Menikmati Jogja di Ketinggian Desa Wisata Kalibiru

Liburan di Jogja bisa dinikmati dengan banyak cara. Kamu bisa menikmati berjalan-jalan di kota, berkunjung ke Candi-candi, menikmati wisata belanja di Malioboro, dan masih banyak lagi. Tapi, Jogja ternyata juga menawarkan wisata lain yang berbeda dan bukan cuma berjalan-jalan di kota-kotanya saja.

Kalau kamu ingin menikmati suasana yang berbeda dari Jogjakarta, datanglah ke Kalibiru yang ada di Kulon Progo, Jogja. Karena di sini, kamu akan disuguhi pemandangan menakjubkan alam Jogja yang eksotis di puncak ketinggian.

Kawasan Hutan Kalibiru terletak di Perbukitan Menoreh dengan ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Karena berada di lokasi yang cukup tinggi dan masih banyak dikelilingi pepohonan hijau, kawasan ini memiliki udara yang begitu segar dan belum tercemar polusi udara.

Menara Pandang Kalibiru [via instagram account: cindyarum]
Menara Pandang Kalibiru [via instagram account: cindyarum]
Kalibiru sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas pendukung untuk para wisatawan. Ada kios-kios makanan, pendopo, homestay, camping ground, hingga fasilitas outbond. Karena lokasinya yang indah dengan fasilitasnya yang lengkap, tempat ini sering dijadikan lokasi gathering.

Yang lebih menakjubkan lagi, di sini juga terdapat menara pandang yang terletak di atas pohon. Untuk mencapainya, kamu harus menaiki tangga terlebih dulu. Begitu sampai di atas, kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan hijau yang sangat luas dan indah.

Jembatan Gantung di Kalibiru [via instagram account: chikamithamutiar]
Jembatan Gantung di Kalibiru [via instagram account: chikamithamutiar]
Selain menara pandang di atas pohon, Kalibiru juga menghadirkan gardu-gardu pandang yang bisa dicapai dengan trekking sejenak. Lewat gardu-gardu tersebut, kamu bisa menyaksikan pemandangan Waduk Sermo yang berselimutkan kabut di pagi hari. Kemudian ketika senja mulai tiba, panorama matahari yang perlahan tenggelam akan membuatmu berdecak kagum.

Kalau kamu ingin sesuatu yang lebih menantang dan memacu adrenalin, nggak ada salahnya mencoba flying fox di sini. Apa lagi sih yang lebih seru dari meluncur di ketinggian sambil menyaksikan indahnya panorama alam Kalibiru?

Berkunjung ke Kalibiru akan memberikan kamu sensasi wisata yang berbeda. Karena di sini, kamu bisa menikmati panorama indah yang berbeda dari kota Jogja. Bertemu dengan hijaunya pepohonan dan segarnya udara di Kalibiru, segala resah, stres, dan penat akan hilang seketika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *