Ngaku Orang Indonesia, Sudah Pernah Mencicipi Salah Satu Dari 13 Minuman Khas Ini Belum?

Kekayaan dan kelezatan kuliner Indonesia sudah diakui dunia. Hampir setiap daerah di negeri ini memang memiliki kuliner khasnya sendiri-sendiri. Disamping makanan yang lezat penuh cita rasa, Indonesia juga punya sejuta jenis minuman yang tak kalah lezat serta menyegarkan tenggorokan. Sayang banget jika kamu belum pernah mencicipi salah satu minuman khas dalam negeri berikut ini.

Dawet ayu, wedang ronde dan cemue, pernah mencicipi salah satunya? Itu adalah nama-nama minuman khas nusantara yang jamak di temukan di berbagai kota. Selain ketiga minuman itu masih ada nama-nama lain yang juga menjadi minuman khas di negeri kita yang tercinta ini lho. Dikumpulkan Indonesia Flight, inilah aneka minuman khas di Bumi Pertiwi yang patut untuk kamu cicipi.

1. Es Lidah Buaya, Pontianak

Sudah tahu tanaman lidah buaya? Waktu kecil dulu getah tanaman ini sering digunakan untuk shampo dengan bau yang sedikit anyir. Nah, ternyata tanaman ini bisa dibuat menjadi suatu minuman yang menyegarkan dan malah menjadi minuman khas dari Pontianak lho. Kalau kamu traveling ke kota tersebut bisa bawa pulang oleh-oleh minuman lidah buaya yang telah dikemas.

45-lidah-buaya

Es Lidah Buaya, via instagram

Es lidah buaya ini menggunakan bahan dasar daging dari tanaman lidah buaya. Caranya dengan mengupas kulitnya dan dihilangkan lendirnya untuk diambil dagingnya. Daging tanaman lidah buaya yang berwarna putih transparan ini terlihat seperti nata d’coco atau juga agar-agar. Daging inilah yang nanti dimasukkan ke dalam air sirup yang telah diberi es. Segeerrr!

2. Tuak Manis, Lombok

Tuak manis adalah minuman khas dari Lombok. Kalau kamu main-main ke sana jangan cuma menikmati keindahan pantainya saja ya, cicipi pula minuman khasnya. Kamu tidak usah ragu untuk minum minuman ini sebab meski namanya tuak, minuman ini tidak memabukkan alias free alcohol.

46-tuak

Tuak Manis, Lombok, via instagram

Tuak manis terbuat dari air buah enau dan sangat segar jika diminum dalam keadaan dingin. Rasa manis minuman ini pun asli tanpa pemanis tambahan seperti gula. Banyak yang percaya jika meminum tuak manis secara rutin maka akan meningkatkan kesehatan dan juga menyembuhkan berbagai penyakit seperti kencing manis, kencing batu dan menetralisir racun dalam tubuh. Minuman khas ini bisa dengan mudah kamu temukan di pinggir jalan raya di Lombok.

3. Air Guraka, Ternate

Pernah mencicipi bandrek, minuman khas dari Sunda? Minuman ini dibuat dari campuran jahe dan gula merah dan sangat segar jika diminum saat udara dingin. Nah orang-orang Ternate juga memiliki minuman khas yang mirip dengan bandrek namanya air guraka.

Air Guraka, Ternate [via Instagram @mytrip_sl]
Air Guraka, Ternate [via Instagram @mytrip_sl]

Air guraka ini juga menggunakan bahan dasar jahe dan gula merah hanya saja dalam minuman ini ditambahkan dengan buah kenari. Umumnya minuman ini disajikan dalam keadaan hangat namun beberapa orang juga menyukai penyajian dengan es. Kata orang-orang air guraka ini bisa digunakan untuk diet karena dipercaya mampu melarutkan lemak dari makanan yang baru saja dimakan.

4. Kopi Joss, Jogja

Kalau jalan-jalan ke Jogja tidak sah jika tidak mencicipi Gudeg. Pun demikian dengan minumannya, jangan sampai tidak mencoba minum kopi joss, inilah minuman khas dari kota yang istimewa. Kopi joss biasanya banyak dijumpai di angkringan sekitar alun-alun selatan Jogja atau kawasan stasiun Tugu.
49-kopijoss
Kopi Joss, Jogja, via instagram

Apa sih bedanya kopi joss dengan kopi pada umumnya? Ini perlu kamu tahu bahwa kopi joss disajikan dengan cara yang unik. Jadi satu cangkir kopi hitam akan ditambahkan dengan satu bongkahan bara arang yang masih menyala. Saat masuk ke dalam minuman kopi akan menghasilkan bunyi joss, itulah yang menjadikan kopi ini diberi nama kopi joss. Konon kopi jenis ini berkhasiat untuk menyembuhkan kembung, mules dan sakit perut.

5. Dawet Ayu, Banjarnegara

Dawet ayu adalah salah satu minuman asli Indonesia yang banyak dijumpai di berbagai pelosok negeri. Mungkin belum banyak yang tahu jika dawet ayu berasal dari kabupaten Banjarnegara. Dawet jenis ini tentu berbeda dengan jenis dawet lainnya, perbedaannya terletak pada ukuran dawetnya yang lebih kecil,lembut dan kenyal serta rasanya yang katanya lebih segar.

48-dawet-ayu

Dawet Ayu, Banjarnegara, via instagram

Minuman ini bisa disajikan dalam keadaan panas atau pun dingin sesuai dengan selera masing-masing. Dawet atau cendol yang digunakan terbuat dari tepung beras dan tepung sagu aren yang dilengkapi dengan campuran santan dan gula merah menjadikan dawet ayu terasa lembut dan lunak saat dikunyah.

6. Wedang Alang-Alang, Minuman Khas Jawa

Orang-orang jaman dahulu lebih percaya kepada obat herbal ketimbang obat kimia sehingga banyak sekali warisan ramuan jamu yang berkembang di bumi nusantara ini terutama di tanah Jawa. Sampai-sampai minuman pun terbuat dari tanaman herbal yang penuh dengan khasiat. Minuman yang dimaksud adalah wedang alang-alang.

50-wedang-alang2

Wedang Alang-Alang, Minuman Khas Jawa, via instagram

Minuman ini tidak dijual secara luas, hanya beberapa warung khusus yang menjual jamu dan pengobatan alternatif saja yang menjual minuman jenis ini. Tapi kalau kamu berminat bisa membuatnya sendiri di rumah. Tidak susah kog, siapkan bahan-bahannya seperti akar alang-alang, jahe, sere/ kamijoro, cengkeh, kayu manis, gula batu. Bahan-bahan tadi kemudian dilarutkan dalam air panas yang mendidih.

7. Kopi Santan, Jawa Timur

Selama ini kita baru tahu jika minuman bersantan itu adalah dawet dan cemue, tapi Jawa Timur punya minuman khas yang juga menggunakan santan sebagai salah satu bahan dasarnya. Jangan kaget karena minuman ini adalah kopi. Yap, kalau biasanya kamu minum kopi dengan menambahkan susu atau krimer maka sekali-kali cobalah menambahkan santan di dalamnya.

51-kopi-santan

Kopi Santan, Jawa Timur, via instagram

Adalah kopi santan, minuman khas dari Jawa Timur. Kopi ini disebut juga dengan nama kopi lethok. Dari pada harus jauh-jauh ke Jawa Timur mending kamu bikin sendiri minuman ini. Caranya seperti membuat kopi biasa hanya saja tambahkan santan kental secukupnya yang telah dimasak. Rasanya pasti ajib!

8. Sarabba, Makassar

Di jawa kita mengenal wedang jahe dan wedang ronde untuk menghangatkan tubuh. Kedua minuman tersebut memang memakai bahan dasar jahe yang bisa membuat tubuh menjadi hangat. Kalau di Makassar ada yang namanya sarabba, minuman yang terbuat dari jahe, santan, dan gula aren.

Sarabba, Makassar
Sarabba, Makassar [via Instagram @wellness_wanderlust_warrior]

Beberapa orang membuat sarabba dengan menambahkan kuning telur ke dalamnya dengan tujuan untuk digunakan sebagai obat flu dan mengusir masuk angin serta meningkatkan stamina. Minuman sarabba ini cukup mudah dibuat karena sudah ada yang dijual dalam bentuk kemasan. Jika di Makassar banyak warung-warung yang menjual minuman ini.

9. Laksamana Mengamuk, Riau

Riau memiliki satu minuman khas dengan nama yang sangat unik. Minuman tersebut dikenal dengan nama laksamana mengamuk. Wajah minuman ini ternyata tidak seseram namanya sebab terlihat sangat segar dan menggoda untuk segera diseruput.

53-laksamana

Laksamana Mengamuk, Riau, via instagram

Laksamana mengamuk adalah minuman yang berasal dari Bukit Batu Bengkalis, tempat Laksamana raja di laut berkuasa. Konon minuman yang terbuat dari campuran santan, gula dan susu yang diberi potongan kecil-kecil buah kuweni ini menjadi minuman favorit sang raja.

10. Es Pala, Bogor

Bogor memang terkenal dengan kuliner yang terbuat dari buah pala seperti asinan. Namun minuman yang berasal dari kota ini pun tak jauh-jauh dari bahan dasar buah pala, namanya es pala. Es pala sangat segar diminum dan menghangatkan setelahnya.

Es Pala, Bogor [via Instagram @lunerin]
Es Pala, Bogor [via Instagram @lunerin]

Es pala sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan disukai para kompeni. Minuman ini dibuat dari campuran irisan buah pala dan gula pasir yang direbus. Tambahan buah pala ini membuat minuman jadi harum yang khas serta menghangatkan tubuh. Katanya Es Pala bisa melancarkan pencernaan, mengatasi mual dan masuk angin.

11. Wedang Ronde, Minuman Tradisional Jawa

Namanya unik, seperti nama babak dalam pertandingan tinju bukan? Tapi ini adalah minuman khas dari Jawa yaitu wedang ronde. Dalam bahasa Jawa ronde berarti sejenis makanan yang terbuat dari adonan khusus yang terdiri dari campuran tepung beras dan gula merah berbentuk bulatan-bulatan dan dibagian dalamnya berisi kacang yang dihancurkan.

Wedang Ronde, Minuman Tradisional Jawa [via Instagram @annytaqiya]
Wedang Ronde, Minuman Tradisional Jawa [via Instagram @annytaqiya]

Wedang ronde ini akan dicelupkan dalam air jahe yang masih panas. Biasanya di dalam minuman ini ditambahkan roti, dan juga kolang-kaling serta kacang tanah yang telah digoreng. Wedang ronde sangat mudah ditemukan di berbagai kota di pulau Jawa.

12. Es Tambring, Bali

Bali punya minuman khas bernama es tambring. Es tambring dibuat dari serutan kelapa muda dikombinasi dengan rasa asam jawa dan kadang-kadang dicampur dengan putih telur yang membuat cita rasa minuman ini sangat unik. Es ini sangat segar di minum siang hari saat cuaca terik.

56-Es_Tambring_1

Es Tambring, Bali [image source]

Nah mulai sekarang kalau berlibur ke Bali selain menikmati keindahan alam dan pantainya lengkapi pula dengan menjelajahi kuliner khasnya. Es tambring adalah salah satu yang paling direkomendasikan apalagi kalau kamu liburan di pantai yang begitu panas.

13. Wedang Cemue, Ngawi

Ini nih minuman yang membuat sebagian orang sulit membedakan mana cemue mana wedang ronde. Perbedaan mendasar dari kedua minuman itu adalah penggunaan santan. Yap, wedang cemue menggunakan santan dalam proses pembuatannya.

57-cemoe (1)

Wedang Cemue, Ngawi [image source]

Wedang cemue terbuat dari santan, gula tebu, kacang kelinci, roti tawar, dan juga jahe. Santan memberikan rasa gurih, sedangkan rasa manis berasal dari gula tebu dan rasa hangat di dapat dari campuran jahe. Minuman ini dikenal sebagai minuman khas dari kabupaten Ngawi.

Apakah daerahmu juga punya minuman khas? Jika iya silahkan dishare di kolom komentar biar traveler lainnya tahu dan bisa mencicipinya saat ngetrip di daerahmu.

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *