Menjelajah Pulau Bokori, Sekeping Surga di Tengah Laut Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara punya banyak wisata alam yang begitu cantik dan nggak akan kalah meski dibandingkan dengan pantai-pantai eksotis lainnya di wilayah Indonesia. Pasalnya, pulau yang masih menjadi bagian dari Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe ini punya topografi daerah yang sangat unik.

Dulunya, pulau ini ditinggali oleh orang-orang suku Bajo. Tapi kini sudah mulai ramai kembali oleh para wisatawan karena keindahannya yang memang mempesona. Letaknya berada di tengah-tengah lautan luas yang jauh dari keramaian. Bahkan, berlibur di sini kamu akan merasakan ketenangan ditemani oleh riak-riak ombak kecil dengan kapal-kapal nelayan.

Daya tarik pulau ini adalah pasirnya yang putih bersih dengan air biru jernih yang nggak gampang keruh. Laut berwarna biru cerah yang terhampar luas menjadi pemandangan tersendiri yang memanjakan mata para pengunjung. Ombaknya juga nggak terlalu tinggi, sehingga kamu bisa dengan puas berenang dan bermain air di tempat ini.

Pulau Bokori [via instagram account: arham_kendari]
Pulau Bokori [via instagram account: arham_kendari]
Meski ombaknya nggak terlalu besar, pengunjung tetap dianjurkan untuk waspada dan nggak berenang terlalu ke tengah agar nggak menginjak bulu babi. Kalau ingin memancing, kamu juga bisa menyewa perahu nelayan dan memancing di sekitar pulau atau menikmati suasana mendayung di sekitar Pulau Bokori.

Dulunya tempat ini pernah hampir tenggelam karena tingkat abrasi yang begitu tinggi. Abrasi ini terjadi juga karena banyak orang tak bertanggung jawab yang menebang pohon dan mencuri karang-karang. Akibatnya, penduduk suku Bajo kemudian direlokasi.

Pulau Bokori [via instagram account: idut1990]
Pulau Bokori [via instagram account: idut1990]
Kini Pulau Bokori dibangun kembali dan banyak perbaikan telah dilakukan. Memang masih belum lengkap dan selesai sepenuhnya, tapi tahun 2017 mendatang rencananya akan dibangun fasilitas wisata lain seperti resort, water sport, Dive Centre, bahkan waterpark.

Kini sejak Pulau Bokori telah dibuka kembali sebagai tempat wisata, ternyata banyak wisatawan yang tertarik menikmati keindahannya. Letaknya yang nggak terlalu jauh dan mudah dijangkau juga membuat tempat ini menjadi favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Tenggara.

Nah, siapa sih yang mau menolak menikmati keindahan lautan biru dengan pantai berpasir putih? Makanya, langsung aja yuk berangkat ke Pulau Bokori!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *