Mudik ke Bone, Traveler Disuguhi Terowongan Batu yang Keren

Jika para pemudik di Jawa yang melintasi Pantura disuguhi banyak rest area kece dan di jalur selatan ada banyak pemandangan pantai yang indah beda dengan pemudik di Sulawesi khususnya mereka yang mudik dari Makassar menuju ke kabupaten Bone. Mereka akan melewati sebuah terowongan dari batu dengan pemandangan keren, Sumpang Labbu namanya.

Perjalanan darat dari Makassar ke Bone memang menjenuhkan karena sepanjang perjalanan traveler akan melahap medan yang sulit penuh lika-liku dan naik turun. Jalan yang menjadi bagian dari jalur transprovinsi ini memanjang hingga 176 kilometer. Jalan tersebut adalah hasil kerja paksa yang dilakukan kolonial Belanda pada warga Bone.

Sumpang Labbu [via Instagram @jjs_makassar]
Sumpang Labbu [via Instagram @jjs_makassar]

Namun pada satu titik di desa Liliriawang, kecamatan Bengo, kabupaten Bone terdapat sebuah terowongan batu bernama Sumpang Labbu. Terowongan ini punya ukuran panjang 6 meter dan lebar 5 meter. Sebagian besar pengendara menjadikan terowongan tersebut sebagai primadona untuk istirahat sejenak menikmati suasana.

Break sejenak [via Instagram @rey_002]
Break sejenak [via Instagram @rey_002]

Dalam bahasa setempat Sumpang Labbu berarti jalan berdebu. Terowongan batu ini pula dikenal dengan beberapa nama diantaranya batu goroe dan batu massebboe yang mempunyai arti batu berlubang. Proses pembuatannya sendiri dilakukan dengan cara memahat secara manual.

Selamat Datang di Bone [via Instagram @ayurastiani]
Selamat Datang di Bone [via Instagram @ayurastiani]

Sekarang bagian atas terowongan ini dibangun tempat istirahat sehingga banyak pengendara yang melintasi jalan ini menjadikannya sebagai rest area. Terlebih saat musim mudik lebaran yang tidak lama akan segera terjadi. Tempat ini akan menjadi favorit banyak pemudik untuk sekedar beristirahat dan juga berekreasi.

Pegunungan hijau menjadi suguhan utama yang bisa dilihat dari atas terowongan. Ditambah angin yang berhembus semilir membuat suasana nyaman serta bikin siapa saja betah berlama-lama di sana. Nah, buat kamu yang nanti mudik dari Makassar ke Bone jangan lupakan untuk mampir sejenak di rest area yang ada di atas Sumpang Labbu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *