Tips Penting Kalau Kamu Traveling Bareng Anak Kecil

Setiap orang juga pasti setuju kalau traveling itu kegiatan yang seru banget. Segala lelah dan stres bakal hilang dan lepas sehingga kamu bisa rileks kembali. Tapi kalau kamu traveling bareng anak kecil, lain lagi ceritanya.

Traveling sambil membawa serta anak kecil selalu terasa mengkhawatirkan. Mulai dari apa saja yang harus dibawa, sampai bagaimana nanti mengontrol anak-anak kecil tersebut. Nah, agar kamu nggak kebingungan saat traveling bareng bocah-bocah tersebut, baca tips berikut ini dulu, yuk!

1. Lakukan Saja

Ide jalan-jalan bareng anak kecil memang cukup memusingkan bagi orang dewasa. Tapi hal terpenting yang perlu kamu ingat, perjalananmu juga akan selesai. Kamu akan sampai, dan kamu bisa mengatasinya dengan baik-baik saja.

Anak kecil mantai
Anak kecil mantai

Tidak perlu terburu-buru saat melakukan perjalanan. Tenanglah dan santai saja, yang penting lakukan apa yang harus kamu lakukan. Kamu akan baik-baik saja. Dengan berpikiran positif seperti itu, kamu akan merasa lebih baik dan lebih siap saat traveling bersama si kecil.

2. Jangan Kebanyakan Bawa Barang

Saat traveling dengan anak kecil, biasanya kita akan berusaha membawa banyak barang dengan alasan untuk berjaga-jaga. Tapi yang harus kamu ingat, banyak barang bisa dibeli di luar sana. Mungkin memang mereknya beda, tapi kamu akan baik-baik saja.

Tas traveling
Tas traveling

Yang sering dikhawatirkan adalah sulitnya mencari popok yang benar-benar 100% organik. Popok seperti ini kadang sulit dicari. Jika kamu memang terbiasa menggunakan popok yang organik dan eco-friendly, ada baiknya kamu melakukan tes dulu dengan merek yang bukan organik untuk memeriksa apa si kecil punya reaksi alergi. Jadi nanti di tempat tujuan, kamu sudah nggak perlu pusing mencari popok yang sulit dicari.

3. Menginap di Hotel atau Rumah Sewa, Ya?

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memesan penginapan selama kamu liburan. Hotel memang ada kelebihannya tersendiri, seperti layanan kamar, makanan, layanan mengasuh bayi, dan sebagainya. Memang nyaman sih, tapi rumah sewa juga punya kelebihannya sendiri.

Hotel
Hotel

Dengan menyewa rumah liburan, artinya kamu bisa merasa seperti berada di rumah sendiri. Kamu bisa mengasuh dan membuatkan makanan sendiri sehingga si kecil merasa lebih nyaman. Apalagi kalau si kecil punya menu diet khusus. Memang sih ini soal selera pribadi, tapi tetap layak dipertimbangkan.

4. Buat Penanda Untuk si Kecil

Salah satu kekhawatiran lain saat traveling bersama si kecil adalah jika tiba-tiba ia tersesat atau hilang. Tentu nggak ada yang mau hal ini sampai kejadian, bukan? Untuk itu, ada baiknya kamu menuliskan nama dan nomor teleponmu pada lengan atau bajunya. Jadi kalau seseorang menemukannya, kamu bisa segera dihubungi.

Liburan bareng si kecil
Liburan bareng si kecil

Jangan lupa untuk selalu mengajari si kecil menghapal nama, usia, dan alamat rumahnya. Ini juga penting karena seandainya ia ditemukan seseorang, si kecil tahu informasi penting yang harus diberitahukan.

5. Buat Rencana, Tapi Jangan Kelewatan

Kamu tentu ingin menikmati perjalananmu dan menjaga agar anakmu tetap terhibur. Tapi kamu juga nggak pengen liburanmu jadi kaku karena terlalu terjadwal, bukan? Karena bisa saja si kecil tiba-tiba rewel atau sakit, sehingga kamu harus membatalkan beberapa rencana.

Anak kecil bermain
Anak kecil bermain

Membuat itinerary itu bagus, tapi jangan terlalu terpaku pada jadwal saja. Akan lebih baik kalau kamu fleksibel dan bisa berkunjung ke mana saja. Yang penting catat semua tempat tujuan yang memungkinkan. Kemudian kamu bisa pergi ke manapun yang sesuai dengan situasi dan kondisi saat itu.

Memang terasa repot dan melelahkan, tapi kamu juga perlu menikmatinya. Persiapkan segala sesuatunya di awal dan pastikan kamu menyisakan waktu luang yang cukup banyak sehingga kamu nggak terburu-buru saat traveling. Memperhatikan si kecil itu perlu, tapi kamu juga harus menikmati perjalananmu juga. Bermain-mainlah bersama si kecil sehingga kamu nggak merasa seperti hari-hari biasanya seperti saat sedang di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *