10 Tujuan Wisata Dunia Paling Top Untuk Terbebas dari Teknologi

Teknologi memang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia karena dapat memperingan pekerjaan mereka dengan catatan teknologi digunakan sesuai dengan kebutuhan. Seperti alat komunikasi misalnya, kalau digunakan sesuai kebutuhan maka kehadiran alat komunikasi yang canggih bisa mempererat tali silaturahmi dengan keluarga dan rekan di tempat jauh.

Di sisi lain teknologi memiliki efek samping yang bisa membuat penggunanya kecanduan. Pada tahap inilah kamu perlu sesekali kabur dari jeratan teknologi dan menikmati hidup yang lebih nyata. Kebetulan baru-baru ini situs pencarian traveling Muslim, HalalTrip merilis daftar 10 destinasi terbaik mereka yang salah satunya berupa daftar tempat traveling untuk bebas dari teknologi baik itu ponsel pintar maupun tablet. Mana sajakah tempat-tempat itu? Berikut ini rangkumannya

1. Mui Ne, Vietnam

Digital detox adalah jenis traveling yang memungkinkan traveler untuk pergi ke tempat-tempat yang jauh dari jangkauan sinyal telekomunikasi biar mereka tidak kecanduan dengan perangkat gadget. Ini menjadi salah satu resolusi traveling 2016 yang paling banyak diminati traveler dunia. Salah satu tempat menurut HalalTrip yang paling pas untuk liburan ala digital detox adalah Mui Ne di Vietnam.

95-Mui-Ne

Mui Ne, Vietnam [image source]

Jauh-jauh hari Mui Ne dikenal sebagai kota nelayan yang sepi hingga akhirnya dalam beberapa dekade ini wajahnya berubah total menjadi sebuah resor mewah. Mui Ne kini menjadi salah satu andalan tujuan wisata di Vietnam dimana di pesisir pantainya telah berdiri banyak hotel mewah. Selain itu tawaran pantai yang eksotis untuk sekedar berjemur atau melakukan banyak olah raga air yang menatang menjamin traveler yang datang tidak akan betah hanya tinggal diam bermain dengan ponsel pintarnya tanpa menceburkan diri ke laut.

2. Black Forest, Jerman

Jerman memiliki banyak sekali pilihan tempat berlibur yang keren-keren namun HalalTrip merekomendasikan Black Forest sebagai tujuan berlibur yang paling menyenangkan. Ini adalah wilayah pegunungan dengan hutan cemara yang mendominasi menampilkan panorama indah dan sedikit mistis lantaran sering menjadi inspirasi kisah dongeng menyeramkan.

96.-Black-Forest-Germany

Black Forest, Jerman [image source]

Tapi kenyataannya Black Forest adalah tempat paling ampuh untuk mengalihkan dunia seseorang yang ketergantungan dengan teknologi ponsel pintar atau perangkat gadget lainnya. Suasana pedesaan yang tenang, cuaca yang bagus dan pemandangan alam yang sangat indah bak negeri dongeng bisa membuat siapa saja terlena dan lupa dengan ponsel pintarnya. Black Forest dikenal juga sebagai daerah penghasil jam dinding dengan burung yang keluar saat berdentang.

3. Bali, Indonesia Tujuan Wisata Mewah dan Murah Meriah

Keindahan alam pulau Bali di Indonesia tidak perlu diragukan. Pulau yang terkenal dengan pantainya yang sempurna berpasir putih serta hutan yang rimbun berpadu dengan area persawahan terasiring yang menghijau dilengkapi dengan resor mewah dimana-mana menjadikan Pulau Dewata sebagai destinasi yang sempurna baik untuk liburan keluarga hingga bulan madu.

97-Bali-Indonesia

Bali, Indonesia [image source]

Wajib hukumnya menjadikan Bali sebagai destinasi traveling mengingat pulau ini baru saja dinobatkan sebagai salah satu tujuan berlibur paling top di dunia. Indahnya alam Bali akan menghipnotis traveler untuk lebih memilih menikmati liburan ketimbang asyik dengan gadget mereka. Memang sangat sayang pemandangan indah seperti di Bali jika tidak dinikmati sepenuh hati.

4. Santorini, Yunani

Santorini adalah desa kuno di tepi tebing pulau Aegean, pulau paling terkenal di Yunani dan seluruh dunia. Desa ini dikenal memiliki bangunan serba putih bersih yang menghadap ke laut. Pemandangan sunset dari desa ini sangat menakjubkan dan membuat mata sapa saja akan terpana melihatnya.
98-Santorini-Greece
Santorini, Yunani [image source]

Disamping menawarkan pemandangan desa kuno di bibir tebing, Santorini juga punya banyak pantai yang indah. Apalagi mengingat bahwa Pulau Aegean adalah pulau vulkanik yang dipenuhi dengan keunikan geologi. Sudah pasti liburan di sana akan memberikan kenangan manis yang tidak terlupakan seumur hidup yang berarti juga traveler akan lupa barang sejenak dengan perangkat ponsel pintar atau laptop mereka.

5. Kravice Falls – Trebizat River, Bosnia dan Herzegovina

Tidak ada cara yang lebih baik untuk melupakan ketergantungan terhadap gadget selain menghabiskan waktu liburan dengan mengagumi salah satu wisata alam yang paling menakjubkan di dunia, yaitu air terjun Kravice. Air terjun Kravice adalah air terjun di aliran sungai Trebizat yang berada di negara Bosnia dan Herzegovina.

99-Kravice-Falls

Kravice Falls – Trebizat River, Bosnia dan Herzegovina [image source]

Selain memiliki estetika visual yang luar biasa indahnya, air terjun Kravice juga menjadi salah satu tempat berenang yang disukai pengunjung. Aliran sungai Trebizat dan air terjun Kravice membentuk perpaduan alam yang begitu mempesona, traveler akan rela berpaling dari ponsel mereka dan memilih menghabiskan waktu memandangi keindahan alam ciptaan Tuhan ini.

6. Boracay, Filipina

Salah satu tempat wisata terbaik di Filipina yang sekaligus menjadi sasaran liburan wisatawan dunia adalah Boracay. Ini adalah tempat impian untuk berlibur karena disana menampilkan pantai pasir putih yang beradu dengan laut biru bak kristal. Perpaduan ini menghasilkan gambaran lingkungan yang sangat sempurna.

100-Boracay

Boracay, Filipina [image source]

Di Boracay traveler akan rela menghabiskan waktunya sepanjang hari hanya untuk sekedar duduk santai di pinggir pantai atau membaur dengan melakukan banyak kegiatan air yang ditawarkan operator tur lokal. Sejenak traveler akan lupa akan asyiknya chatting atau segala aktivitas di dunia maya.

7. Kathmandu, Nepal

Kathmandu sebagai ibukota Nepal memang tengah populer sebagai tujuan wisata dunia. Andalan utama kota ini dalam menyambut wisatawan adalah dengan memamerkan aneka bangunan tua berupa candi dan kuil-kuil kuno yang bertebaran di wilayahnya.

101-Kathmandu-Nepal

Kathmandu, Nepal [image source]

Yap, Kathmandu memang dikenal sebagai rumahnya bangunan tua yang monumental serta kaya dengan tradisi dan spiritualnya. Banyak yang bilang jika ibukota Nepal ini adalah harta karun bagi traveler yang suka dengan sejarah.

8. Byron Bay, Australia

Setidaknya ada lima keajaiban yang membuat traveler yang berkunjung ke Byron Bay di Australia akan lupa dengan perangkat gadget mereka. Pertama, menikmati pantainya dengan beragam aktivitas dari sekedar bersantai, berselancar, berkayak dengan lumba-lumba hingga menyelam. Kedua, Byron Bay adalah tempat berkumpulnya kuliner lezat yang wajib dicicipi.

102-byronByron-Bay-Australia

Byron Bay, Australia [image source]

Ketiga, melakukan kegiatan ekstrim berupa terbang layang atau naik gantole. Keempat menikmati keindahan alamnya mulai dari matahari terbit di pantai, kemudian menjelajahi hutan yang lebat serta melihat hiu-hiu yang berenang hingga ke pinggiran. Yang terakhir adalah menikmati pusat refleksi baik itu yoga, akupuntur, spa, pilates dan masih banyak lagi. Masih kepikiran bermain ponsel dengan segala kelebihan itu?

9. Lombok, Indonesia

Sudah tidak diragukan lagi jika Lombok menjadi tempat yang sempurna untuk melakukan traveling model digital detox. Pulau di timur Bali ini memberikan banyak pilihan untuk wisatawan. Bagi yang hobi petualangan bisa mendaki gunung Rinjani yang elok dan paling indah seantero negeri.

103-Gili-Islands-Lombok-Indonesia

Lombok, Indonesia [image source]

Bagi yang suka dengan laut, tinggal pilih dari puluhan atau bahkan ratusan pantai eksotis di Lombok. Pulau ini terkenal memiliki pulau-pulau kecil yang dikenal dengan sebutan gili. Setidaknya ada tiga yang paling terkenal yaitu Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Semua aktivitas seru di Lombok bakal bikin traveler lupa dengan ponselnya.

10. Kiruna, Swedia

Kiruna adalah destinasi yang tepat untuk pergi berlibur dan terbebas dari belenggu smartphone. Pasalnya kota ini memiliki segudang pilihan aktivitas di luar ruangan yang begitu menyenangkan. Pada musim dingin seperti ini Kiruna menawarkan kegiatan bermain ski, papan salju, dan kereta anjing, hingga memancing di es.

104-Kiruna-Sweden

Kiruna, Swedia [image source]

Pada musim panas sekitar bulan Juni dan Juli kota ini akan mendapatkan cahaya matahari yang hangat setiap harinya. Saat itu traveler bisa melakukan trekking ke Kebnekaise, gunung tertinggi di Swedia. Atau pilihan kegiatan lain adalah jalan-jalan di perkotaan dan melihat aneka bangunan kuno salah satunya Kiruna Kyrka, salah satu bangunan terbesar di Swedia dan termasuk gereja tertua di sana.

Itulah tadi daftar destinasi wisata yang bakal membuatmu terbebas dari ketergantungan teknologi baik itu smartphone maupun tablet. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *