Kota Terbaik yang Wajib Dikunjungi Kalau Kamu Adalah Pencinta Kopi

Kopi nggak cuma nikmat diminum saat mau begadang saja. Saat sedang bersantai, atau kumpul bareng teman, kopi bisa jadi minuman lezat yang membuat acara ngumpul dan ngobrol makin hangat.

Para penikmat kopi tahu betul bagaimana kopi yang lezat itu, dan bagaimana setiap jenis kopi bisa menghasilkan rasa yang berbeda kelezatannya. Nah, jika kamu termasuk seorang pencinta kopi dan ingin berburu kopi ternikmat, beberapa kota berikut ini wajib jadi tempat kunjunganmu selanjutnya.

1. Takengon, Aceh

Takengon, sebuah dataran tinggi di Gayo, provinsi Aceh terkenal akan kopinya yang nikmat. Di sinilah tempat kamu bisa menemukan kopi yang legendaris, Kopi Arabika Gayo. Kelezatan dan aroma kopi Arabika Gayo yang nikmat telah diakui oleh dunia.

Biji Kopi
Biji Kopi

Kopi ini juga sudah banyak diekspor karena banyak dicari oleh konsumen Amerika, Jepang, dan Eropa. Untuk mencoba kopi Arabika Gayo langsung dari sumbernya, kamu bisa singgah di Takengon terlebih dulu dan menikmati kelezatan kopinya.

2. Ubud, Bali

Di Bali, kamu bisa berkunjung ke Lodtunduh, Ubud untuk menikmati kopi luwak yang terkenal nikmat tersebut. Di sini bahkan juga ada wisata kopi yang bisa kamu kunjungi dan dipandu oleh guide yang berpengalaman.

Biji kopi
Biji kopi

Di wisata kopi ini, kamu bisa melihat secara langsung proses pengolahan kopi Bali dan kopi luwak dari awal hingga akhir. Nggak hanya itu saja, kamu juga akan berkesempatan mencicipi lezatnya hasil olahan kopi-kopi yang disajikan.

3. Sigi, Sulawesi Tengah

Di Sigi, Sulawesi Tengah terdapat dua buah jenis kopi unggulan yaitu Kopi Toratima dan Kopi Pipikro. Keduanya memiliki rasa yang nggak kalah nikmat dengan Kopi Luwak. Jika Kopi Luwak berasal dari binatang luwak yang memakan kopinya, maka Kopi Toratima memanfaatkan kelelawar yang memakan kulit kopinya.

Biji kopi
Biji kopi

Selanjutnya, ada Kopi Pipikoro yang merupakan kopi organik. Kopi ini ditanam tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sehingga bisa dijamin rasanya masih benar-benar alami.

4. Wamena, Papua

Salah satu kopi terbaik di Indonesia yang terkenal sampai di dunia berasal dari Wamena, Papua. Kopi ini tumbuh di lembah Baliem yang terkenal akan keindahannya, desa yang masih tradisional, dan tempatnya yang sejuk.

Secangkir kopi
Secangkir kopi

Kopi jenis arabika ini punya rasa yang unik dengan keharuman yang tajam. Karena kelezatannya inilah, kopi ini terkenal dan banyak dicari oleh penikmat kopi. Bahkan kopi ini juga banyak dijual di tempat lain di Papua.

5. Sidikalang, Sumatera Utara

Kopi Sidikalang atau Dairi termasuk kopi jenis Arabica asal Indonesia yang terkenal di dunia. Kopi ini tumbuh di dataran tinggi vulkanis yang kaya mineral sehingga menghasilkan biji kopi berkualitas tinggi.

Secangkir kopi
Secangkir kopi

Kopi Sidikalang telah sejak lama menjadi hasil bumi yang paling mendunia dari daerah tersebut. Bahkan kopi tersebut telah menjadi ikon tersendiri jika bicara soal kopi dari Sumatera Utara.

Itu tadi cuma sebagian kota di Indonesia yang terkenal menghasilkan kopi-kopi terbaik dan terlezat hingga di dunia. Makanya, kalau kamu benar-benar pencinta kopi, nggak ada salahnya untuk berlibur ke kota-kota tersebut demi menikmati kelezatan kopinya secara langsung. Bahkan, kamu juga bisa sekaligus menikmati indahnya alam pegunungan dan perbukitan yang cantik dan sejuk tempat kopi-kopi itu ditanam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *