Menjelajahi Ternate, Pulau Indah Penghasil Cengkeh dan Pala

Ternate sejak dulu terkenal sebagai penghasil cengkeh dan pala. Rempah-rempah tersebut begitu dicari oleh bangsa-bangsa lain. Bahkan, karena dua bahan inilah bangsa Eropa datang ke Indonesia.

Selain dikenal sebagai tempat penghasil dua komoditas tersebut, Ternate ternyata juga menyimpan keindahan tersendiri. Menjelajah Ternate, kamu akan disambut dengan bukan hanya cantik panorama alamnya saja, tapi juga bangunan-bangunan peninggalan sejarahnya yang menakjubkan.

Masjid Kesultanan Ternate

Sebagai kesultanan Islam, nggak heran jika kamu akan menemukan masjid tua di sini. Masjid Ternate dibangun pada abad ke-17 di bawah pemerintahan Sultan Hamzah. Tapi ada juga yang menyebutkan bahwa masjid ini sudah berdiri sejak abad ke-16 pada masa pemerintahan Sultan Zainal Abidin.

Masjid Kesultanan Ternate [via instagram account: sportourism.id]
Masjid Kesultanan Ternate [via instagram account: sportourism.id]
Usianya sudah mencapai ratusan tahun, namun hingga kini masih terawat dengan baik. Jika dilihat-lihat, bentuk bangunannya hampir mirip dengan Masjid Demak yang ada di Demak, Jawa Tengah. Atapnya berbentuk limas seperti yang sering terlihat pada bangunan Jawa.

Istana Kedaton Ternate

Istana yang kadang masih digunakan sebagai tempat kediaman sultan dan keluarganya ini dibangun pada tahun 1813. Jadi, hingga kini kamu masih akan mendapati beberapa pengurus istana dengan kostum sederhana di sana.

Kedaton Ternate [via instagram account: irdabopeng]
Kedaton Ternate [via instagram account: irdabopeng]
Istana dengan luas mencapai 1.500 meter persegi ini menyimpan banyak peninggalan sejarah dari masa kerajaan Ternate. Kamu masih akan mendapati mahkota, jubah kebesaran, mahkota, singgasana, hingga beberapa perlengkapan perang yang tersimpan dengan baik di dalam istana tersebut.

Benteng Tolukko

Di Ternate juga berdiri sebuah benteng abad pertengahan yang dibangun pada masa penjajahan Portugis. Tujuan dibangunnya benteng tersebut adalah untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di sana.

Benteng Tolukko [via instagram account: candid.dy]
Benteng Tolukko [via instagram account: candid.dy]
Benteng tersebut dibangun di ketinggian bukit menghadap ke Pulau Halmahera agar bisa mengawasi seluruh gerak-gerik kesultanan Ternate serta jalur lalu-lintas perdagangan di kawasan tersebut. Bukan hanya kemegahan bentengnya saja yang cantik, di atas benteng kamu bahkan bisa menikmati pemandangan menakjubkan Gunung Gamalama dan kapal-kapal di laut Halmahera.

Pantai Tobololo

Bergerak ke sebelah utara Ternate, kamu akan menemui pantai cantik yang diapit dua buah pulau. Pantai bernama Tobololo ini diapit oleh pulau Halmahera dan Pulau Hiri. Pantai ini menyimpan keindahan yang masih alami dan belum terjamah oleh tangan-tangan jahil yang merusak alam.

Pantai Tobololo [via instagram account: mayangratnas]
Pantai Tobololo [via instagram account: mayangratnas]
Selain menyuguhkan pemandangan yang cantik, Pantai Tobololo juga memiliki keunikan tersendiri. Di tempat ini terdapat sumber mata air panas yang alirannya berasal dari Gunung Gamalama. Meski begitu, sumber air panas ini letaknya cukup tersembunyi dan jarang diketahui orang.

Pantai Sulamahada

Kalau kamu suka berenang di laut, maka Pantai Sulamahada nggak boleh sampai terlewatkan begitu saja. Air di pantai ini begitu jernih dan sebening kaca. Bahkan kamu juga bisa snorkeling di sini dan menikmati pemandangan bawah lautnya.

Pantai Sulamahada [via instagram account: astriiacie]
Pantai Sulamahada [via instagram account: astriiacie]
Pasir pantai ini berwarna hitam pekat. Warna hitam tersebut berasal dari letusan gunung Gamalama. Tempat ini cenderung sepi sehingga cocok untuk kamu yang lebih suka menjauh dari keramaian. Pemandangannya yang cantik dan menyejukkan akan membuatmu merasa tenang dan senang berada di sini.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata cantik di Ternate yang eksotis. Berkunjung ke sini, kamu nggak hanya liburan saja, tapi juga bisa kembali mengenal sejarah lewat peninggalan-peninggalan masa lalu yang hingga kini masih utuh terjaga ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *