6 Tempat di Indonesia yang Katanya Dapat Membuat Hubungan Langgeng

Siapa sih yang tidak ingin punya hubungan langgeng hingga akhir hayat memisahkan? Mereka yang sedang menjalin hubungan asmara saja sampai dibela-belain untuk tidak datang ke tempat-tempat yang memiliki mitos merenggangkan hubungan. Sebaliknya kalau berlibur pasangan-pasangan ini memilih tempat yang dipercaya dapat membuat hubungan awet.

Beberapa tempat wisata menjadi kian menarik karena memiliki mitos, baik membuat putus hubungan, melanggengkan hubungan atau ada juga yang mengentengkan jodoh. Terlepas dari benar tidaknya mitos tersebut yang pasti adanya kepercayaan yang berkembang ini malah makin membuat tempat wisata ramai dikunjungi. Buat kamu yang percaya mitos dan sedang memiliki pasangan, coba deh ajak pasanganmu berlibur ke tempat-tempat yang katanya dapat melanggengkan hubungan berikut ini.

1. Pemandian Yeh Sanih, Bali

Bali selalu menjadi salah satu pulau paling romantis di dunia. Image tersebut makin lengkap dengan hadirnya sebuah tempat wisata yang dipercaya bisa membuat hubungan sepasang kekasih menjadi makin awet. Cobalah berkunjung ke Pemandian Yeh Sanih dan buktikan sendiri mitos yang berkembang di sana.

Pemandian Yeh Sanih terletak di Desa Sanih, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali. Kolam yang dikenal warga sejak tahun 1930-an ini memiliki beberapa keunikan. Pertama kolam ini punya air yang tawar padahal lokasinya sangat dekat dengan Pantai Lovina yang seharusnya mempengaruhi rasa air yang ada di sekitarnya menjadi asin.

15-yeh-sanih

Pemandian Yeh Sanih, Bali, via instagram

Warga sangat percaya jika air tawar tersebut berasal dari Danau Batur yang letaknya sangat jauh dari pantai sehingga memberikan rasa tawar. Keunikan berikutnya adalah mengenai mitos yang berkembang di masyarakat. Mereka percaya jika pasangan kekasih mandi di kolam ini maka hubungan mereka akan langgeng. Tidak diketahui siapa yang pertama menyebarkan mitos ini, namun hingga kini mitos tersebut masih dipercaya baik warga setempat maupun pengunjung yang datang.

2. Kebun Raya Bogor, Bogor

Selain menyimpan sisi mistis di kawasan jembatan gantung yang dipercaya dapat membuat hubungan seseorang tidak akan awet, Kebun raya Bogor ternyata memiliki tempat lain yang bisa dibilang sebagai penawar dari mitos di jembatan gantungnya. Adalah pohon cinta yang konon dapat membuat hubungan makin mesra dan awet.

Pohon cinta ini berupa dua pohon besar yang tumbuh berdampingan. Meski terlihat mirip namun sebenarnya kedua pohon ini berasal dari jenis yang berbeda lho. Satu pohon merupakan jenis meranti dan satunya lagi berjenis beringin. Kedua pohon ini tumbuh berdampingan layaknya sepasang kekasih hingga banyak yang menyebutnya sebagai lambang cinta dari Bogor.

18-kebiun-raya-bogor

Pohon Cinta Kebun Raya Bogor, Bogor, via instagram

Di antara kedua pohon ini kemudian ditaruh kursi untuk bersantai. Di sanalah traveler bisa membuktikan mitos yang beredar dimana menyebutkan bahwa sepasang kekasih yang duduk berduaan di bawah pohon ini makan akan membuat hubungan mereka awet dan langgeng.

3. Jembatan Cinta Pulau Tidung, Kepulauan Seribu

Sudah hampir pasti jika suatu obyek wisata yang punya mitos dapat mendekatkan jodoh dan melanggengkan hubungan selalu ramai dikunjungi traveler. Umumnya mereka datang dengan masing-masing pasangan dengan harapan hubungan mereka bisa langgeng beneran dengan berkunjung ke tempat tersebut.

Begitu pula dengan Pulau Tidung, salah satu pulau di Kepulauan Seribu, DKI. Jakarta. Di pulau ini terdapat jembatan penghubung antara pulau Tidung Besar dengan Kecil yang dinamakan dengan Jembatan Cinta. Jembatan sepanjang 800 meter ini dipercaya memiliki mitos yang bisa membuat cinta abadi.

16-jembatan-cinta

Jembatan Cinta Pulau Tidung, via instagram

Caranya adalah, mereka diminta untuk menyeberangi jembatan tersebut bersama pasangannya dan setelah itu hubungan mereka dipercaya akan langgeng. Bukan hanya menyeberangi jembatan saja, ada mitos lain yang mengatakan bahwa setiap pasangan yang melompat bareng dari jembatan ke laut maka hubungan mereka tidak akan terpisahkan hingga ajal menjemput. Kamu bisa membuktikan sendiri benar tidaknya mitos tersebut dengan berkunjung ke sana bersama pasanganmu.

4. Pulau Kemaro, Palembang

Kemaro adalah nama sebuah pulau di tengah Sungai Musi di Palembang. Di tengah pulau kecil ini ada pohon besar yang dikelilingi pagar. Pohon inilah yang kemudian dikenal dengan nama pohon cinta. Konon siapa saja yang menuliskan namanya beserta pasangannya di pohon ini, hubungan mereka akan terjalin abadi.

Mitos ini berawal dari suatu legenda yang menceritakan kisah cinta antara Siti Fatimah dan Tan Bun An. Siti Fatimah adalah puteri raja kerajaan Palembang yang jatuh cinta pada seorang saudagar Tionghoa bernama Tan Bun An. Sepulang dari China, pasangan ini diberi hadiah 7 guci yang ternyata isinya adalah sayuran bukannya emas. Tan Bun An yang mengetahui langsung menendang guci-guci tersebut kedalam sungai Musi namun guci terakhir yang ditendang pecah dan berisi emas.

20-kemaro

Pulau Kemaro, via instagram

Ia yang kaget lantas langsung masuk ke dalam sungai berniat mengambil guci-guci yang sudah ditendangnya. Sayang setelah beberapa lama ia tidak muncul juga, melihat itu Siti Fatimah akhirnya juga masuk ke dalam sungai untuk mencari suaminya. Sayang mereka berdua akhirnya tidak ada yang kembali ke permukaan. Nah, pohon yang ada di tengah Pulau Kemaro inilah yang kemudian dipercaya warga sebagai lambang cinta sejati dua tokoh tersebut.

5. Pulau Asmara di Situ Patenggang, Bandung

Tempat berikutnya yang dipercaya dapat membuat hubungan menjadi awet adalah Pulau Asmara di Situ Patenggang. Pulau ini terletak di tengah danau di dekat Kawah Putih Ciwidey, Bandung. Pulau mungil ini unik, selain punya mitos membuat hubungan langgeng, bentuk pulau itu sendiri jika dilihat dari atas berbentuk seperti hati.

17-situ-patenggang

Batu Cinta di Pulau Asmara, Situ Patenggang, Bandung, via instagram

Di tengah Pulau Asmara terdapat Batu Cinta. Mitosnya adalah, pasangan mana saja yang datang ke Batu Cinta serta mengelilingi Pulau Asmara, maka cinta sepasang sejoli tersebut akan abadi hingga akhir hayat nanti. Namanya sebuah mitos, traveler boleh percaya atau tidak, yang pasti adanya mitos ini menjadi daya tarik sendiri bagi traveler untuk berkunjung ke sebuah obyek wisata.

6. Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu

Tempat terakhir yang konon dapat membuat awet hubungan adalah Pulau Bidadari. Sama dengan Pulau Tidung, pulau ini berada di kawasan Kepulauan Seribu, DKI. Jakarta. Buat traveler yang ingin hubungannya dengan pasangan awet hingga tua cobalah datang ke pulau ini untuk membuktikan mitosnya.

19-awet-jodoh

Pohon Cinta di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, via instagram

Di Pulau Bidadari, ada yang namanya pohon cinta yang dipercaya bisa membuat hubungan sepasang kekasih menjadi awet. Tidak susah menemukan pohon ini, meski di pesisir pulau tersebut banyak tumbuh pohon serupa namun Pohon Cinta selalu menjadi pusat perhatian turis yang berkunjung sehingga menemukannya bukanlah hal yang sulit.

Itulah keenam tempat yang katanya memiliki mitos dapat membuat hubungan asmara menjadi awet. Tertarik untuk membuktikannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *