Air Terjun Temam, Potret Niagara Mini di Sumatera Selatan

Air terjun dengan bentuk memanjang menyimpan sisi keeksotisannya tersendiri. Di Indonesia tidak banyak air terjun model seperti ini, hal itu pula yang membuat kunjungan ke air terjun seperti ini menjadi sangat spesial karena secara fisik bentuknya mirip dengan air terjun Niagara. Salah satu daerah yang beruntung menyimpan kekayaan alam tersebut adalah Sumatera Selatan.

Provinsi Sumatera Selatan memang punya banyak sumberdaya alam yang berpotensi besar dikembangkan sebagai tujuan wisata. Dari sekian banyak tempat wisata yang telah dikenalkan pada publik, terselip satu nama yang begitu ikonik yaitu Air Terjun Temam.

Air terjun temam

Air Terjun Temam, via instagram

Air Terjun Temam oleh para wisatawan dijuluki dengan Niagara mini lantaran bentuknya yang menyerupai air terjun tersohor di perbatasan Amerika Serikat dan kanada tersebut. Air Terjun Temam memang sedikit berbeda dari kebanyakan air terjun yang terdapat di dunia berupa air yang jatuh dari tebing tinggi.

Air Terjun Temam hanya memiliki tinggi sekitar 12 meter saja tapi bentuknya memanjang sekitar 25 meter dan menghasilkan guyuran air yang menyerupai tirai raksasa berwarna putih. Pasokan air di tempat ini berasal dari Sungai Temam yang dikenal memiliki sumber air yang masih terjaga kebersihannya.

12-temam

Air Terjun Temam di Sumatera Selatan, via instagram

Di bawah terjunan air terdapat kolam sedalam 4 meter, umumnya traveler yang mahir berenang akan menikmati sensasi berenang di bawah cipratan air di kolam ini. Sedangkan mereka yang tidak bisa berenang cukup duduk di hadapan air terjun di sebuah lempengan batu yang diberi pembatas pagar. Posisi ini sangat cantik untuk foto dengan latar belakang Air Terjun Temam.

Potensi wisata di air terjun ini pun telah mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. Sebagai buktinya fasilitas pendukung untuk memudahkan pengunjung sudah dibangun di sekitar lokasi seperti toilet, tempat istirahat hingga warung makan. Sedangkan akomodasi penginapan bisa traveler jumpai di pusat kota Linggau, kota terdekat dengan air terjun.

13-temam

Air Terjun Temam dikenal sebagai Niagara Mini, via instagram

Buat yang kepincut ingin mengunjungi si cantik Niagara mini di Sumatera Selatan ini bisa langsung menuju ke Kelurahan Rahma, kota Lubuk Linggau, provinsi Sumatera Selatan. Air terjun ini berjarak sekitar 11 km dari kota tersebut dan bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *