10 Hal Yang Membuktikan Bahwa Indonesia Itu HARUS DIJELAJAHI

Ada banyak alasan mengapa traveler Indonesia harus menjelajahi negeri sendiri lebih dulu sebelum memutuskan jalan-jalan ke negeri orang. Semakin jauh seorang traveler menjelajahi alam Indonesia makin nampak pula pesona nusantara negeri kita. Jadi bukan hal aneh jika banyak turis asing yang kemudian nyaman menetap di negara ini.

Begitu banyak kekayaan alam dan budaya yang kita miliki yang bahkan membuat banyak negara lain iri dengan Indonesia. Sudah sepantasnya kita sebagai warga negaranya turut bangga dan terus mengenalkan wajah negeri ini hingga ke pelosok bumi. Jika masih bingung apa saja yang bisa dipamerkan dari negeri tercinta ini, berikut ini 10 hal yang membuktikan Indonesia itu unik dan layak untuk dijelajahi.

1. Ada Danau Biru Seperti Blue Lagoon di Islandia

Indonesia memiliki topografi komplit yang konon bisa mewakili semua wilayah di dunia. Sehingga traveler yang berkeliling negara ini sama saja dengan mengelilingi. Tidak percaya? Sebagai bukti kecil, selama ini traveler menjadikan alam Islandia sebagai indikator suatu keindahan alam. Di sana ada danau biru, berasal dari sumber air panas geothermal yang dinamakan Blue Lagoon.

94-danau-kaolin

Danau Biru Kaolin, via instagram

Keindahan Blue Lagoon bisa traveler temukan di Bangka dalam bentuk Danau Biru Kaolin. Danau bekas galian tambang Kaolin ini sedang ngetren sebagai destinasi wisata dan objek fotografi. Para traveler mengatakan jika lanskap alam di Danau Biru Kaolin sangat mirip dengan kondisi alam di Eropa khususnya Islandia. Kamu yang tertarik tinggal berkunjung ke Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

2. Hanya di Indonesia Bisa Berselancar di Sungai

Umumnya turis asing berkunjung ke Indonesia lantaran mengetahui bahwa negeri ini punya banyak pantai dengan ombak besar yang asyik digunakan berselancar. Mereka pun tidak hanya disuguhi dengan ombak laut saja namun di negeri ini para peselancar bisa menunggangi papan surfing mereka untuk menakhlukkan Gelombang Bono.

95-kampar

Sungai Kampar, via instagram

Bagi traveler Indonesia khususnya yang tinggal di kawasan Sungai Kampar tentu tidak asing dengan istilah Gelombang Bono. Ini adalah gelombang yang diciptakan oleh arus Sungai Kampar. Tingginya bisa mencapai hingga 6 meter lho, artinya gelombang sungai ini tak kalah ganasnya dibanding gelombang laut. Kebanyakan turis akan datang ke Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan pada rentang bulan Agustus-Desember dimana waktu itu gelombang Bono akan berada pada periode terbaiknya.

3. Lagi-Lagi Cuma Indonesia yang Punya Spot Snorkeling di Gunung Lewat Umbul Ponggok

Jalan-jalan jauh ke Maladewa, Bora-Bora atau Australia hanya untuk snorkeling. Sudah jauh menguras biaya pula. Okelah, Indonesia Flight tidak bermaksud membatasi keinginan traveling kalian, tapi bukankah lebih baik menjelajahi keindahan dalam negeri dulu sebelum liburan ke luar negeri. Itung-itung saat kamu berada di negeri orang kamu bisa sekalian promosi tempat-tempat keren yang sudah kamu kunjungi.

97-ponggok

Umbul Ponggok, via instagram

Ini nih salah satu yang wajib dipromosikan, spot snorkeling paling ajaib di dunia dan mungkin hanya ada di Indonesia. Umbul Ponggok, sebuah kolam pemandian yang cukup luas dengan dasar pasir layaknya laut, berair jernih dan ada ikannya pula. Saat ini Umbul Ponggok tengah menjadi jujugan liburan traveler tanah air lantaran keunikannya yaitu bisa snorkelingan di gunung. Belum tahu lokasi pemandian ini? Catat, Umbul Ponggok berada di Klaten, Jawa Tengah.

4. Bukti Indonesia Sangat Toleran Terhadap Keberagaman Agama, Ada Gereja Velangkani Dengan Bangunan Mirip Kuil Hindu

Bangunan di Jl Sakura III No 10, Tanjung Selamat, Medan ini jika dilihat dari kejauhan terlihat seperti kuil dengan puncaknya yang menyerupai pura. Traveler yang baru pertama kali melihatnya tentu langsung mengira jika bangunan ini adalah rumah ibadah bagi pemeluk agama Hindu. Ternyata bukan, sebab bangunan unik ini sebenarnya adalah sebuah gereja, lihat saja simbol salib yang terpampang di depannya.
93-velangkani
Gereja Graha Maria Annai Velangkani, via instagram

Bernama asli Gereja Graha Maria Annai Velangkani, rumah ibadah umat Katholik ini memang unik karena memadukan arsitektur khas Hindu untuk rumah ibadah mereka. Hal ini berhubungan dari sang pembangun yang merupakan seorang pendatang dari Tamil, India Selatan yang menganut agama Katholik. Di dalam bangunan unik ini terdapat relief-relief yang menceritakan peristiwa penyaliban Yesus.

5. Indonesia Punya Gunung Padang Yang Konon Calon Piramida Terbesar di Dunia

Hingga saat ini status piramida terbesar di dunia masih disandang oleh Piramida Giza di Mesir. Tapi bukan hal yang mustahil dalam beberapa periode mendatang rekor itu akan dipecahkan oleh situs di Indonesia yang bernama Gunung Padang. Inilah calon pesaing kuat Piramida Giza atau Aztec di Mesir.

96-gunung-padang

Gunung Padang, via instagram

Gunung Padang yang terletak di Cianjur memang menyimpan banyak misteri. Di permukaannya banyak terdapat potongan batu prasejarah yang diduga sebagai struktur dari bentuk piramida asli yang diyakini masih terpendam di dalam tanah. Para arkeolog dunia telah mengakui keberadaan piramida yang sangat kuno ini. Hingga saat ini para peneliti masih melakukan proses penggalian untuk menguak bentuk utuh piramida tersebut.

6. Mau Melihat Pagoda Shwedagon? Tidak Perlu ke Myanmar, di Berastagi Juga Ada

Keunikan berikutnya berupa replika salah satu pagoda termegah di dunia yaitu Pagoda Shwedagon di Myanmar. Ternyata kalau hanya mau foto-foto dengan latar belakang pagoda emas tersebut, traveler tidak perlu jauh-jauh ke Myanmar. Cukup luangkan waktu untuk menyinggahi Kota Berastagi yang berada di dekat Medan.

92-lumbini

Replika Pagoda Shwedagon, via instagram

Di sebuah taman bernama Taman Alam Lumbini berdiri kembaran Pagoda Shwedagon dengan ukuran yang juga sangat besar. Bahkan pagoda ini telah dicatat Museum Rekor Indonesia sebagai pagoda tertinggi di Indonesia dan termasuk replika tertinggi nomor dua di Asia Tenggara. Destinasi ini wajib ada dalam daftar kunjunganmu di Berastagi guys!

7. Selain di NTT, Indonesia Coba Temukan Area Sawah Yang Dibuat Seperti Crop Circle

Bagi traveler domestik melihat hamparan sawah terasiring di Ubud mungkin bukan hal yang aneh sebab di desa-desa lainnya juga menerapkan sistim seperti itu. Namun bagi bule pemandangan tersebut tidak lazim makanya banyak yang kagum. Jika sawah terasiring saja sudah bikin kagum apalagi jika melihat sawah yang seperti jaring laba-laba.

100-cancar

Sawah di Desa Cancar, via instagram

Yap, mungkin kita saja yang tinggal lama di Indonesia masih akan kaget jika melihat sawah seperti itu, dan ini nyata ada kamu bisa menjumpainya di Desa Cancar, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Saking uniknya bule-bule yang melihat sawah ini sampai mengira jika itu adalah crop circle yang dibuat oleh alien. Padahal ini memang sengaja dibuat oleh ketua adat setempat dengan filosofi luhur kehidupan harmonis.

8. Ubur-Ubur Tak Menyengat Itu Sangat Langka dan Ada di Indonesia

Selain hiu ada satu hewan yang paling ditakuti wisatawan di pantai yaitu ubur-ubur. Hewan lunak ini memiliki sengatan yang sangat panas dan bisa melukai kulit manusia. Tapi di dunia ini ada lho ubur-ubur yang tak menyengat. Awalnya ubur-ubur ini bisa menyengat namun karena isolasi lingkungan dan ketiadaan mangsa mereka kehilangan kemampuannya untuk menyengat.

99-kakaban

Ubur-ubur tak menyengat di danau Kakaban, via instagram

Ubur-ubur tak menyengat sangat langka di dunia namun salah satunya bisa traveler jumpai di Indonesia tepatnya di danau Kakaban, suatu danau yang terletak di gugusan Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Jenis ubur-ubur yang tinggal di danau ini antara lain ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Traveler bisa berenang bareng dengan mereka namun jangan sampai menyentuhnya ya sebab tubuh mereka yang lunak sangat rapuh jika terkena gesekan.

9. Salju Abadi di Negara Tropis

Indonesia terletak di wilayah khatulistiwa yang membuatnya memiliki iklim tropis. Artinya negara ini tidak memiliki musim dingin yang identik dengan hujan salju. Meski demikian bukan hal yang mustahil untuk menemukan salju abadi di negara tropis seperti Indonesia. Yap, hanya negeri ini di daerah tropis yang punya salju, tepatnya berada di Puncak Cartenz.

98-cartenz

Puncak Cartenz, via instagram

Indonesia memiliki salah satu dari Seven Summit alias tujuh puncak tertinggi di dunia dalam bentuk Puncak Cartenz yang menjulang hampir 5 ribu meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, puncak gunung tertinggi di Indonesia ini selalu diselimuti oleh salju. Namun ada berita tak sedap terkait isu pemanasan global yang diperkirakan akan membuat salju di puncak gunung ini menghilang.

10. Indonesia Juga Punya Tokoh Legenda Berupa Raksasa, Jejaknya Bisa Dilihat di Aceh Selatan

Di luar negeri kita mengenal ada Troll dan Big Foot sebagai tokoh raksasa. Indonesia juga punya, namun bukan tokoh monster melainkan manusia biasa yang sangat sakti dan bisa mengubah dirinya menjadi raksasa. Bahkan jejak kakinya bisa dilihat di tepi pantai yang terletak di Aceh Selatan.

91-tapak-tuan

Tapaktuan Tapa, via instagram

Inilah Tapaktuan Tapa, bekas jejak kaki raksasa di Kota Tapaktuan, Aceh Selatan. Ukuran jejak kaki ini sangat besar bahkan muat dimasuki 10 orang dewasa. Jejak kaki ini berukuran panjang 6 meter. Konon ini adalah jejak dari Syech Tuan Tapa yang berhasil mengalahkan naga raksasa untuk menyelamatkan puteri raja yang kemudian menjadi cikal bakal Kota Tuantapa. Sudah berkunjung ke tempat ini?

Sebenarnya masih banyak lagi keunikan-keunikan yang dimiliki Indonesia. Ayo ceritakan pengalaman travelingmu menjelajahi alam Indonesia dan menemukan hal-hal unik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *