10 Pilihan Tempat Ngabuburit yang Asyik di Indonesia Timur

Ngabuburit menjadi kegiatan yang tak ketinggalan di bulan puasa. Sekedar jalan-jalan ke pantai atau taman kota sambil menunggu waktu berbuka menjadi kegiatan yang asyik dilakukan di sore hari apalagi dilakukan bersama dengan rombongan teman-teman dekat.

Meskipun jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia timur tidak terlalu banyak namun traveler muslim tetap semangat menjalaninya. Apalagi di timur negeri ini banyak spot keren yang bisa dijadikan tempat ngabuburit. Inilah 10 tempat ngabuburit pilihan di Indonesia Timur.

1. Pantai Kamali, Sulawesi Tenggara

Tempat ngabuburit pertama membawa traveler ke wilayah Sulawesi Tenggara tepatnya berada di kota Bau Bau. Kota ini memiliki tempat wisata dengan patung yang ikonik berbentuk naga. Tempat wisata tersebut bernama Pantai Kamali.

110-kamali

Pantai Kamali, via instagram

Pantai Kamali memiliki area pedestrian yang dibangun sepanjang pinggir pantai. Fasilitas seperti itu akan mengingatkan traveler semua pada kawasan pantai Losari di Makassar. Kebanyakan pengunjung akan menghabiskan waktu dengan bermain di sekitaran patung naga yang ikonik di Pantai Kamali.

2. Pantai Losari, Makassar

Untuk mengunjungi pantai ini sebenarnya tidak harus di bulan Ramadan sebab Pantai Losari di Makassar ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap hari. Tapi sensasi ngabuburit di pantai ini akan terasa lebih asyik di bulan puasa sambil nunggu waktu berbuka.

111-losari

Pantai Losari, via instagram

Pantai Losari memiliki garis pantai yang super panjang jadi biarpun pengunjungnya membludak mereka tak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat untuk bermain. Apalagi sunset pantai ini sangat indah. Tak jauh dari pantai ada masjid yang menjadi alarm saat waktu buka telah tiba.

3. Tembok Berlin, Papua Barat

Warga Papua Barat bisa ngabuburit ke Tembok Berlin. Jangan salah tembok yang fenomenal itu tidak hanya ada di Jerman namun ada juga di Sorong, Papua Barat. Tembok Berlin di timur Indonesia ini bukan tembok yang menjadi pemisah dua negara melainkan tembok batas antara jalan raya dan kawasan pantai.

112-tembok-berlin-sorong

Tembok Berlin, via instagram

Pada bulan puasa seperti sekarang akan ada banyak penjual takjil yang menggelar dagangan mereka di pinggir jalan. Sambil jalan-jalan traveler bisa sekalian membeli takjil dan langsung menikmatinya di pinggir pantai setelah waktu berbuka tiba.

4. Taman Nostalgia, Nusa Tenggara Timur

Bagi umat Muslim di Kupang patut berbangga karena memiliki Taman Nostalgia yang keren dan asyik untuk ngabuburit. Taman ini berada di kecamatan Oebobo, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Taman didesain sedemikian rupa untuk bisa memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung.
113-taman-nostalgia
Taman Nostalgia, via instagram

Di Taman Nostalgia ini juga terdapat Gong Perdamaian Nusantara yang merefleksikan kerukunan antar umat beragama. Buat yang mau berbuka puasa bareng teman-teman langsung saja pesan makanan ke pedagang kaki lima yang banyak berjualan di sekitar taman. Lebih mantab lagi traveler bisa sekaligus mengenang masa-masa lalu yang indah di kota tercinta.

5. Taman Nukila, Ternate

Pindah ke Ternate, untuk traveler muslim yang tinggal di daerah ini bisa ngabuburit ke Taman Nukila. Taman ini ditumbuhi oleh banyak pepohonan rindang yang menjadi tabir surya alami. Taman ini cukup representatif untuk dijadikan arena bermain bagi anak-anak.

114-nukila

Taman Nukila, via instagram

Taman Nukila memiliki suasana yang sejuk dengan hembusan angin sepoi-sepoi lantaran posisinya berada di sebelah pantai. Langsung saja ajak teman atau keluarga untuk menikmati suasana sore sambil menunggu berbuka di Taman Nukila.

6. Taman Mesran, Papua

Untuk traveler muslim yang ada di Papua ada satu tempat asyik untuk menunggu waktu berbuka yaitu Taman Mesran. Taman yang indah ini cukup terkenal sebagai salah satu tujuan rekreasi maka tak ada salahnya jika di bulan puasa melakukan ngabuburit ke taman ini.

115-mesran

Taman Mesran, via instagram

Taman Mesran yang terletak di kota Jayapura telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti arena permainan dan akses wifi. Banyak anak-anak muda yang datang bersama rombongan untuk nongkrong di taman ini. Kalau sudah ada di sana pasti lupa dengan lapar dan haus.

7. Pantai Falajawa, Ternate

Kembali lagi ke Ternate, ada satu spot yang tidak boleh terlewatkan oleh traveler yang mencari tempat ngabuburit asyik yaitu Pantai Falajawa. Pantai ini mudah ditemukan karena posisinya berada bersebelahan dengan sebuah taman yang terkenal yaitu Taman Nukila.

116-falajawa

Pantai Falajawa, via instagram

Pantai Falajawa akan ramai dikunjungi wisatawan pada sore hari menjelang waktu berbuka. Tidak jauh dari Pantai Falajawa ada masjid terapung yang sangat indah. Traveler bisa sekalian wisata religi ke masjid tersebut sambil salat magrib hingga tarawih berjamaah di sana.

8. Pantai Talise, Sulawesi Tengah

Kurang lengkap ngabuburit di Palu tanpa mengunjungi pantainya yang paling terkenal yaitu Pantai Talise. Pantai yang berbentuk teluk ini adalah salah satu objek wisata andalan kota Palu di Sulawesi Tengah. Tak heran jika setiap hari pantai ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

117-talise

Pantai Talise, via instagram

Pantai Talise menyuguhkan pemandangan pantai yang begitu tenang. Di sekitar pantainya banyak pedagang yang menjual makanan. Kondisi ini bisa dimanfaatkan oleh traveler yang sedang ngabuburit untuk membeli menu takjil untuk berbuka puasa.

9. Pantai Natsepa, Maluku Tengah

Daerah Ambon dikenal dengan pantai-pantainya yang indah oleh sebab itu rasanya ada yang kurang jika bulan puasa tidak ngabuburit ke salah satu pantainya. Satu pantai yang ramai dikunjungi di bulan puasa untuk ngabuburit adalah Pantai Natsepa.

118-natsepa

Pantai Natsepa, via instagram

Pantai Natsepa terletak di desa Suli, Ambon, Maluku Tengah. Di tempat ini traveler bisa menikmati keindahan pantai sambil bermain air tapi ingat jangan berenang nanti puasanya batal. Traveler juga bisa memutuskan untuk berbuka puasa di pinggir pantai sebab tak jauh dari pantai ini banyak kedai makanan yang siap melayani pengunjung.

10. Taman Renungan Bung Karno, Nusa Tenggara Timur

Pancasila yang menjadi ideologi bangsa Indonesia ini terlahir dari buah pikir salah satu pendiri bangsa yaitu Ir. Soekarno. Presiden pertama negara ini mendapatkan pemikiran tersebut bukan di Jakarta atau salah satu tempat di pulau Jawa melainkan di Nusa Tenggara Timur tepatnya di kota Ende.

119-taman-renungan

Taman Renungan Bung Karno, via instagram

Tempat dimana pernah digunakan bung Karno untuk merenung yang kemudian melahirkan rumusan Pancasila tersebut kemudian dinamakan dengan Taman Renungan Bung Karno. Di dalam taman ini terdapat patung bung Karno yang tengah duduk di sebuah bangku panjang. Patung ini pula yang kerap dijadikan lokasi untuk foto pengunjung. Nah, mumpung lagi puasa ngabuburit saja ke taman inspiratif ini.

Mana tempat ngabuburit favoritmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *