5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Memutuskan Liburan di Luar Negeri

Liburan bukan ajang untuk pamer, karena hakikat liburan itu sendiri adalah untuk mencari kebahagiaan dan kepuasan lahir batin, sehingga energi dan semangat bisa bugar kembali. Kita harus bersyukur tinggal di Indonesia, negeri yang kaya raya dengan bentang alam yang indah luar biasa. Keindahan negeri ini memikat banyak wisatawan untuk berkunjung dan tidak sedikit dari mereka yang kemudian memilih untuk menetap dalam waktu yang lama.

Namun beberapa dari kita malah memilih untuk pergi ke luar negeri. Sudah pasti bisa liburan ke negeri orang memberikan nilai prestisius sendiri. Tapi pernahkah kamu bertanya pada diri sendiri, sudahkah kamu mengenal semua daerah di Indonesia? Bukan berarti merendahkan potensi wisata di negara lain, tidak pula melarang traveler untuk plesir ke luar negeri. Namun sebelum memutuskan traveling ke luar negeri, sebaiknya kamu jawab dulu pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Sudahkah Kamu Mengunjungi Semua Tempat Keren di Indonesia?

Mungkin sebagian besar dari kita sudah hafal di luar kepala, jika Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang tersusun atas ribuan pulau cantik dan tersebar dari Sabang hingga Merauke. Namun pernahkah kamu memaknainya lebih dalam,bukan hanya sekedar teori yang dituangkan dalam buku geografi dan dipelajari saat sekolah saja? Kini saatnya kamu mengenal lebih dekat kekayaan alam yang dimiliki negaramu dengan mengunjungi satu per satu pulau-pulau yang ada di sana.

Raja Ampat [via Instagram @rajaampatislands]
Raja Ampat [via Instagram @rajaampatislands]

Indonesia punya banyak tempat keren yang tidak kalah dengan tempat-tempat di luar negeri. Bahkan keindahan alam negeri ini diakui oleh dunia. Sebagai contoh kecil, penghargaan pulau terbaik di dunia saja jatuh pada Pulau Bali. Spot diving paling top, Raja Ampat salah satunya. Mau cari salju, traveler yang hobi petualangan tinggal mendaki ke Gunung Jayawijaya. Melihat blue fire tidak perlu jauh-jauh ke Islandia, cukup datang ke Kawah Ijen di Banyuwangi. Mau wisata halal cukup plesiran ke Lombok yang baru saja mendapatkan penghargaan destinasi wisata halal terbaik di dunia, dan masih banyak lagi. So, pertanyaannya adalah, kamu sudah mengunjungi semua tempat keren di negerimu belum?

2. Sudah Mencicipi Kekayaan Kuliner Indonesia?

Indonesia tidak hanya memiliki tempat-tempat yang indah saja, namun juga kaya dengan wisata kulinernya. Sebagian besar dari traveler pasti sudah menyadari akan hal tersebut. Baru jalan-jalan keluar kota saja makanan yang disajikan sudah berbeda. Atau jika saja jenisnya sama namun rasa dan komposisinya pasti tidak sama. Belum lagi jika menjelajahi daerah lain yang berbeda pulau, lain lagi tuh makanan khasnya.

Rendang [via Instagram @sanasinipullman]
Rendang, salah satu kuliner asli Indoensia [via Instagram @sanasinipullman]

Thailand dan Jepang boleh jadi memiliki kuliner khas yang terkenal di dunia. Namun kita tidak perlu minder dengan kekayaan kuliner kita. Masih ingat dengan artikel dari CNNGo yang merilis hasil survey mengenai makanan terlezat di dunia? Indonesia menempatkan 3 wakilnya dalam daftar tersebut. Bahkan rendang dan nasi goreng, masing-masing bertengger di tangga pertama dan kedua sebagai makanan paling lezat sedunia. Dalam daftar lain masih ada sate yang juga masuk dalam top 15. Itu hanya contoh kecil saja, sebab bumi Nusantara ini memiliki ribuan makanan khas yang menunggumu untuk mencicipi.

3. Berapa Banyak Budaya Nusantara yang Sudah Kamu Ketahui?

Meski sudah bertahun-tahun traveler belajar mengenai kebudayaan Indonesia di bangku sekolah, tapi Indonesia Flight yakin tidak semuanya bisa dihafal karena saking banyaknya. Tidak lucu kan jika kita mengaku warga negara Indonesia, namun tidak mengenal budaya suku dan bangsa sendiri. Kita pun sebenarnya wajib bangga, karena memiliki kebudayaan yang beragam dan asli bukan hasil dari akulturasi budaya. Bandingkan dengan negara lain, tidak banyak negara yang memiliki kebudayaan asli yang secara turun temurun diwariskan dari generasi ke generasi dan tetap lestari hingga kini.

53-reog

Reog Ponorogo salah satu kebudayaan asli Indonesia, via instagram

Kita harusnya malu kalau sampai tidak mengenal budaya sendiri, sedangkan banyak bangsa lain yang berupaya mengklaim budaya kita. Tentu kalian masih ingat kasus klaim seni tari Reog Ponorogo, alat musik angklung dan masih banyak lainnya yang diaku negara lain sebagai milik mereka. Dengan traveling di negara sendiri, selain menyambangi tempat-tempat eksotis, kita juga bisa belajar banyak kebudayaan yang ada. Kalaupun suatu saat kalian mendapat kesempatan liburan ke luar negeri, kalian bisa sekalian membawa misi mengenalkan Indonesia di mata dunia.

4. Pernah Bertemu Suku-Suku di Indonesia?

Tahukah kamu jika Indonesia memiliki 1.340 suku? Sudah berapa banyak suku yang kamu kenal dan temui? Jangan bangga dulu jika kamu baru berteman dengan beberapa orang yang berasal dari luar daerahmu, karena itu belum seberapa dibanding dengan jumlah suku yang ada. Traveling dapat membuka wawasan dan memberi kita kesempatan untuk bertemu suku-suku yang tinggal jauh dari tempat tinggal kita, bahkan bertemu mereka yang hidup di pedalaman jauh dari kata modernisasi.
54-suku
Salah satu Suku di Papua, via instagram

Sekarang banyak paket wisata yang menawarkan tur membaur dengan suku setempat dan tahun 2015 jenis wisata ini malah sempat menjadi tren yang banyak diminati. Alasannya adalah selain bisa bertemu dan berkenalan dengan suku-suku di Indonesia, traveler juga bisa sejenak melarikan diri dari semrawutnya kehidupan kota. Tinggal di dalam hutan yang tenang serta melakukan hal-hal dengan cara tradisional yang memberi pengalaman seru. Sebut saja paket wisata di desa adat Wae Rebo di NTT atau ikut wisata di Lembah Baliem di Papua. Banyak sekali pilihan wisata yang menawarkan pengalaman seru bertemu suku pedalaman.

5. Sudah Sadar Belum Jika Surga Itu Adalah Negaramu Sendiri?

Pertanyaan terakhir yang harus kamu jawab sebelum traveling ke luar negeri adalah, Apa kamu sadar jika Indonesia itu adalah surga yang dirindukan banyak traveler lain? Kamu ke luar negeri mencari tempat yang keren seindah surga, namun tanpa kamu sadari surga itu adalah rumahmu sendiri. Negara di mana kamu tinggal yaitu Indonesia.

55-tebing-keraton

Tebing Keraton di Bandung, via instagram

Negeri ini dianugerahi alam yang indahnya luar biasa dengan cuaca yang bersahabat sepanjang tahun. Bayangkan bagaimana mereka yang tinggal di iklim dingin banyak yang bermigrasi ke daerah tropis saat musim dingin tiba, kita tidak perlu melakukan itu. Negeri ini memiliki penduduk yang ramah dan sopan serta jauh dari isu-isu rasial. Yang paling penting, biaya hidup dan traveling di dalam negeri jauh lebih murah dibanding negara lain. Meskipun beberapa daerah di Indonesia timur memang cukup mahal untuk dijelajahi.

Setiap daerah di bumi memang memiliki karakteristik masing-masing. Tidak salah jika traveler yang memiliki modal besar melakukan traveling keliling dunia melihat lebih dekat apa-apa saja yang ada di jagat raya. Kemudian menjadi wajar jika traveler yang tinggal di daerah tropis ingin merasakan salju dan sebaliknya, orang-orang yang tinggal di iklim dingin memimpikan hidup di daerah tropis. Alasan-alasan inilah yang kemudian mendorong seseorang untuk pergi traveling lintas negara. Namun bukankah lebih bijak sebelum mengenal negara lain, kita jelajahi kekayaan negeri sendiri dulu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *