Adem di Hati, Ngabisin Jatah Libur ke Padang Memang Pilihan Tepat!

Padang adalah kota terbesar di pantai Barat Pulau Sumatera dan sekaligus ibu kota dari provinsi Sumatera Barat. Padang bukan cuma soal rendang atau masakan Padang yang terkenal itu saja. Ada banyak hal lain tentang padang yang bisa dijelajahi dan pasti akan membuatmu terpesona.

Kota Padang berbatasan langsung dengan laut dan deretan perbukitan. Jadi, bukan hal yang aneh jika kota ini memiliki banyak wisata alam yang menarik di berbagai sisi mulai dari dataran rendah hingga dataran tingginya. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Air Terjun Tiga Tingkat

Air terjun tiga tingkat berlokasi di desa Cendikar. Nama tiga tingkat diambil karena air terjun ini memiliki lansekap yang bertingkat-tingkat. Pengunjung bisa menanjak sampai ke tingkat teratas. Tapi jalanannya cukup terjal dan licin sehingga akan menguras cukup banyak tenaga. Tapi, tempat ini sangat cocok untuk kamu yang memang menyukai petualangan.

Air Terjun Tiga Tingkat [Via instagram account: syahrul_gunawan14]
Air Terjun Tiga Tingkat [Via instagram account: syahrul_gunawan14]
Tidak banyak orang yang tahu mengenai tempat mempesona ini. Jadi air terjun tiga tingkat ini cenderung sepi dan nggak punya banyak pengunjung. Namun justru karena sepi inilah, akan sangat menyenangkan bermain-main air di tempat yang tenang tersebut.

2. Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis)

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Padang. Konon kabarnya kisah legenda Malin Kundang itu benar-benar terjadi dan di pantai inilah yang menjadi lokasi kejadian legenda tersebut. Di sinilah lokasi batu yang dipercaya sebagai Malin Kundang berada.

Pantai Aie Manih [Via instagram account: fandopic]
Pantai Aie Manih [Via instagram account: fandopic]
Pantai ini terletak di dekat pelabuhan teluk Bayur. Bukan cuma menarik karena legendanya saja, tapi juga menawarkan keindahan yang menawan. Selain pantai dengan bebatuan yang menghiasi pantainya, kamu juga bisa melihat Gunung Padang sebagai latar belakangnya.

3. Lembah Anai

Salah satu maskot pariwisata di Padang adalah Lembah Anai. Lembah ini punya 3 buah air terjun, dan yang paling terkenal memiliki ketinggian mencapai 35 meter. Lokasinya dekat dengan jalan raya Padang-Bukittinggi, sehingga saat kamu sudah bisa lihat lembah yang begitu megah ini.

Lembah Anai [Via instagram account: titipiero]
Lembah Anai [Via instagram account: titipiero]
Sementara itu, dua air terjun lainnya masih tersembunyi dan tertutup oleh hutan lebat sehingga belum terlalu dikenal olah masyarakat luas. Tak jauh dari lokasi air terjun, ada aliran sungai berbatu dengan air yang jernih. Di atasnya, berdiri sebuah jembatan rel kereta api peninggalan Belanda.

4. Sitinjau Lauik

Salah satu tempat lain yang nggak kalah menakjubkan adalah Sitinjau Lauik atau yang juga sering disebut dengan Padang Scenic Point. Berada di sini kamu akan disuguhi dengan panorama alam Padang yang sungguh luar biasa.

Sitinjau Lauik [Via instagram account: febyfiolina]
Sitinjau Lauik [Via instagram account: febyfiolina]
Berdiri di ketinggian kurang lebih seribu meter di atas permukaan laut, kamu bisa menikmati pemandangan Padang luas dengan Samudera Hindia yang berada di kejauhan. Sementara itu, pada malam hari kelap-kelip Lampu kota Padang memberikan suasana romantis dan sungguh cantik.

5. Pantai Padang

Pantai Padang mudah dicapai karena letaknya yang dekat dengan pusat kota. Dengan perhatian dari pemerintah, pantai ini kini telah menjadi objek wisata yang cantik dan wajib kamu kunjungi jika datang ke Padang.

Pantai Padang [Via instagram account: candra.yulianto_84]
Pantai Padang [Via instagram account: candra.yulianto_84]
Bukan Cuma pemandangan lautnya saja yang indah, tapi kamu juga akan melihat aneka bunga cantik yang menghiasi sekitar pantai. Di sini juga sudah tersedia taman bermain sehingga kamu nggak perlu khawatir jika harus berkunjung dengan membawa serta anak-anak.

Dengan keindahan seperti itu, memang layak rasanya liburan ke Padang. Suasana yang adem dengan pemandangan yang super menakjubkan seperti itu bakal bikin kamu lupa dengan segala hal yang membuatmu stres dan susah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *