Ini Bedanya Kegiatan yang Dilakukan Bule dengan Orang Indonesia Saat Liburan ke Pantai

Menemukan bule di Indonesia itu tidak susah, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Bali yang notabene jadi ikon pariwisata negeri kita. Coba lihat saja kota dimana kamu tinggal, tak jarang bule berekspansi ke kota-kota kecil di pelosok ibu pertiwi. Beberapa waktu lalu Indonesia Flight sempat berkeliling pantai-pantai di Pacitan, ternyata di kota kecil ujung barat Jawa Timur ini banyak juga turisnya.

Iseng-iseng kami memperhatikan apa saja sih yang dilakukan mereka selama di pantai. Kemudian kita bandingkan pula dengan traveler domestik yang juga liburan di tempat yang sama. Ternyata ada perbedaan kebiasaan yang dilakukan antara bule dengan orang Indonesia saat di pantai. Hasil ini berdasarkan pengamatan kami selama beberapa hari di berbagai pantai di kota ini. Kita menilainya secara subyektif jadi bisa saja ini tidak mewakili keadaan sesungguhnya dalam lingkup yang lebih luas.

1. Bule ke Pantai untuk Berjemur, Orang Indonesia ke Pantai Malah Cari Tempat Teduh

Tidak perduli di pantai manapun ia berada, kebanyakan bule kalau datang ke pantai kegiatan utamanya adalah menggelar kain dan berbaring di atasnya. Itu juga yang Travelingyuk dapatkan saat berada di pantai-pantai Pacitan terutama di Watukarung. Ternyata tidak perlu jauh-jauh datang ke Bali kalau mau lihat bule pakai bikini seksi. Mereka dengan pede berjemur di pinggir pantai yang ada di kota mungil ini.

22-wqatu-karung

Bule Berjemur di Pantai, via Instagram

Sekarang perhatikan dengan orang Indonesia yang datang ke pantai. Adakah dari mereka yang berjemur di bawah teriknya matahari? Kebanyakan dari mereka terlihat berkumpul di bawah pepohonan yang ada di pesisir pantai. Dengan alasan takut gosong lah, apalah mereka pergi ke pantai tapi malah berteduh di pinggiran. Mungkin masuk akal kali ya mengingat sebagai orang Indonesia kita sudah setiap hari merasakan panasnya sinar matahari. Berbeda dengan bule yang jarang-jarang bisa menikmati guyuran sinar matahari seperti di negeri kita.

2. Surving dan Berenang Aktivitas Utama Bule di Pantai, Orang Indonesia? Sibuk Foto-Foto

Selain berjemur kebanyakan bule yang datang ke pantai pasti ingin mencicipi ombak pantai tersebut caranya dengan berselancar. Entah sudah keturunan atau bagaimana kebanyakan bule bisa berselancar. Kalaupun tidak surfing mereka memilih untuk berenang di lautnya baik dengan teman mereka atau sendirian. Mereka menikmati setiap jengkal keindahan yang ada di pantai tersebut.

25-foto2

Orang Indonesia sibuk foto-foto kalau liburan di pantai, foto by Ardhaniaji

Bagaimana dengan traveler lokal alias orang Indonesia? Pada akhir pekan, banyak sekali muda-mudi yang liburan ke pantai-pantai di Pacitan. Dilihat dari plat nomor kendaraan bermotornya, mereka datang dari luar kota. Kebanyakan kota-kota disekitar Pacitan seperti Solo, Trenggalek, dan Jogjakarta. Sesampainya di pantai apa yang mereka lakukan? Yap, seperti dugaan kalian, mereka sibuk ke sana kemari mencari spot yang oke untuk jadi latar belakang foto. Malah kalau diperhatikan mereka sama sekali tidak menikmati keindahan pantai yang penting foto yang mereka dapat hasilnya oke.

3. Bule Sempat Bawa Buku di Pantai Untuk Dibaca Saat Orang Indonesia Sibuk Upload Foto di Medsos

Para bule dari negara barat terkenal mayoritas memang gemar membaca. Bahkan dalam situasi apapun tangan mereka tidak pernah kosong dari yang namanya bahan bacaan, bisa buku, majalah atau pun koran. Hingga liburan di pantai, sebuah aktivitas santai masih mereka sempatkan untuk bawa buku dan membacanya sambil berjemur. Jarang sekali mereka pencet-pencet gadget kaya orang Indonesia.

Bule Sempat Bawa Buku di Pantai Untuk Dibaca Saat Orang Indonesia Sibuk Upload Foto di Medsos [image source]

Bule Sempat Bawa Buku di Pantai Untuk Dibaca Saat Orang Indonesia Sibuk Upload Foto di Medsos [image source]

Hal sebaliknya dilakukan orang Indonesia. Pertama datang ke pantai langsung hunting foto hingga ratusan gambar, mulai dari foto lanskap hingga foto selfie semua ada. Aktivitas selanjutnya yang dilakukan adalah santai di pinggir pantai, berteduh di bawah pohon atau mencari warung di sekitar lokasi, tentu dengan smartphone yang belum masuk saku. Tangan masih sibuk mencet-mencet layar ponsel buat upload foto-foto ke media sosial. Sebagian buat dipasang sebagai gambar tampilan di akun sosmed buat pamer kalau mereka sudah pernah datang ke tempat itu.

4. Bule ke Pantai Pakai Bikini, Orang Indonesia Full Fashion

Hal yang jamak kita lihat di pantai yang ada bulenya, tidak ada bule yang memakai pakaian kemeja atau bahkan kaos oblong saat di pantai. Yang cewek umumnya cukup pakai bikini sedang cowok-cowok bule hanya bertelanjang dada dan pakai celana pendek. Mereka terlihat cukup nyaman memakai setelan itu meski banyak bule lokal yang melihatnya hingga tak berkedip.
26-full-fashion
Bule ke Pantai Pakai Bikini, Orang Indonesia Full Fashion, foto by Ardhaniaji

Kalau traveler Indonesia mungkin suka yang tertutup. Datang ke pantai pakai baju lengkap dengan celana jeans panjang, dan berjaket itu kalau cowok. Lain lagi kalau cewek, kadang mereka lebih terlihat mau pergi ke mall atau ke kondangan ketimbang niat jalan-jalan di pantai. Pakaiannya rapi, full aksesoris, bawa tas gede parahnya lagi kadang mereka pakai sandal hak tinggi. Apa kamu pernah melihat yang seperti ini? Atau kamu malah pernah melakukannya?

5. Orang Indonesia Ke Pantai Dianggap Sebagai Piknik

Setelah selesai bermain-main di pantai, bule-bule ini biasanya menuju ke warung di sekitar pantai entah untuk membeli camilan atau pun makan, menikmati kekayaan kuliner khas yang ada di sana. Umumnya mereka datang dari jauh dan menetap di tempat itu dalam jangka waktu yang lumayan lama jadi mau tidak mau untuk urusan perut mereka wajib beli kalau tidak mau kelaparan.

24-sadranan-makan-duren

Orang Indonesia Ke Pantai Dianggap Sebagai Piknik [image source]

Kalau orang Indonesia, liburan ke pantai bisa sekalian piknik. Sudah menjadi tradisi kita bahwa liburan itu paling enak rame-rame bersama kelompok traveling kalau bisa pakai kostum kembar dalam satu grup. Untuk menghemat biaya, kadang tak jarang mereka membawa bekal dari rumah kemudian dimakan bareng-bareng di pinggir pantai. Kadang mindset traveler Indonesia meyakini bahwa makanan yang dijual di tempat wisata itu sangat mahal harganya jadi mending bawa bekal sendiri.

Artikel ini bukan bermaksud untuk menunjukkan mana yang benar dan mana yang salah. Travelingyuk hanya melihat apa yang umumnya orang Indonesia dan bule lakukan selama berada di pantai. Mungkin kamu juga punya pendapat yang sama?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *