6 Aturan Mengemudi Paling Nyeleneh Sedunia, Boleh Nggak Pakai Baju!

Salah satu aturan membawa kendaraan yang harus ditaati adalah memiliki surat ijin mengemudi. Semua negara memiliki aturan ini, yang membedakan adalah batas umur yang diizinkan untuk membawa kendaraan sendiri. Aturan-aturan lain seperti mengerti rambu-rambu lalu lintas, hingga memakai sabuk pengaman adalah aturan-aturan umum yang semua kota di dunia memilikinya. Tapi aturan mengemudi di 6 daerah ini bakal bikin kamu geleng-geleng kepala.

Pernah mendengar seorang sopir diperbolehkan membawa serta gorila saat berkendara, atau menyetir mobil sambil telanjang? Ya, aturan-aturan ini benar-benar ada di dunia. Mungkin kamu tidak akan mempercayai jika aturan ajaib bin nyeleneh ini sungguh-sungguh diterapkan di suatu wilayah di bumi ini. Dilansir dari situs traveling Kayak yang berbasis di Inggris, inilah 6 aturan mengemudi paling nyeleneh di dunia.

1. Di Kroasia Pengemudi Dilarang Mengisi Bahan Bakar Hingga Penuh

Sudah menjadi kebiasaan jika ingin bepergian menggunakan mobil apalagi dengan tujuan yang sangat jauh seseorang mengisi tangki mobil dengan bahan bakar hingga penuh. Bahkan ada saja pengendara yang menggoyang-goyangkan bodi mobilnya dengan harapan semua ruang terisi penuh dengan bahan bakar. Terkadang operator SPBU mengisi hingga tumpah-tumpah, bukan begitu?

63-Croatia

Sedia Lampu Cadangan, via Instagram

Pemandangan seperti itu mungkin hanya bisa kamu lihat di Indonesia dan beberapa negara lain saja namun tidak di Kroasia. Jangan harap kamu bisa mengisi tangki kendaraan dengan bahan bakar hingga penuh, sebab negara ini punya aturan yang melarang setiap pengendara untuk mengisi tangki kendaraannya dengan bahan bakar sampai full. Alasannya simpel, yaitu demi keselamatan. Aturan lain yang harus ditaati adalah setiap pengemudi harus menyediakan satu set lampu cadangan mobil, jika tidak mereka bisa kena tilang hingga denda lho.

2. Aturan Membawa Gorila dan Pakai Bikini Saat Menyetir di Amerika

Ada dua wilayah di Amerika yang tercatat memiliki aturan mengemudi paling nyeleneh di dunia, yaitu di Minnesota dan Kentucky. Aturan aneh pertama berlaku untuk semua pengemudi yang menyetir mobilnya di negara bagian Minnesota, Amerika Serikat. Di negara ini para sopir diizinkan untuk membawa serta gorila di dalam mobil. Anehnya gorila ini harus duduk di samping sopir, kalau dimasukkan di bagasi atau kursi belakang maka akan terkena tilang.

64-Minnesota

Membawa Gorila dan Pakai Bikini Saat Menyetir di Amerika, via Instagram

Lain halnya dengan aturan mengemudi di negara bagian Kentucky, di sana para wanita boleh menyetir mobilnya dengan memakai baju bikini dengan syarat mereka membawa alat pertahanan diri. Bagi yang tetap berkendara dengan memakai bikini tanpa membawa alat pertahanan diri siap-siap deh ditemani pak polisi alias ditilang.

3. Asuransi Kerusakan Mobil Akibat Bencana Alam di Islandia

Di Indonesia sekalipun mobil bisa diasuransikan, tapi asuransi tersebut umumnya sebatas kecelakaan dan pencurian. Kerusakan mobil karena bencana alam seperti banjir misalnya yang sering melanda ibukota Jakarta. Jarang sekali pihak asuransi yang mau menerima klaim seperti itu. Tapi jika kamu tinggal di Islandia asuransi bencana alam bisa dilakukan.

65-islandia

Asuransi Kerusakan Mobil Akibat Bencana Alam di Islandia, via Instagram

Islandia yang notabene daerahnya dikelilingi gunung api aktif yang secara periodik mengalami erupsi serta seringnya badai yang menyapu wilayah tersebut mewajibkan setiap pemilik kendaraan untuk memiliki asuransi bencana alam. Saat bencana alam melanda dan merusak kendaraan, mereka bisa mengajukan klaim asuransi pada pihak yang berwenang. Keren kan?

4. Ada Aturan Memasang Sabuk Pengaman Pada Anjing Jika Ikut Berkendara di Italia

Anjing telah menjadi binatang peliharaan yang lazim di luar negeri. Hampir setiap keluarga memiliki anjing peliharaan dan tak jarang dari mereka yang membawa serta binatang peliharaannya ke dalam mobil untuk sekedar jalan-jalan atau traveling ke suatu tempat. Kelihatannya memang tidak ada yang aneh, tapi untuk membawa mereka turut serta dalam berkendara ada aturan khusus yang musti ditaati jika berada di Italia.
66-dog
Aturan Memasang Sabuk Pengaman Pada Anjing Jika Ikut Berkendara di Italia, via Instagram

Mereka yang membawa anjing ke dalam mobil dilarang membiarkan anjingnya duduk sembarangan. Sang pengemudi memiliki kewajiban untuk memasangkan sabuk pengaman pada binatang peliharaannya tersebut. Sebab anjing juga memiliki hak untuk mendapatkan keselamatan selama berkendara. Siap-siap kena tilang jika aturan nyeleneh ini tidak dihiraukan.

5. Memprioritaskan Unta Saat Berkendara di Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab adalah salah satu negara di Timur Tengah yang kaya raya. Dua kotanya terkenal sangat glamor yaitu Dubai dan Abu Dhabi. Pun demikian pemandangan padang pasir tetap mendominasi di negara tersebut termasuk dengan gerombolan khasnya berupa unta. Ada yang spesial dengan unta-unta yang hidup di dua kota tersebut yaitu mereka mendapat prioritas lebih dalam menggunakan ruas jalan protokol.

67-UAE

Memprioritaskan Unta Saat Berkendara di Uni Emirat Arab, via Instagram

Pemerintah kota Dubai dan Abu Dhabi memberlakukan peraturan yang sangat aneh bin nyeleneh. Setiap pengemudi baik warga asli maupun wisatawan asing yang melintas jalanan di kota tersebut harus memprioritaskan unta di atas segalanya. Artinya jika sedang berkendara lalu kemudian ada unta yang menyeberang atau memenuhi jalanan, pengemudi itulah yang harus mengalah dan mengambil lajur lain yang tidak dilewati binatang berpunuk besar ini. Di sepanjang jalan juga dipasang plang-plang bergambar unta yang menandakan bahwa area tersebut sering dilewati binatang ini.

6. Menyetir Sambil Telanjang di Jerman Itu Legal

Dari sekian aturan mengemudi paling nyeleneh yang sudah disebutkan di atas, aturan yang diterapkan di Jerman berikut ini mungkin menjadi yang paling aneh dan bikin geleng-geleng kepala. Di Jerman, baik pria maupun wanita diperbolehkan menyetir kendaraan mereka dalam keadaan telanjang. Pemerintah setempat menganggap bahwa mobil adalah ruangan pribadi yang berarti si pemilik boleh melakukan apa saja di dalamnya termasuk melepaskan semua pakaiannya saat menyetir.

68-jerman

Menyetir Sambil Telanjang di Jerman Itu Legal, via Instagram

Tapi anehnya ada klaim asuransi yang musti dipatuhi dan aturan ini tidak kalah nyeleneh. Meski orang-orang diizinkan telanjang saat mengemudi tapi jika mengalami kecelakaan dan terbukti tidak mengenakan alas atau pun kaos kaki maka pihak asuransi bisa membatalkan klaim yang diajukan secara sepihak. Intinya adalah jika kamu mau mencoba mengemudi sambil telanjang di Jerman jangan sampai melepas alas atau kaos kakimu biar jika terjadi sesuatu klaim asuransi bisa diproses. Ada-ada saja ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *