9 Kota di Indonesia Beserta Kembarannya di Dunia

Secara umum traveler telah lama mengenal kota Bandung dengan julukan Paris van Java atau kawasan Kota Lama Semarang yang berjuluk Little Netherland dan masih banyak lagi kota di Indonesia yang berjuluk “van” yang menyamakannya dengan kota-kota di negara lain. Tapi apakah iya jika secara resmi kota-kota yang disamakan tersebut memang benar-benar mirip dan memiliki ikatan?

Di dalam pemerintahan dikenal adanya istilah sister city atau kota kembar. Ini tidak lain merupakan konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan juga administrasi politik. Untuk kemudian kedua negara ini saling menjalin kerjasama atau hubungan di bidang kebudayaan dan kontrak sosial antar penduduk. Kerjasama ini terjalin karena adanya kesamaan demografi dan juga masalah-masalah yang dihadapi di masing-masing kota baik antar wilayah, provinsi hingga negara. Berikut Indonesia Flight rangkum 9 kota di Indonesia beserta dengan kembarannya di luar negeri.

1. Jakarta – Hong Kong

Dalam program sister city, satu kota bisa menjalin kerja sama kota kembar dengan multi kota di dalam mau pun luar negeri. Saat ini Daerah Khusus Ibukota Jakarta masih menempati urutan pertama dalam hal jumlah sister city di antara kota-kota lain di Indonesia dengan jumlah 49. Dari jumlah 49 tersebut terdapat nama-nama kota terkenal di berbagai negara, sebut saja London, Sydney, Kairo, Tokyo dan masih banyak lagi.

i-jakarta-hongkong

Jakarta – Hong Kong

Indonesia Flight akan fokus pada satu kota yang dianggap paling mirip atau kembar dengan Jakarta yaitu Hong Kong di China. Hong Kong yang notabene adalah Daerah Administratif Khusus bagian dari China ini digadang-gadang sebagai kota kembar Jakarta yang paling sesuai. Kedua kota telah menjalin kerjasama sister city sejak lama di berbagai bidang. Menariknya, salah satu sister city kota Jakarta adalah Paris, Perancis, padahal kota ini lebih identik dengan Bandung yang punya julukan Paris van Java.

2. Batam – Singapura

Bisa jadi di antara banyak daerah terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara lain hanya Batam. Kota yang tergarap dengan baik dan bisa bersaing dengan negara yang menjadi tetangganya yaitu Singapura. Bahkan kedua daerah tersebut telah tergabung dalam program sister city di mana keduanya menjalin kerjasama di bidang industri dan juga kebudayaan.

a-batam-singapura

Batam – Singapura

Walau masih terlihat kurang glamour dibanding Singapura, namun wajah Batam memang mulai terlihat mirip. Mulai dari kehidupan malam, resort wisata hingga bangunan-bangunannya. Menilik dari berbagai sumber selain dengan Singapura, Batam juga menjalin kota kembar dengan 8 kota lain. Tiga di antaranya adalah kota di dalam negeri yaitu Pekanbaru, Ambon dan Bandar Lampung. Kerjasama sister city terbaru kota Batam adalah dengan kota Gimje, Korea Selatan yang ditanda tangani pada tahun 2011 silam.

3. Bandung – Suwon

Bandung memiliki 25 sister city alias kota kembar baik itu ada di dalam maupun di luar negeri. Jumlah tersebut menempatkan Kota Kembang sebagai kota paling banyak nomor dua di Indonesia yang memiliki kembaran kota di bawah Jakarta dengan 49 sister city. Salah satu yang menjadi kota kembaran Bandung adalah kota Suwon di Korea Selatan.

b-bandung-suwon

Bandung – Suwon

Penandatanganan kerjasama antara kota Bandung dan Suwon dilakukan pada tanggal 27 Agustus 1997. Kerja sama tersebut meliputi bidang ekonomi, sosial budaya, pendidikan, kesenian dan olahraga. Bahkan monumen sister city kedua kota berbeda negara tersebut bisa traveler jumpai di simpang Jalan Jawa dan Jalan Merdeka, Bandung.

Suwon sendiri adalah sebuah kota yang terletak di bagian barat dari negara Korea Selatan, tepatnya di Provinsi Gyeonggi-do, dan hanya berjarak 30 km dari Seoul. Lebih menarik lagi dari 25 sister city yang dimiliki Bandung, tidak ada nama Paris sebagai salah satunya yang notabene sejak lama menjadi julukan kota ini.

4. Palembang – Rotterdam

Beralih ke Ibukota Sumatera Selatan, Palembang yang memiliki 13 sister city di berbagai dunia. Tercatat jika Kota Pempek ini punya kembaran kota dengan San Francisco, Vancouver, Busan, Sapporo, Barcelona dan masih banyak lagi termasuk yang paling intens adalah kerjasama dengan kota Rotterdam, Belanda.
c-palembang-rotterdam
Palembang – Rotterdam

Kerjasama sister city antara Palembang dan Rotterdam meliputi bidang pendidikan, pembangunan dan beberapa bidang lainnya. Sudah berulang kali pelajar dan mahasiswa antara kedua kota saling bertukar pengalaman hingga melakukan pertukaran pelajar antar kedua kota. Begitu pula kerjasama dalam bidang pembangunan atau infrastruktur, jadi jangan heran jika beberapa sudut kota Palembang terlihat mirip dengan Rotterdam ya!

5. Semarang – Brisbane

Semarang, terkenal dengan Kota Lama yang mendapatkan julukan Little Netherland karena banyaknya peninggalan bangunan Belanda di kawasan tersebut. Tapi di lingkup pemerintahan, kota ini tidak menjalin kerjasama sister city dengan Belanda lho, melainkan ada delapan kota kembar. Masing-masing adalah  Da Nang, Vietnam; Florida, Amerika Serikat; Kota Melaka, Malaysia; Tegucigalpa, Honduras; Brisbane, Australia; Samarinda, Palangkaraya dan Palu Indonesia.

d-semarang-brisbane

Semarang – Brisbane

Cukup menarik untuk membahas kota kembar antara Semarang dengan Brisbane. Kerjasama antara keduanya telah bertahan lebih dari 20 tahun dan kini semakin harmonis saja. Dalam beberapa pemberitaan antara Semarang dan Brisbane bahkan telah sepakat untuk mengembangkan kawasan Kota Lama melalui investasi. Hal tersebut diharapkan dapat makin mempererat hubungan di antara kedua kota. Mungkin traveler sudah pernah datang ke kawasan banjir Kanal Barat di Semarang? Jembatan di sana cukup mirip lho dengan jembatan di Brisbane.

6. Jogja – Kyoto

Traveler yang sering berlibur di Jepang sudah tahu belum jika ternyata Jogja punya saudara kembar di Negeri Matahari Terbit tersebut? Bagi yang belum tahu simak uraiannya berikut ini. Kota Jogja menjalin kerjasama kota kembar dengan kota Kyoto di Jepang. Kerjasama ini bisa terwujud lantaran kedua belah pihak memiliki kesamaan yaitu sama-sama dikenal sebagai kota kuno dan kota kebudayaan.

e-jogja-kyoto

Jogja – Kyoto

Karena kesamaan itulah kemudian dijalinlah kerjasama yang disebut dengan kota kembar atau sister city. Hal ini semakin diperkokoh dengan terbentuknya League of Historical Cities (LHC), di mana Yogyakarta adalah satu-satunya kota di Indonesia yang menjadi anggota dari Liga Kota-Kota Bersejarah / League of Historical Cities (LHC) yang berpusat di Kyoto, Jepang. Kata traveler yang sudah pernah datang baik ke Kyoto maupun Jogja, setuju jika kedua kota tersebut memiliki nuansa yang mirip.

7. Malang – Varazdin

Ada kisah romantis antara Malang dan Varazdin, Kroasia yang mana keduanya baru saja mentahbiskan sebagai kota kembar di tahun 2015. Ternyata penetapan kerjasama sebagai sister city antara kedua kota dilatar belakangi kesamaan, berupa banyaknya peninggalan bangunan bersejarah yang masih terpelihara hingga sekarang.

g-malang-varazdin

Malang – Varazdin

Selain karena banyak kesamaan, kerjasama yang diwujudkan dalam bentuk kota kembar ini juga mencakup banyak bidang. Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan potensi masing-masing kota yang menjalin kerjasama. Kota Varazdin sendiri merupakan sebuah kota seluas 34,22 kilometer persegi di Kroasia bagian utara, berjarak 81 kilometer dari kota Zagreb.

8. Surabaya – Kochi

Surabaya yang notabene adalah kota terbesar kedua di Indonesia menjalin kota kembar dengan banyak kota di dunia salah satunya adalah Kota Kochi di Jepang. Kerjasama ini telah mereka lakukan sejak tahun 1997. Bentuk kota kembar tersebut dituangkan dalam kerjasama di bidang ekonomi, pendidikan dan kebudayaan.

f-surabaya-kochi

Surabaya – Kochi

Kota Kochi yang merupakan sebuah ibukota Prefektur Kochi yang berada di Pulau Shikoku, bagian selatan Kepulauan Jepang ini, telah intens berhubungan dengan pemkot Surabaya. Hal ini bisa dilihat melalui pelatihan di bidang tata kelola pemerintahan, pertukaran kebudayaan serta kerjasama ekspor impor.

9. Bali – Phuket

Daftar yang terakhir ini masih menjadi tanda tanya hingga saat ini. Kota kembar antara Bali dan Phuket, Thailand kelihatannya akan menjadi duet wisata yang bakal disegani. Rumor sister city antara keduanya telah beredar sejak tahun 2004 silam. Namun ada pemberitaan yang mengatakan bahwa Phuket telah menolak kerjasama ini dengan alasan keamanan, mengingat pada tahun itu Bali sedang mendapat ancaman teror.

h-bali-phuket

Bali – Phuket

Tapi pemberitaan dua tahun berselang mengatakan bahkan Phuket tertarik menjalin kerjasama tersebut. Beberapa media asing bahkan telah memberitakan jika kedua kota tersebut memang sudah menjalin kerjasama sister city. Tapi dari media lokal sendiri belum ada yang mengkonfirmasi kebenaran berita tersebut. Padahal antara Bali dan Phuket memang terlihat serasi jika disandingkan mereka sama-sama menjadi ikon wisata paling populer di masing-masing negaranya.

Nah ternyata julukan sebuah kota kadang hanya berdasarkan penilaian subjektif dari masyarakat di sekitarnya kan? Kenyataannya dalam urusan legalitas tidak satupun kota-kota yang menyandang julukan kembar dengan kota lain di luar negeri itu menjalin kerjasama yang intensif khususnya dalam program sister city atau kota kembar. Apa sister city kotamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *