Top 10 Pantai Terbaik di Indonesia Pilihan Traveler Tahun 2016

Mengaku beach holic? Informasi berikut ini akan sangat sayang untuk kamu lewatkan sebab kali ini kami akan mengulas satu persatu deretan pantai terbaik di Indonesia pilihan para traveler tahun 2016. Pantai-pantai dalam daftar ini dipilih atas review yang bagus dari para traveler yang pernah berkunjung ke lokasi.

Daftar pantai terbaik di Indonesia tahun 2016 pilihan traveler ini adalah hasil survey dari situs traveling terkemuka yakni TripAdvisor. Penentuan peringkatnya didasarkan atas ulasan para traveler pengguna situs tersebut dan yang pasti mereka sudah pernah datang langsung ke lokasi. Penghargaan ini tentu sangat prestisius bagi pantai-pantai yang terpilih karena penilaian model seperti ini dianggap paling jujur dari hati traveler itu sendiri. Inilah hitung mundur Travellers’ Choice 2016, kategori pantai terbaik di Indonesia.

10. Pantai Tanjung Tinggi – Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Pantai Tanjung Tinggi di Belitung menjadi satu dari sedikit pantai yang masih bertahan di jajaran top 10 pantai terbaik versi TripAdvisor Travelers’ Choice. Sebelumnya di tahun 2015 pantai ini juga masuk ke dalam daftar yang sama dengan menempati ranking 5. Pantai Tanjung Tinggi mulai dikenal luas setelah digunakan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi.

60-tanjung-tinggi-beach

Pantai Tanjung Tinggi, via instagram

Pantai ini memiliki pasir yang putih serta batuan granit besar yang menjadi ciri khasnya. Tak cuma itu, air laut pantai ini juga sangat jernih dengan ombak yang tenang sehingga traveler yang datang kesana sangat suka untuk bermain di air. Pantai Tanjung Tinggi mudah untuk diakses, letaknya hanya 30 km dari pusat kota Tanjung Pandan. Buat traveler yang berlibur ke Belitung, wajib hukumnya mampir ke pantai ini. Untuk urusan penginapan ada banyak pilihan hotel terjangkau di Belitung dengan tarif kurang dari 500 ribu, sebut saja beberapa diantaranya Belitong Inn, Hotel Tamara, MaxOneHotels Belstar Belitung, Bahamas Resort & Hotel dan masih banyak lagi.

9. Pantai Tanjung Aan – Lombok, Nusa Tenggara Barat

Tahun lalu Pantai Tanjung Aan berada satu step di atas Pantai Tanjung Tinggi tapi posisinya di peringkat 4. Meski kini melorot ke posisi 9 tetapi pantai ini cukup berhasil mempertahankan prestasinya sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia. Pantai Tanjung Aan berada di Pulau Lombok, provinsi Nusa Tenggara Timur.

59-tanjung-aan-beach

Pantai Tanjung Aan, via instagram

Pantai ini cukup terkenal karena keunikan pasir pantainya dimana satu sisi pantai berupa pasir putih sedangkan di sisi lainnya pasirnya berbentuk bulat-bulat yang dikenal dengan julukan pasir merica. Di tengah Pantai Tanjung Aan juga terdapat ayunan cinta yang mirip dengan ayunan di Pantai Senggigi. Beberapa hotel murah di Lombok yang bisa jadi pilihan antara lain 7SEAS Cottages, Pesona Resort, dan Sunset House Lombok yang menawarkan tarif per malam di bawah 500 ribu.

8. Pantai Bingin – Pecatu, Bali

Pantai Bingin di Pecatu, Bali menjadi salah satu pendatang baru tahun ini dalam jajaran pantai terbaik di Indonesia menurut Travelers’ Choice. Pantai Bingin berada di dekat Pantai Dreamland yang hanya terpisahkan oleh tebing. Pantainya memiliki pasir putih yang kasar khas pantai selatan dan yang pasti pantai ini punya ombak bagus untuk berselancar.

58-nina-s-restaurant

Pantai Bingin, via instagram

Pantai Bingin sendiri bukanlah hal yang baru buat para wisatawan asing yang hobi surfing. Sebab banyak review dari traveler lokal yang mengatakan bahwa jumlah kunjungan di pantai Bingin didominasi oleh bule. Menariknya lagi di sekitar pantai ini telah berdiri banyak pilihan akomodasi murah meriah berupa private villa mulai dari tarif Rp. 150 ribu hingga Rp. 250 ribu per malam.

7. Pantai Jemeluk – Amed, Bali

Satu-satunya pantai yang berada dalam posisi stagnan dari tahun lalu adalah Pantai Jemeluk di Bali. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Amed di desa Purwakerti, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Traveler yang melakukan start dari ibukota kabupaten Karangasem, Amlapura jaraknya hanya 20 kilometer. Pantai ini termasuk pendatang baru di kalangan pantai-pantai populer di Bali.
67-jemeluk-beach-amed
Pantai Jemeluk, via instagram

Sebelumnya pantai yang memiliki pasir berwarna hitam ini adalah pantai tempat nelayan mencari ikan dan membuat garam. Tapi lambat laun karena keindahannya dimana bukan hanya alam bawah lautnya yang indah namun juga daratannya yang menampilkan wajah Gunung Agung sebagai latar belakang menjadikan pantai ini kian dikenal wisatawan.

6. Pantai Mawun – Lombok, Nusa Tenggara Barat

Untuk pertama kalinya masuk ke dalam daftar pantai terbaik di Indonesia, Pantai Mawun langsung menyodok di urutan ke-6 menggeser sederet pantai keren yang tahun lalu sempat bertengger seperti Pantai Tanjung Papuma di Jember hingga Pantai Pink di Pulau Komodo. Pantai Mawun adalah salah satu dari deretan pantai yang berada di pesisir selatan pulau Lombok dan tergolong sebagai pantai tersembunyi.

56-pantai-mawun

Pantai Mawun, via instagram

Pantai Mawun bisa traveler jangkau dengan berkendara dari Pantai Kuta, Lombok selama 20 menit saja. Pantai ini masih relatif sepi jika dibanding pantai-pantai lain di Lombok yang sudah terkenal. Bagi yang suka berjemur, pantai ini cocok karena memiliki matahari yang sangat terik bahkan lebih panas ketimbang di Bali, tentu jangan ketinggalan untuk memakai tabir surya sebelum memutuskan panas-panas di pasir pantainya.

5. Pantai Geger – Nusa Dua, Bali

Menemani Pantai Bingin di Bali dan Pantai Mawun di Lombok, Pantai Geger juga baru pertama kali ini masuk dalam daftar pantai terbaik pilihan traveler dan langsung mengkudeta Pantai Tanjung Tinggi dari singgasananya di posisi lima. Mungkin traveler akan sedikit kesulitan menemukan lokasi pantai ini. Tapi mereka tidak perlu repot, cukup mencari rute menuju Nikko resort, Bali pasti ketemu dengan pantai berpasir putih ini.

55-sea-shore

Pantai Geger, via instagram

Pantai Geger berada di kawasan Nusa Dua dan menjadi private beach dari resor mewah bernama Nikko Resort. Semestinya yang bisa ke pantai ini adalah tamu resor tersebut dimana untuk menginap sehari saja di resor tersebut traveler harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah. Tapi tenang beberapa backpacker banyak yang memberi tips berkunjung tanpa harus menguras kantong yaitu dengan melewati gang kecil sebelum pintu masuk resor. Inilah yang sering dijadikan jalan tikus bagi para backpacker.

4. Pantai Selong Belanak – Lombok, Nusa Tenggara Barat

Baru pertama terpilih menjadi pantai terbaik di Indonesia, Pantai Selong Belanak langsung nyaman menduduki posisi 4 besar. Pantai ini cukup menarik untuk dikunjungi karena memiliki karakteristik yang berbeda dengan pantai di sisi selatan Lombok lainnya. Jika biasanya pantai selatan identik dengan pasir putih yang kasar maka tidak dengan pasir di Pantai Selong Belanak.

54-beautiful

Pantai Selong Belanak, via instagram

Pasir Pantai Selong Belanak juga berwarna putih tapi sangat lembut bahkan jika diinjak rasanya sangat halus di telapak kaki seperti menginjak tepung. Pantai Selong Belanak berjarak 60 kilometer dari Mataram dan bisa ditempuh dengan perjalanan selama 2 jam. Percayalah pantai ini sangat layak untuk disinggahi dan cukup pantas menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

3. Pantai Nusa Dua – Bali

Pantai Nusa Dua di Bali memang tidak pernah kehilangan pesonannya. Meski secara peringkat turun dua step dari tahun lalu tapi masih banyak traveler yang mempercayakan salah satu posisi pantai terbaik di dalam negeri pada pantai ini. Pantai yang identik dengan pasir putih, perairan dangkal dan ombak tenang ini memang selalu berhasil menyita perhatian banyak wisatawan.

53-nusa-dua-beach

Pantai Nusa Dua, via instagram

Pantai Nusa Dua berada bersebelahan dengan Tanjung Benoa sehingga pantai ini termasuk salah satu pusat keramaian. Meski demikian pantai ini cukup nyaman untuk dikunjungi terutama liburan bersama keluarga dan anak-anak. Traveler akan merasa cukup aman untuk mengajak anak-anak nyebur ke dalam laut yang memang dangkal dan berombak tenang.

2. Pantai Balangan – Bali

Satu step di bawah pemuncak daftar pantai terbaik di Indonesia pilihan traveler adalah Pantai Balangan. Pantai ini terletak di Bali selatan atau berada di kawasan Uluwatu. Cukup berkendara 40 menit dari Kuta traveler akan sampai di pantai ini. Rutenya cukup mudah karena searah dengan obyek wisata terkenal lainnya seperti GWK, Pantai Dreamland hingga Pantai Pandawa.

52-balangan-beach-bali-indonesia

Pantai Balangan, via instagram

Pantai Balangan terkenal memiliki pasir yang putih dan air yang sangat jernih. Traveler bakal betah berlama-lama di pantai ini buat sekedar foto-foto atau pun bermain-main di airnya. Hanya saja traveler yang mau berenang harap selalu berhati-hati sebab pantai ini memiliki ombak yang lumayan besar.

1. Gili Meno – Lombok, Nusa Tenggara Barat

Akhirnya kita sampai di urutan paling wahid, dan pemilik predikat sebagai pantai paling top di Indonesia tahun 2016 menurut traveler adalah Pantai Gili Meno. Gili Meno sendiri adalah salah satu dari tiga gugusan pulau di tengah pantai pulau Lombok bersama Gili Trawangan dan Gili Air. Belum banyak traveler yang datang ke pulau kecil ini sebab semua mata masih tertuju pada pulau terbesar yang sekaligus paling populer yaitu Gili Trawangan.

51-mahamaya-beach

Mahamaya Beach, via instagram

Gili Meno juga dikelilingi oleh pantai-pantai berpasir putih yang keren. Ukurannya yang kecil memungkinkan traveler mengelilingi garis pantainya secara utuh dengan berjalan kaki kurang dari 2 jam. Pantai ini dihuni oleh sekitar 400 warga jadi suasananya masih sangat sepi. Jadi kalau traveler mau liburan di tempat keren yang masih sepi melipir saja ke Gili Meno.

Pastikan tahun ini kamu mengunjungi salah satu pantai terbaik di Indonesia pilihan traveler pada daftar di atas. Dijamin liburanmu akan semakin seru dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *