Bali dan 6 Lokasi Terbaik Untuk Melangsungkan Pernikahan di Bawah Air

Sejumlah traveler yang sudah berkeliling ke berbagai belahan dunia akan menemukan hal-hal seru yang tidak diperoleh semua orang. Dari situ kemudian mereka memiliki cara kreatif tersendiri untuk menjalani hidupnya termasuk urusan pernikahan. Sejumlah pasangan traveler memilih menggelar pernikahan mereka dengan cara yang unik atau bisa dibilang ekstrim yang salah satunya adalah dengan melangsungkannya di bawah air.

Menanggapi tren pernikahan bawah air yang tengah digandrungi ini membuat beberapa event organiser bekerja sama dengan operator tur untuk membuat venue pernikahan di bawah air. Umumnya tempat tersebut berada di pulau-pulau tropis yang memiliki laut dengan visibilitas yang jernih. Kalau kamu juga punya rencana menikah sambil menyelam, Indonesia Flight rangkumkan 7 spot terbaik untuk melangsungkan pernikahan di bawah air.

1. Bora Bora – Polinesia Prancis

Bora Bora merupakan salah satu pulau paling romantis di dunia. Terletak di Samudera Pasifik dan berada dekat dengan Tahiti sebenarnya pulau ini adalah milik Prancis. Pulau ini dikelilingi oleh sebuah laguna dan deretan terumbu karang dengan perairan yang sangat jernih. Dengan segala kelebihannya Bora Bora menjadi tujuan traveling internasional yang begitu terkenal dengan resor aqua-centric yang mewah.

Bora Bora – Polinesia Prancis [via Instagram @boraboraunderwaterwedding]
Bora Bora – Polinesia Prancis [via Instagram @boraboraunderwaterwedding]

Salah satu fasilitas keren yang bisa traveler jumpai di Bora Bora adalah venue pernikahan di dasar laut. Pasangan kekasih yang ingin menggelar pernikahan di bawah air bisa datang ke pulau ini. Pihak penyelenggara telah menyiapkan spot di kedalaman 4 meter lengkap dengan hiasan bunga serta altar yang dihias dengan mutiara indah. Pasangan pengantin dan pendeta akan dipakaikan helm seperti astronot untuk membuat mereka tetap bisa bernafas dan berkomunikasi. Untuk melakukan upacara pernikahan selama 20 menit di bawah laut Bora Bora, pasangan pengantin harus merogoh kocek hingga Rp. 40 juta lebih.

2. Cabo San Lucas – Meksiko

Cabo San Lucas adalah daerah di ujung selatan dari Semenanjung Baja California, Meksiko. Daerah ini terkenal akan pantai, lokasi scuba diving serta kehidupan malam. Salah satu operator menyelam, Nautilus Dive Tech menawarkan beragam aktivitas menyelam biasa hingga acara pernikahan bawah laut yang mengambil lokasi di Teluk Cabo San Lucas.

Cabo San Lucas -Meksiko [via Instagram @adamkentphotography]
Cabo San Lucas -Meksiko [via Instagram @adamkentphotography]

Untuk melangsungkan pernikahan bawah laut di Meksiko ini pihak operator memasang tarif yang lumayan mahal. Dilansir Indonesia Flight dari situs resminya, Nautilus Dive Tech, sekali acara saja pihak pengantin harus membayar sebesar USD 1.955 atau setara dengan Rp. 26,4 juta. Namun biaya sebesar itu sudah mencakup latihan menyelam di kolam, dekorasi tempat pernikahan di bawah laut, foto-foto pernikahan, paket sarapan dan juga wadah cincin pernikahan yang terbuat dari kerang asli. Seperti apa kerennya pernikahan di cabo San Lucas bisa traveler lihat pada tayangan video di atas.

3. Bahama

Melangsungkan pernikahan di Bahawa dengan cara yang eksklusif di bawah laut bisa dilakukan dengan cara membooking operator Island Preacha. Operator ini akan bekerja sama dengan Stuart Cove’s Dive Bahamas yang akan membawa calon pengantin berlayar menuju spot pernikahan di bawah laut. Sedangkan Island Preacha akan bertindak sebagai pengatur jalannya upacara pernikahan.

56-bahama

Bahama [image source]

Pernikahan bawah laut ini dibagi dalam beberapa paket dengan harga yang berbeda-beda. Dilansir Indonesia Flight dari situs resmi Island Preacha, paket termurah untuk acara pernikahan satu hari penuh lengkap dengan persewaan perahu, paket foto bawah air serta paket video shooting dibanderol dengan tarif setara dengan Rp. 42 juta.

4. Cozumel – Meksiko

Cozumel adalah sebuah pulau yang terletak 19,2 kilometer lepas pantai Semenanjung Yucatan, Meksiko. Pulau ini dikenal dengan lautnya yang sebening kristal dan pantai berpasir putih bak mutiara. Tempat ini sangat pas untuk dijadikan destinasi liburan mewah. Jika pasangan traveler berkeinginan melangsungkan pernikahan dengan cara yang beda tinggal menghubungi Secrets Aura Cozumel.
57-cozumel
Cozumel – Meksiko [image source]

Secrets Aura Cozumel adalah operator tur yang menawarkan berbagai kegiatan bahari di Cozumel. Dalam salah satu fasilitasnya, operator ini juga menawarkan paket pernikahan di bawah laut. Beberapa syarat yang harus dipenuhi calon pengantin yang mau melakukan pernikahan bawah laut antara lain mereka harus memiliki sertifikat menyelam, pemesanan harus dilakukan 45 hari sebelum hari H, dan beberapa detil kecil yang bisa traveler baca sendiri di situs resminya, secretsresorts.com. Total biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati fasilitas ini adalah sebesar Rp. 29 juta.

5. Bali – Indonesia

Tak ketinggalan Indonesia juga memiliki lokasi pernikahan bawah air yang keren. Mengambil tempat di Pulau Bali tepatnya di pantai Tanjung Benoa, sejak tahun kemarin Gabungan Pengusaha Wisata Bahari (Gahawisri) Kabupaten Badung membangun wedding underwater atau lokasi pernikahan di bawah air.

60-bali

Bali – Indonesia [image source]

Hal ini untuk mengakomodasi banyaknya turis asing yang berkunjung dan berminat untuk melangsungkan pernikahan mereka dengan cara yang tidak biasa. Pembangunan spot menikah bawah laut tersebut menghabiskan dana lebih dari seratus juta rupiah dan menjadi lokasi menikah bawah laut bertema nuansa budaya Indonesia pertama di negeri ini.

6. Fort Lauderdale – Amerika Serikat

Jika kamu ingin melangsungkan pernikahan di bawah laut lengkap dihadiri kerabat dan keluarga maka Fort Lauderdale di Florida, Amerika Serikat adalah tujuan sempurna yang bisa kamu jadikan lokasi pilihan. Caranya dengan memesan paket underwater wedding pada operator American Dive Center, mereka akan menyiapkan segalanya.

58-lauderdale

Fort Lauderdale – Amerika Serikat [image source]

Kelebihan menggunakan jasa American Dive Center, kamu tidak hanya bisa mengundang kerabat dan keluarga pada acara pernikahan tapi juga tidak perlu repot mengurus sertifikat menyelam karena mereka tidak mewajibkan tamu dan calon pengantin harus pandai menyelam. Dalam acara ini operator akan merancang penyelaman model scuba diving di kedalaman laut dengan tamu menyaksikannya dari permukaan laut sambil bersnorkeling ria.

7. Trinidad & Tobago

Di Trinidad & Tobago memiliki perairan keren bernama Nylon Pool, daerah dangkal yang terletak di dekat Buccoo Reef. Tempat yang tidak hanya indah namun juga memiliki mitos yang mengatakan bahwa setiap pasangan yang melakukan ciuman di bawah air di daerah tersebut maka mereka akan mendapatkan kebahagiaan seumur hidup.

59-trinidad-tobago

Trinidad & Tobago [image source]

Dengan begitu banyak pasangan yang tertarik menggelar pernikahan mereka di bawah perairan Nylon Pool. Bagi mereka yang punya rencana gila ini akan menghubungi jasa Blue Waters Inn yang akan dengan senang hati membantu pasangan merencanakan pernikahan bawah laut impian mereka.

Itulah ketujuh lokasi terbaik untuk melangsungkan pernikahan di bawah air yang bisa menjadi referensimu. Cara ini memang sangat unik dan memberikan kesan yang tidak akan terlupakan namun bagi pasangan yang ingin melakukannya pastilah mereka harus memiliki lisensi menyelam terlebih dahulu sebab tidak semua orang bisa menyelam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *