Kursi Pesawat Kelas Ekonomi, Bisnis, dan First Class, Apa Sih Bedanya?

Saat beli tiket pesawat, kita biasanya akan ditawarkan dengan beberapa kelas kursi. Ada ekonomi, bisnis, dan first class. Kita bisa bilang bahwa kelas pelayanan dan fasilitasnya yang berbeda. Tapi kalau yang dibandingkan hanya luas tempat duduk atau fasilitas TV, bukankah sebenarnya naik kelas ekonomi nggak terlalu buruk?

Apalagi sekarang ini maskapai penerbangan terus meningkatkan pelayanan dan jasanya yang berarti bahkan kelas ekonomi juga sudah lebih nyaman. Nah, berikut ini beberapa perbandingan apa yang bisa kamu dapatkan dalam kelas ekonomi, bisnis, dan first class.

1. Kelas Ekonomi

Kelas ekonomi adalah penerbangan dengan harga yang termurah, tapi tetap saja kamu akan dapat kursi di pesawat yang akan mengantarmu ke tempat tujuan. Tapi bedanya yang paling terlihat jelas adalah lebar dan panjang kursi.

Kabin kelas ekonomi
Kabin kelas ekonomi

Meski masih bisa duduk dengan nyaman, kursi dan ruang kaki yang lebih kecil ini juga berpengaruh nantinya apalagi kalau kamu berada di penerbangan yang makan waktu 6 jam atau lebih. Kamu akan merasa cepat lelah karena nggak bisa leluasa bergerak.

Beberapa faktor lain yang mungkin bervariasi adalah tipe pelayanan seperti stop kontak, Wi-Fi, makanan, hiburan dalam penerbangan, jenis layar TV, hingga jenis pelayanannya.

2. Kelas Bisnis

Beberapa orang mengatakan bahwa sekali kamu terbang dengan kelas bisnis, kamu nggak akan senang naik kelas ekonomi lagi. Hal ini karena perbedaan dari dua kelas tersebut memang jelas terlihat. Gampangnya, semua lebih baik di kelas ini.

Kabin kelas bisnis
Kabin kelas bisnis

Kamu akan mendapatkan pre-flight drinks dalam gelas kaca, makanan yang disajikan di peralatan bagus, dan kamu akan dimanjakan selama penerbangan. Di dalam pesawat kamu juga akan duduk di kursi yang luas dan lega serta bisa diatur menjadi tempat tidur. Beberapa maskapai penerbangan bahkan memberikan jasa supir untuk menjemput dan mengantarmu ke jarak tertentu dari bandara.

3. First Class

Puncak dari semua perjalanan udara adalah first class yang biasanya digunakan oleh para selebritis dan orang-orang super kaya. Bayangkan semua hal yang ada di kelas bisnis, tapi ditambah dengan segala macam kemewahan. Itulah penerbangan first class.

First Class Suite [Image Source]
First Class Suite [Image Source]
Di ruangan first class, penumpang akan mendapatkan kursi yang sangat luas dan lega, bahkan lebih luas dari kelas bisnis. Standard pelayanannya nggak bsia dibandingkan dengan kelas lain karena kru di kelas sangat terlatih, mampu mengantisipasi keinginan penumpang, dan nggak akan malu atau salah tingkah jika ketemu dengan selebritis. Standard makanannya juga sangat tinggi dan beberapa maskapai hanya menggunakan menu yang diciptakan oleh koki dengan penghargaan Michelin.

Nah, itulah tadi sebagian perbedaan yang bisa kamu temukan antara penerbangan kelas ekonomi, bisnis dan first class. Namun, semua perbedaan tersebut juga tergantung pada pelayanan yang ditawarkan oleh maskapai masing-masing. Karena setiap maskapai tentu punya standard pelayanan yang berbeda-beda.

Kamu bisa menyesuaikan dengan budgetmu ingin naik tipe yang mana. Tapi, kalaupun terpaksa harus terbang dengan kelas ekonomi, kamu tetap bisa membuat penerbanganmu nyaman kok. Asalkan dengan persiapan yang tepat, kamu akan lebih nyaman saat melakukan perjalanan jauh dengan pesawan terbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *