Kamu Nggak Perlu Takut Jetlag Lagi Kalau Tahu Tips Ampuh Ini

Saat berkendara dengan naik pesawat terutama dalam waktu yang cukup lama dan sampai berganti zona waktu, biasanya penumpang akan dihadapkan dengan masalah jetlag. Masalah ini terjadi karena tubuh manusia memang nggak didesain untuk melakukan perjalanan jarak jauh dengan sangat cepat.

Jam biologis tubuh berubah kacau apalagi jika perjalanan tersebut sampai melewati beberapa zona waktu sekaligus. Akibatnya, kamu jadi mengalami pusing, mual, perut bermasalah, kehilangan nafsu makan, merasa kelelahan yang berlebihan, konsentrasi terganggu, hingga insomnia. Nah, untuk mengatasinya, berikut ini beberapa tips ampuh yang bisa membantumu mengatasi jetlag.

1. Atur Kembali Jam Pribadimu

Jetlag muncul karena kondisi tubuh yang sudah terbiasa dengan tempat asal merasa ‘kaget’ dengan negara yang kamu kunjungi dengan jamnya yang berbeda. Jadi, kamu bisa memulai mencegah jetlag dengan cara menyesuaikan jam sejak sebelum bepergian.

Pesawat
Pesawat

Kamu bisa mulai dengan mengubah kebiasaan jam makan dan tidurmu sejak beberapa hari sebelum pergi. Setidaknya, usahakan jam kebiasaanmu mulai mirip dengan zona waktu negara yang kamu tuju. Jadi, secara perlahan tubuhmu bisa beradaptasi dengan zona waktu negara tersebut.

2. Istirahat yang Cukup Sebelum Berangkat

Ada baiknya kamu menjaga kondisi tubuh dengan beristirahat yang cukup sebelum berangkat. Setidaknya dua hari adalah waktu yang ideal untuk beristirahat sebelum bepergian.

Tidur
Tidur

Dengan istirahat yang cukup, tubuhmu juga bisa lebih siap untuk melakukan perjalanan jauh. Jadi, kamu nggak akan merasa terlalu lelah meski harus melewati perjalanan yang sangat jauh. Selain itu, tubuhmu juga akan lebih siap menghadapi segala masalah yang mungkin muncul selama perjalanan panjangmu.

3. Pilih Penerbangan Malam Hari

Trik lain yang bisa kamu coba adalah memilih penerbangan yang berangkat malam hari. Dengan penerbangan malam, kamu akan bisa menikmati makan malam di jam-jam normal dan bisa lebih mudah untuk tidur daripada penerbangan di pagi ataupun siang hari.

Penerbangan Malam
Penerbangan Malam

Tergantung lama dan jarak penerbangan yang kamu tempuh, tapi kemungkinan kamu bisa sampai di tempat tujuan saat pagi atau siang hari jika naik pesawat malam. Cara ini akan lebih mudah membantu tubuh mengikuti jadwal zona waktu yang kamu kunjungi.

4. Pastikan Kamu Tetap Terhidrasi

Saat bepergian dengan pesawat dalam waktu yang cukup lama, kamu bisa mengalami dehidrasi karena faktor udara yang mengering, ketinggian pesawat, serta pendingin udara dalam pesawat. Dalam kondisi dehidrasi, kamu akan lebih cepat stres serta bisa mengalami jetlag yang lebih parah.

Minum
Minum

Untuk menghindarinya, usahakan untuk minum banyak air sebelum kamu berangkat bepergian. Kemudian saat terbang, pastikan kamu tetap minum setidaknya setiap jam, bahkan meski kamu sebenarnya nggak merasa haus.

5. Berdirilah di Bawah Sinar Matahari

Sesampainya di negara tujuan, biarkan tubuhmu terpapar matahari. Buka jendela tempat kamu menginap agar sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan dan mengenai tubuhmu. Selain itu, kamu juga bisa sekadar berjalan-jalan sejenak agar bisa merasakan matahari di tubuhmu.

Berjemur
Berjemur

Matahari akan membantu tubuhmu mereset ulang pola jam tubuhmu sesuai dengan suasana yang ada di sekelilingnya. Jadi, tubuhmu nantinya bisa menyesuaikan diri lebih cepat.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi jetlag. Asal persiapan dan tindakan yang kamu ambil tepat, jetlag harusnya bukan menjadi masalah saat kamu harus melakukan perjalanan jauh sampai melewati beberapa zona waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *