Puthuk Setumbu, Sensasi Unik Menikmati Cantiknya Candi Borobudur

Kemegahan dan keindahan candi Borobudur memang sudah mendunia. Wisatawan dari dalam dan luar negeri selalu memadati bangunan kuno yang eksotis ini. Mulai dari datang untuk menyaksikan sendiri warisan peradaban dari masa lalu, atau sekadar menikmati indahnya arsitektur kuno tersebut.

Menikmati indah dan anggunnya candi Borobudur sebenarnya juga nggak melulu hanya dengan mendaki tiap undakan candinya atau menyusuri tiap sisinya. Ada cara lain yang nggak kalah unik dan menakjubkan dalam menikmati cantiknya Borobudur, yaitu dengan berkunjung ke Puthuk Setumbu.

Bukit Puthuk Setumbu ini bisa jadi merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan megahnya candi Borobudur yang diselimuti kabut. Di tempat inilah kamu bisa menyaksikan matahari yang terbit perlahan dari balik gunung Merapi dan memudarkan kabut yang menyelimuti candi. Pemandangan eksotis inilah yang banyak memukau para wisatawan yang datang ke bukit ini.

Pemandangan Borobudur dari Puthuk Setumbu [via instagram account: evasulistyaningsih]
Pemandangan Borobudur dari Puthuk Setumbu [via instagram account: evasulistyaningsih]
Puthuk Setumbu adalah bukit dengan ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut di gugusan Pegunungan Menoreh. Awalnya kawasan ini adalah ladang penduduk, tapi sejak seorang fotografer berhasil mengabadikan pemandangan menakjubkan ini, bukit Puthuk Setumbu berubah menjadi tempat wisata eksotis.

Untuk menikmati pemandangan yang membuat mulut ternganga ini, tentu saja kamu harus berangkat pagi-pagi sekali. Usahakan untuk sudah tiba di parkiran kaki bukit sebelum pukul 5 pagi, karena kamu masih harus trekking mendaki dengan medan yang masih berupa jalan tanah sekitar 15 menit.

Borobudur Berselimut Kabut [via instagram account: rizky_farrakhan]
Borobudur Berselimut Kabut [via instagram account: rizky_farrakhan]
Mendaki ke puncaknya juga bisa menjadi pengalaman seru tersendiri yang nggak akan terlupakan. Bagaimana tidak, kamu harus berjalan di pagi buta mendaki perbukitan yang dingin. Desiran angin yang menerpa dengan suara-suara alam akan membuatmu merasa seperti terhipnotis dengan segala keindahannya. Tapi hati-hati, karena embun yang menetes juga akan membuat jalanan yang kamu pijak jadi licin.

Meski perjalanan untuk ke puncaknya cukup menantang, semua itu akan terbayar dengan indahnya pemandangan sunrise yang menyambutmu. Dari kejauhan, kamu bisa melihat puncak Candi Borobudur yang tampak menyembul diantara pepohonan di sekitarnya dan di dalam selimut kabut. Belum lagi dengan latar belakang gunung-gunung dan matahari yang perlahan mengintip di baliknya. Sungguh pemandangan yang luar biasa!

Matahari yang Perlahan Terbit [via instagram account: rendy.sunardi]
Matahari yang Perlahan Terbit [via instagram account: rendy.sunardi]
Usahakan untuk tiba ke puncaknya lebih awal, karena kamu juga masih harus memilih spot yang pas untuk menyaksikan panorama sunrise yang cantik tersebut. Pasalnya, tempat ini sekarang mulai ramai dikunjungi, jadi spot-spot terbaik tentu sudah akan banyak diincar para wisatawan.

Kalau kamu nggak kuat trekking sampai ke puncaknya, nggak perlu khawatir. Pasalnya nggak jauh dari tempat parkir juga sudah berdiri gazebo-gazebo yang bisa kamu gunakan untuk duduk bersantai. Dari gazebo ini, kamu juga sudah bisa menyaksikan candi Borobudur dari kejauhan.

Borobudur dalam kabut [via instagram account: deddymaica]
Borobudur dalam kabut [via instagram account: deddymaica]
Waktu terbaik untuk berkunjung ke Puthuk Setumbu adalah saat musim kemarau, kira-kira antara bulan Juni hingga Agustus. Pada musim seperti ini, jalanan yang harus kamu lewati nggak akan becek dan licin. Selain itu, kemungkinan langit mendung juga kecil, jadi kamu tetap bisa menyaksikan matahari terbit dengan jelas.

Nah, itulah sensasi seru dan unik yang bisa kamu lakukan untuk menikmati cantiknya Candi Borobudur. Jadi, kalau kamu sudah berkunjung ke candinya langsung, nggak ada salahnya untuk berburu pemandangan megahnya Borobudur dengan cara yang lain. Dijamin kamu nggak akan menyesal berburu sunrise di puncak Puthuk Setumbu yang menawan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *