5 Cara Agar Kamu Bisa Jadi Wisatawan yang Bertanggung Jawab

Semua orang juga pasti ingin merasakan liburan dan melepaskan diri dari stres dan rutinitas yang membosankan. Berkunjung ke tempat-tempat baru dan wahana wisata menyenangkan bisa jadi salah satu cara untuk melepaskan stres tersebut.

Kadang, saat mulai berlibur, kebanyakan orang menjadi lupa diri dan bertindak semaunya karena ingin bersantai dan nggak mau repot. Salah satu contoh yang paling sering kita lihat adalah membuang sampah sembarangan. Padahal tentu saja ini merupakan tindakan yang nggak bertanggung jawab bagi lingkungan.

Meski sedang liburan, ada baiknya untuk tetap mengikuti peraturan yang berlaku dan nggak tetap bertanggung jawab. Nah, agar kamu tetap bisa menjadi wisatawan yang bertanggung jawab, ikuti beberapa tipsnya berikut ini.

1. Belanja di toko lokal

Belanja di toko-toko souvenir besar memang kadang lebih gampang. Kamu nggak perlu repot dengan urusan tawar-menawar karena harganya biasanya sudah pas. Tapi, daripada beli souvenir produksi massal buatan pabrikan seperti ini, ada baiknya kamu memilih beli di toko lokal.

Toko souvenir
Toko souvenir

Ada banyak toko kerajinan yang menjual barang-barang kerajinan yang lebih biasanya lebih ramah lingkungan. Sama halnya dengan makan. Cobalah untuk makan di rumah makan tradisional untuk menikmati menu lokal. Hal ini bukan cuma untuk mendukung industri kecil, tapi juga untuk mendorong kelestarian tradisi lokal.

2. Jangan memberi uang pengemis

Di banyak tempat wisata, akan selalu ada anak-anak atau orang-orang dewasa yang menjadi seorang pengemis. Mereka mungkin akan menarik-narik bajumu, memasang raut muka memelas, atau memaksamu memberinya uang. Tapi, jangan pernah memberi uang kepada para pengemis.

Pengemis
Pengemis

Setiap kamu memberi mereka uang, hal tersebut cuma semakin menambah ketidakadilan sosial. Memberi bantuan secara langsung dan tanpa solusi jangka panjang untuk mereka tidak akan menyelesaikan masalah. Jika kamu memang ingin membuat perbedaan, lebih baik berikanlah donasi langsung kepada sebuah organisasi bantuan khusus.

3. Pilih tempat wisata yang punya etika

Berwisata, terutama yang berhubungan dengan alam tetap harus memperhatikan kelestariannya. Karena itulah, pilih tempat wisata yang memastikan bahwa lingkungan tidak rusak dan ekosistem ataupun binatang-binatang yang tinggal di sana tidak terganggu.

Kebun Binatang
Kebun Binatang

Akan sangat disayangkan jika kamu harus berkunjung ke tempat wisata dengan alam yang rusak di sekelilingnya, atau binatang yang tak lagi sehat dan tak terawat. Karena itulah, ada baiknya kamu memilih dulu tempat wisata mana yang benar-benar beretika dan bertanggungjawab.

4. Cari informasi tentang negara yang kamu kunjungi

Sebelum kamu berkunjung ke negara tertentu, ada baiknya untuk mencari informasi terlebih dulu tentang negara tersebut. Di balik indah pantainya, cantik kotanya, cari tahu tentang apa yang sedang terjadi di sana untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan terjadi.

Liburan
Liburan

Pastikan kamu punya gambaran realistis tentang kondisi politik, ekonomi dan sosial di negara tujuanmu. Pelajari juga budaya dan etika lokal sebelum kamu berangkat agar nggak sampai terlibat masalah di tempat tujuan nanti.

5. Jangan mengganggu kehidupan alam yang ada di sana

Bermain di alam itu memang seru dan menyenangkan. Rasanya memang menggoda sekali untuk membawa pulang kerang yang berkilauan, secuil terumbu karang, atau bunga-bunga di gunung. Tapi, menjadi wisatawan yang bertanggung jawab berarti tidak mengganggu alam seperti itu.

Karang Bawah Laut
Karang Bawah Laut

Jangan beli barang yang dibuat dari materi yang dikumpulkan dengan cara ilegal seperti gading, atau kulit binatang tertentu. Bahkan kayu tanaman tropis seperti kayu cendana atau bunga edelweis misalnya, jangan sampai dibawa pulang.

Sebenarnya nggak butuh langkah ribet kok buat menjadi wisatawan yang bertanggungjawab pada lingkungan. Tanya pada diri sendiri apa yang kamu lakukan itu merusak alam atau tidak, mengganggu orang lain atau tidak. Dengan demikian, kamu juga bisa lebih berhati-hati saat liburan.

Nah, selamat liburan, ya! Jangan lupa untuk tetap bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *