Sedang Hamil tapi Ingin Traveling, Why Not!

Hamil tak menjadi penghalang untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk traveling.  Dengan alat transportasi yang serba canggih dan beragam pilihan destinasi wisata, liburan saat hamil bisa jadi lebih mudah.

Yang terpenting, Anda sudah mempersiapkan segalanya dengan matang dan terencana. Sebelum larut dalam kebahagiaan liburan, yuk simak dulu apa saja yang perlu diperhatikan ibu hamil saat traveling.

1. Cari waktu yang tepat

Tak bijak jika Anda memaksakan untuk berlibur saat kondisi fisik tak memungkinkan. Solusinya, tunggulah hingga gejala pusing, mual, dan muntah berlalu. Di trimester ke dua, kondisi ibu hamil biasanya cukup stabil sehingga bisa melakukan perjalanan jauh.

Cari-waktu-yang-tepat-image-source

Cari waktu yang tepat [image source]

Tapi tetap jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum berangkat, terlebih lagi jika perjalanan harus ditempuh menggunakan pesawat terbang. Bawa serta beberapa obat-obatan untuk memastikan Anda tetap sehat selama dalam perjalanan.

2. Teliti dalam memilih destinasi

Memang sangat menyenangkan jika bisa berlibur ke tempat terpencil yang eksotis dan tak banyak didatangi wisatawan. Namun mengingat kehamilan Anda, ini bukanlah keputusan yang bijak. Lebih baik Anda mengunjungi daerah yang terjamin kebersihan, makanan, dan cuacanya.

Teliti-dalam-memilih-destinasi-image-source

Teliti dalam memilih destinasi [image source]

Hindari pula aktivitas-aktivitas ekstrem seperti scuba diving, ski, snowboarding, dan skydiving. Selain itu, pastikan Anda tidak mengunjungi daerah yang sedang terkena wabah penyakit tertentu. Kota atau negara yang rawan macet juga sebaiknya dihindari untuk mencegah kelelahan selama perjalanan.

3. Pastikan tetap terhidrasi dan bawa camilan sehat

Berdasarkan American Pregnancy Association, wanita hamil harus mengonsumsi 8 hingga 12 gelas air putih per hari untuk memastikan tubuh tetap fit. Maka dari itu, bawa sendiri botol minum dan letakkan di tas jinjing agar mudah diambil kapan pun Anda merasa haus.

Pastikan-tetap-terhidrasi-dan-bawa-camilan-sehat-image-source

Pastikan tetap terhidrasi dan bawa camilan sehat [image source]

Meski Anda akan mendapat makanan dari hotel, siapkan juga camilan sehat yang bisa dikonsumsi kapanpun. Jangan mengambil risiko membeli jajanan yang tidak Anda tahu bahan pembuatnya dan apa efeknya untuk kesehatan. Potongan buah dan sayur, kismis, serta granola bar bisa jadi camilan terbaik untuk ibu hamil yang melakukan traveling.

4. Gunakan pakaian yang nyaman

Gunakan-pakaian-yang-nyaman-image-source

Gunakan pakaian yang nyaman [image source]

Ibu hamil biasanya lebih mudah berkeringat, maka dari itu kenakan pakaian berbahan katun selama perjalanan. Bahan katun jauh lebih lembut dan nyaman menyentuh kulit, serta mudah menyerap keringat. Hindari memakai rok atau celana yang terlalu panjang dan meningkatkan risiko tersandung saat Anda berjalan. Pilih pula alas kaki yang datar dan nyaman dipakai untuk berjalan jauh. Topi atau kacamata hitam juga bisa dibawa untuk menghindari paparan sinar matahari saat berada di luar ruangan.

5. Sisihkan waktu untuk berolahraga

Ibu hamil rawan mengalami pembengkakan di bagian kaki apabila terus duduk dalam waktu lama. Maka dari itu, sempatkan untuk melakukan olahraga ringan dalam perjalanan agar aliran darah tetap lancar. Saat di dalam kendaraan, lakukan peregangan ringan ketika Anda ingin ke kamar mandi.

Sisihkan-waktu-untuk-berolahraga-image-source

Sisihkan waktu untuk berolahraga [image source]

Ada baiknya juga memilih hotel yang menyediakan fasilitas kolam renang, kelas yoga, atau gym. Jadi sembari liburan, Anda tetap bisa menjaga kesehatan diri sendiri dan juga bayi dalam kandungan. Tapi pastikan tidak memforsir tenaga saat berolahraga untuk menghindari cedera dan kelelahan.

Tentu menyenangkan bukan, bisa menghabiskan waktu dengan berlibur sambil menunggu kelahiran buah hati tersayang? Yuk, segera rencanakan perjalanan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *