Tips Gampang Traveling Kelas Ekonomi Berasa Kelas Eksekutif

Melakukan perjalanan dengan naik kendaraan kelas eksekutif itu memang nyaman sekali. Selain tempat duduknya lebih luas, fasilitasnya juga lebih lengkap dan otomatis bakal terasanya lebih nyaman. Jadi perjalanan jauh pun juga nggak bakal terasa terlalu melelahkan.

Dengan segala kenyamanannya itu, nggak heran kalau tiket kelas eksekutif memang harganya jauh lebih mahal. Dibandingkan dengan itu, kelas ekonomi jauh lebih murah dan nggak senyaman kelas eksekutif. Tapi, ada trik tersendiri yang bisa bikin kamu merasakan kenyamanan kelas eksekutif meski berada di tempat duduk ekonomi.

1. Bawa Bantal Perjalanan yang Nyaman

Bantal perjalanan dengan kualitas yang bagus bisa memberikan perbedaan yang signifikan. Apalagi saat kamu sedang traveling ke tempat yang jauh, maka bantal seperti ini bisa membantumu tidur lebih nyenyak.

Bantal
Bantal

Biasanya kereta malam atau pesawat memang sudah menyediakan bantal dan selimut untuk para penumpang. Tapi bantal ini juga terlalu datar, tipis dan kurang nyaman untuk dipakai. Nah, dengan bantal perjalanan khusus seperti ini, kamu juga nantinya bisa istirahat dengan lebih nyaman meski harus melakukan perjalanan jauh.

2. Bawa Selimut Sendiri

Selain bantal, kamu juga bisa bawa selimut sendiri. Pasalnya di perjalanan panjang dengan posisi tubuh yang nggak banyak bergerak bisa membuatmu jadi kedinginan dan selimut juga nggak selalu disediakan. Ataupun jika memang ada, biasanya cukup tipis jadi kurang bisa melindungi tubuhmu dari dingin.

Selimut
Selimut

Agar kamu tetap bisa duduk dengan nyaman di kursimu, membawa selimut sendiri bisa jadi pilihan yang menyenangkan. Nggak usah repot membawa selimut yang terlalu tebal, tapi kamu bisa membawa selimut ringan yang sudah cukup hangat atau membawa scarf agar kamu terasa hangat.

3. Bawa Headphone yang Berkualitas

Kamu akan banyak menemukan suara-suara yang mengganggu saat berada di dalam pesawat ataupun kereta. Bisa jadi suara anak kecil yang terus-terusan menangis, seseorang yang nggak juga berhenti ngobrol, atau suara mesin pesawat yang menderu-deru.

Headphone
Headphone

Suara berisik seperti ini terkadang bisa membuatmu merasa terganggu karena jadi sulit istirahat. Untuk mengatasinya, jangan lupa siapkan headset atau penutup telinga yang berkualitas bagus. Dengan headset tersebut, kamu bisa mendengar suara musik yang lebih merdu dan menenangkan, atau jika memang ingin istirahat, pasang penutup telingamu agar nggak terganggu dengan suara berisik di sekitar.

4. Jangan Lupa dengan Perlengkapan Toiletmu

Saat melakukan perjalanan jauh, ada baiknya kamu membawa perlengkapan khusus seperti lotion, krim, atau lip balm. Nggak usah terlalu membawa banyak, yang penting cukup bisa memanjakanmu saat berada di dalam pesawat atau kereta.

Toiletries
Toiletries

Terlalu lama berada di dalam pesawat atau kereta terkadang membuat kulit jadi cepat kering. Kamu bisa mencoba membawa semprotan wajah, gel untuk bawah mata, obat tetes mata, pelembab, lip balm, tisu wajah, dan sejenisnya. Perlengkapan ini bisa membuat kulitmu tetap lembab sehingga kamu tetap nyaman saat berada di dalam pesawat.

5. Pilih Tempat Duduk yang Nyaman

Saat memilih tempat duduk, usahakan untuk mendapatkan tempat duduk yang paling cocok untukmu. Kamu bisa duduk di dekat jendela jika nggak terlalu sering ke toilet agar nggak perlu minggir kalau ada orang yang ingin lewat untuk keluar.

Penumpang pesawat
Penumpang pesawat

Namun, kalau kamu yang sering ke kamar mandi, ada baiknya kamu yang duduk di pinggir agar nggak keseringan melewati orang-orang yang ada di sampingmu. Jadi, sebisa mungkin kamu pesan tiket jauh-jauh hari agar bisa memilih tempat duduk favoritmu.

6. Bawa Makanan Atau Kue

Beberapa orang berpendapat bahwa makanan di pesawat atau ruang restorasi kereta api itu rasanya nggak enak. Tapi, daripada kamu kelaparan, pasti akhirnya tetap memakan makanan tersebut kan? Biasanya sih malah akhirnya makin sebel karena nggak bisa menikmati menu yang disajikan.

Menu di Pesawat
Menu di Pesawat

Nah, biar kamu tetap bisa menikmati makanan saat merasa lapar, bawa saja camilan dan makanan sendiri. Kamu bisa membawa bekal menu favorit dengan cara masak yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Dengan menu lezat sesuai seleramu sendiri, kamu nggak perlu lagi khawatir dengan rasa makanan yang nggak enak.

Nah, itu tadi sebagian tips yang bisa kamu coba biar kamu tetap bisa menikmati perjalananmu meski naik kelas ekonomi. Selain bisa hemat, kamu juga nggak terlalu kelelahan jika harus melakukan perjalanan jauh. Seru, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *