatis kamu akan kembali ke dunia nyata setelah sebelumnya hanya hidup di dunia maya.

15-snorkeling

Snorkeling, via instagram

Apalagi Indonesia terkenal memiliki banyak spot snorkeling yang keren-keren. Gugusan kepulauan di negeri ini memberikan banyak sekali kekayaan laut yang tak tertandingi. Kegiatan snorkeling ini makin sempurna jika kamu memilih tempat-tempat yang nol sinyal, seperti misalnya di wilayah Sombori, Sulawesi Tenggara. Tempat lain yang bisa dijadikan spot snorkeling adalah kawasan Kepulauan Karimun Jawa di Jepara, Pantai Nglambor di Jogja, atau kalau punya dana lebih kamu bisa ke Raja Ampat.

3. Surfing, Aktivitas Seru yang Bikin Lupa Chatting

Untuk lepas dari kecanduan chatting kamu bisa memilih kegiatan yang tidak memungkinkan kamu untuk mengetik pesan, salah satunya adalah surfing alias berselancar. Boro-boro kamu akan sempatchatting, membuat tubuh untuk tetap seimbang berada di atas papan saja sudah bikin konsentrasimu tidak bisa diganggu.

16-surfing

Surfing, via instagram

Bermain selancar di tengah laut lebih greget dari pada sibuk mengetik papan ponsel. Ditambah negeri kita punya banyak pantai dengan view yang keren serta ombak yang menantang. Sebut saja Pantai Green Bowl di Bali, Pantai Watukarung di Pacitan, Pantai Plengkung di Banyuwangi atau lebih jauh ke Pantai Lhoknga di Aceh serta masih banyak lagi pantai-pantai keren di Indonesia yang bakal mengalihkan duniamu.

4. Trekking, Chatting Lewat Karena Trekking Lebih Interesting

Apakah ada yang lebih menyenangkan ketimbang chatting dengan taman-teman? Jawabnya Ada! Salah satunya adalah dengan treeking baik ke pantai tersembunyi, air terjun terpencil hingga trekking ke gunung semuanya bisa membuatmu ogah chattingan. Memandang keagungan alam ciptaan Tuhan pastinya jauh lebih seru ketimbang ngobrol via pesan singkat di dunia maya.
17-trekiing
Trekking, via instagram

Trekking bisa membuat traveler lebih hidup dan lebih menikmati berkah alam yang indah. Untuk menemukan spot trekking di Indonesia tidaklah sulit sebab negara ini sebagian besar daratannya berupa bukit dan pegunungan. Mungkin di daerah asalmu juga ada gunung atau bukit yang bisa digunakan untuk trekking. Beberapa rute trekking yang terkenal indah di Indonesia antara lain Gunung Rinjani, NTB, Pulau Rinca di NTT dan juga trekking ke desa adat Wae Rebo yang juga ada di Nusa Tenggara Timur.

5. Diving, Menyelami Indahnya Taman Bawah Laut Lebih Greget Dari Pada Menyelami Hati Kontak Chatting Yang Tidak Pasti

Diving, kegiatan yang mewajibkanmu untuk merasakan hidup ala ikan yaitu di dalam air. Tidak mungkin donk kamu bawa ponsel kemudian menyempatkan diri chattingan. Lagi pula menikmati indahnya taman bawah laut beserta kehidupannya itu lebih greget dari pada menanggapi kontak chatting meski di dalamnya ada seseorang yang kamu sukai. Indahnya alam tidak pernah mengecewakannmu sedangkan indahnya manusia kadang hanya memberi harapan palsu saja.

19-diving

Diving, via instagram

Nah, ngomong-ngomong masalah menyelam, ada banyak pilihan laut yang bisa kamu gunakan untuk diving. Banyak pula operator yang menyewakan peralatannya dengan membayar beberapa ratus ribu. Kalau kamu sudah punya sertifikat untuk menyelam langsung saja pilih salah satu spot kece berikut ini. Ada Menjangan di Bali, Bunaken di Manado, hingga Raja Ampat di Papua.

6. Paralayang, Kegiatan Terbang Membuatmu Berpaling Dari Ponsel

Kalau kamu punya cukup nyali lakukan kegiatan terakhir ini untuk membuatmu move on dari ponsel. Paralayang, kegiatan ekstrim yang bikin kamu deg-degan bukan main tapi juga membuat ketagihan. Paralayang biasa dilakukan dari bukit yang tinggi dengan payung parasut seperti terjun payung.

18-pragliding

Paralayang, via instagram

Kegiatan ini bisa kamu lakukan sendiri jika sudah mahir, namun buat para pemula tetap bisa merasakan sensasinya dengan cara melakukan terbang tandem ditemani guide yang berpengalaman. Meski jenis aktivitas ini cukup mahal, sekali terbang biasanya dipatok tarif ratusan ribu namun sensasi terbang seperti burung akan membuatmu puas. Apalagi spot-spot paralayang di Indonesia menawarkan pemandangan alam yang indah, kamu bisa melihatnya dari sudut pandang yang berbeda yaitu dari udara. Tempat Paralayang yang terkenal antara lain kawasan Puncak, Bogor; Puncak Lawang, Sumatera Barat; Parangtritis, Jogja; Timbis, Bali; dan Gunung Banyak, Malang, serta masih banyak lagi.

Dengan melakukan salah satu dari enam aktivitas seru di atas, dijamin kamu bakal lupa sibuk dengan ponsel dan lebih menikmati liburanmu. Pengalaman dan cerita traveling pun akan semakin banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *