Rahasia Tetap Segar untuk Penerbangan Panjang yang Melelahkan

Long flight alias penerbangan panjang dari suatu negara ke negara lain memang sangat menjemukan. Dalam waktu lebih dari 20 jam, Anda diharuskan duduk dengan aktivitas terbatas. Selain bosan karena minim hiburan, penerbangan panjang juga berdampak pada kesehatan. Mulai dari sekedar tubuh pegal dan kaki bengkak, hingga kepala pusing dan perut mual.

Kalau sudah begini, bukannya bisa menikmati liburan, justru Anda harus mendekam di kamar hotel untuk beristirahat. Tentu tak menyenangkan, bukan? Maka dari itu, lakukan beberapa hal ini supaya Anda tetap bugar saat perjalanan jauh dengan pesawat.

1. Pesan tiket lebih awal

Jika memungkinkan, tak masalah memesan tiket beberapa bulan sebelumnya. Hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan seat di posisi yang paling nyaman. Tapi kalau Anda sudah kehabisan tempat duduk yang nyaman di area depan, lebih baik pilih seat di bagian belakang.

Pesan-tiket-lebih-awal-image-source

Pesan tiket lebih awal [image source]

Meski sudah tentu lebih berisik karena suara mesin pesawat, namun bagian ini biasanya jarang dipilih sehingga lebih banyak seat kosong yang membuat Anda lebih leluasa. Anda pun akan memperoleh tempat ekstra untuk sekedar meluruskan kaki selama perjalanan.

2. Bersiap untuk jet lag

Jet lag merupakan hal yang tak terhindarkan saat Anda menempuh perjalanan jauh ke daerah yang memiliki zona waktu berbeda. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi jet lag, misalnya menyesuaikan pola tidur dengan negara tujuan Anda. Lakukan hal ini beberapa hari sebelum memulai perjalanan jauh.

Bersiap-untuk-jet-lag-image-source

Bersiap untuk jet lag [image source]

Selain itu, pastikan Anda memesan tiket pesawat yang tiba di negara tujuan pada siang hari. Dan yang terpenting, pastikan Anda beristirahat selama dalam perjalanan. Berusaha tetap terjaga dengan harapan bisa terhindar dari jet lag justru akan membuat Anda kelelahan.

3. Atur stres sebelum berangkat

‘Terpenjara’ di dalam pesawat dalam waktu lama bisa memicu stres pada sebagian besar orang. Untuk mengatasinya, pastikan Anda melakukan hal-hal yang menyenangkan sebelum dan pada saat penerbangan. Sebelum berangkat, pastikan perut sudah terisi dan tubuh dalam kondisi prima.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Atur stres sebelum berangkat [image source]

Bawa bekal buku favorit untuk dibaca dalam perjalanan. Masukkan juga beberapa camilan kesukaan yang akan menemani Anda selama di dalam pesawat. Kalau Anda berencana bermain game atau mengerjakan tugas kantor saat di perjalanan, pastikan baterai gadget Anda sudah terisi penuh.

4. Tak ada salahnya mencari teman selama perjalanan

Meski sudah membawa buku dan gadget, Anda mungkin masih merasa bosan karena perjalanan yang terlalu lama. Jika hal ini terjadi, tak ada salahnya mencoba membangun komunikasi dengan penumpang yang duduk di sebelah Anda.
Tak ada salahnya mencari teman selama perjalanan [image source]
Tak ada salahnya mencari teman selama perjalanan [image source]

Obrolan yang menyenangkan tentu ampuh dijadikan pembunuh waktu. Tapi pastikan cermati terlebih dahulu penumpang di sebelah Anda, ya. Jangan memilih orang yang salah untuk diajak ngobrol kalau tak mau terjebak perbincangan yang menjemukan.

5. Bawa bantal, selimut, headset dan eye mask

Bawa-bantal-selimut-headset-dan-eye-mask-image-source

Bawa bantal, selimut, headset dan eye mask [image source]

Untuk menambah kenyamanan selama perjalanan, pastikan Anda membawa bantal dan selimut tambahan. Kalau Anda termasuk orang yang tak bisa tidur dalam kondisi berisik, bawa juga headset untuk mengurangi gangguan suara dari luar. Yang terakhir tapi tak kalah penting, bawalah eye mask untuk memastikan kenyamanan tidur Anda. Tak peduli siang atau malam, Anda tetap bisa tidur nyenyak dengan adanya penutup mata.

Bagaimana, sudah siap menempuh perjalanan panjang? Semoga Anda tetap segar dan liburan berjalan lancar, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *