Pengen Punya Teman di Negara Tempatmu Liburan? Ikuti Tipsnya Berikut Ini

Liburan itu nggak hanya sarana sebagai relaksasi aja. Kamu juga bisa memanfaatkannya dengan menambah banyak teman baru agar tripmu lebih bermakna dan seru. Apalagi kalau kamu jalan-jalannya ke luar negeri, dijamin makin seru kalau bisa punya teman di berbagai negara!

Beberapa orang mungkin khawatir akan membuat orang lain tersinggung saat berada di negara lain karena budaya dan bahasa yang beda. Tapi nggak usah khawatir, kamu nggak harus mahir bahasa lokal untuk bisa mendapat teman baru. Ikuti saja tipsnya berikut ini.

1. Pelajari gestur tubuh lokal

Ketika berkunjung ke negara dengan budaya yang berbeda, ada baiknya kamu mempelajari perbedaan bahasa tubuh mereka. Jangan salah, setiap budaya sering kali memiliki tata krama dan bahasa tubuh yang jauh berbeda. Apa yang menurutmu biasa saja, belum tentu sopan bagi penduduk lokal.

Piknik
Piknik

Sebagai contoh, di Bulgaria mengangguk berarti ‘tidak’, sementara itu menyentuh kepala seseorang terutama anak-anak adalah hal yang nggak sopan di Tiongkok atau Thailand. Di Jepang, masyarakat menyapa dengan menunduk, bukan berjabat tangan. Dengan memahami gestur tubuh seperti ini, setidaknya kamu nggak sampai melakukan hal-hal yang mungkin menyinggung.

2. Bawa oleh-oleh dari tempat asalmu

Saat berkunjung ke negara dengan budaya yang sangat jauh berbeda dengan budayamu sendiri, bawa juga kenang-kenangan khas dari negara atau kota asalmu. Nggak perlu sesuatu yang mahal, bisa berupa kartu pos, buku tulis, gantungan kunci, magnet kulkas, atau apapun yang menunjukkan asal negaramu.

Gantungan kunci
Gantungan kunci

Tujuan membawa oleh-oleh ini adalah agar kamu bisa memberikannya kepada seseorang di negara tujuanmu. Mereka pasti senang sekali menerima oleh-oleh atau kenang-kenangan dari tempat asalmu. Hal tersebut bisa jadi cara untuk menunjukkan keramahanmu kepada penduduk lokal.

3. Pelajari kalimat-kalimat dasar dalam bahasa lokal

Nggak ada yang lebih seru dari membuat penduduk lokal terkejut dengan kalimat lokal yang nggak mereka sangka kamu tahu. Sesuatu yang nggak akan kamu temukan di buku pemandu standar.

Ngobrol
Ngobrol

Kalimat yang kamu coba bisa berupa humor atau candaan, atau bahasa sehari-hari yang sering digunakan. Mungkin juga istilah untuk memuji betapa lezat makanan yang kamu cicipi. Usaha seperti ini akan membuatmu lebih disukai penduduk lokal.

4. Kalau tidak bisa bahasanya, berkomunikasilah lewat foto

Kalau kamu tidak bisa bahasanya, jangan menyerah, kamu masih bisa memanfaatkan foto atau gambar. Terkadang gambar lebih bisa memberikan banyak cerita. Jadi, jangan takut menceritakan tentang dirimu lewat gambar kepada temanmu.

Gambar
Gambar

Tunjukkan foto yang paling berarti bagimu. Kamu bahkan juga bisa menggambar di selembar kertas jika nggak punya foto yang menggambarkan tentang dirimu. Dengan tahu lebih banyak mengenai dirimu dan menunjukkan betapa ramah dan terbukanya sikapmu, kamu juga bakal lebih mudah diterima.

5. Tersenyum!

Tersenyum! Itulah yang paling penting. Tersenyumlah pada orang-orang di sekitarmu dan jangan takut buat menyapa mereka. Karena lewat senyumanmu itulah, orang lain jadi nggak takut untuk mendekati dan menyapamu.

Senyum
Senyum

Dengan tersenyum, kamu jadi kelihatan lebih ramah dan menyenangkan. Orang-orang baru pasti merasa lebih senang dan nggak ragu untuk menerimamu menjadi teman baru mereka.

Nah, itulah tadi sebagian cara yang bisa dilakukan agar kamu punya teman baru di tempatmu liburan. Sebenarnya nggak sulit kan buat mendapatkan teman baru? Yang penting, jangan takut dan bersikaplah ramah. Dijamin orang-orang akan suka padamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *