7 Kolam Air Panas Paling “WOW” Sedunia

Saat ini negara-negara di belahan bumi utara seperti Eropa dan sebagian kawasan Benua Amerika sedang mengalami musim dingin. Bahkan belum lama ini badai salju sempat melanda kawasan Amerika yang menghasilkan tumpukan salju yang sangat tinggi. Nah, umumnya pada musim dingin seperti ini traveler dari negara-negara yang mengalami musim dingin memilih untuk pergi traveling ke negara tropis atau mencari wisata alam berupa kolam air panas.

Kolam air panas alami atau sering juga disebut dengan danau termal memiliki sumber air hangat yang berasal dari dalam bumi. Kolam seperti ini banyak dijumpai di dunia khususnya negara-negara yang memiliki gunung api. Namun tidak semua kolam air panas ini bisa digunakan untuk berendam atau pun berenang karena beberapa kolam memiliki air yang sangat panas hingga mendidih. Dikumpulkan Indonesia Flight dari berbagai sumber, inilah 7 kolam air panas paling “WOW” yang bisa digunakan untuk mandi.

1. Blue Lagoon, Islandia – Kolam Air Panas Berwarna Biru yang Super WOW

Keindahan alam Islandia memang tidak diragukan lagi. Meski wilayahnya sebagian besar tertutup oleh salju pada musim dingin namun negara ini juga menjadi rumah bagi banyak gunung api. Oleh sebab itu bukan hal yang sulit untuk menemukan sumber air panas di daratannya. Salah satu yang menjadi favorit turis di Islandia adalah Blue Lagoon, kolam renang alami berwarna biru yang sangat keren.

117-blue-lagoon

Blue Lagoon, Islandia, via instagram

Blue Lagoon terletak di Grindavik, sebuah daerah di sebelah selatan dari Samudera Arktik. Kolam ini mendapatkan pasokan air hangat dari dalam bumi langsung sehingga airnya selalu hangat sepanjang waktu. Pengunjung yang datang pun tidak perlu khawatir dengan suhu air, sebab air di dalam kolam ini punya suhu stabil di kisaran 40 derajat Celcius. Pada musim dingin seperti ini Blue Lagoon akan dikunjungi wisatawan dalam jumlah berlipat ganda. Mereka bisa berendam seharian di kolam tersebut.

2. Conundrum Hot Springs, Amerika Serikat – Kolam Air Panas Tertinggi di Negeri Paman Sam

Kolam air panas yang terletak di Colorado, Amerika Serikat ini adalah salah satu kolam dengan pemandangan paling indah sedunia. Kolam alami bernama Conundrum Hot Springs berada di kawasan pegunungan di alam terbuka sehingga setiap traveler yang berendam di kolam ini akan disuguhi dengan pemandangan Pegunungan Alpen serta hutan cemara yang lebat di sekelilingya. Lebih menakjubkan lagi bahwa Conundrum Hot Springs ini terletak di ketinggian sekitar 3.413 mdpl yang menjadikannya salah satu kolam air panas tertinggi di Amerika atau bahkan dunia.

118-cocondrum

Conundrum Hot Springs, Amerika Serikat, via instagram

Tidak semua traveler bisa berendam di kolam air panas super keren ini pasalnya mereka harus melakukan trekking sepanjang 13,6 km terlebih dahulu sebelum berjumpa dengan kolam tersebut. Umumnya pendakian dilakukan dengan mengambil rute melewati National Forest White River yang juga memiliki pemandangan yang oke. Suhu air di kolam ini berkisar antara 39-41 derajat Celcius. Para pendaki sangat suka berendam di Conundrum Hot Springs apalagi di musim dingin seperti sekarang.

3. Kolam Air Panas Pamukkale, Turki – Kolam Unik Berbentuk Terasiring

Berkunjung ke kota Denizli kamu akan terbelalak melihat kolam air panas milik Turki yang keren abis. Adalah Pamukkale, kolam unik yang bentuknya berundak-undak atau seperti sawah terasiring. Tidak seperti kolam-kolam lainnya, Pamukkale mendapat pasokan air yang mengalir sehingga kejernihan airnya selalu terjaga. Kolam yang unik ini memiliki ukuran panjang 2.700 meter, lebar 600 meter, dan tinggi 160 meter dan mendapatkan pasokan air panas dari 17 sumber.

119-pamukale

Kolam Air Panas Pamukkale, Turki, via instagram

Pun demikian tidak semua kolam di Pamukkale ini bisa digunakan untuk berendam atau pun mandi pasalnya suhu di masing-masing kolam berbeda-beda. Suhu air kolam disana berkisar antara 35 hingga 100 derajat Celcius. Kolam air panas yang sekaligus tercatat sebagai situs warisan dunia UNESCO ini memang begitu indah, kolamnya terbentuk dari mineral karbonat yang mengeras sehingga menghasilkan batu berwarna putih bersih seperti kapas. Kebanyakan traveler yang berkunjung memanfaatkan air kolam ini untuk terapi sekaligus spa alami yang menyehatkan.

4. Kota Spa Saturnia, Italia – Punya Kolam renang Air Terjun

Musim dingin seperti ini adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke Kota Spa dunia yaitu Saturnia. Ini merupakan kota kecil yang berada di Tuscany, Italia. Kota kecil ini memiliki sekumpulan kolam air panas alami yang dipasok dari Gunung Amiata. Gunung inilah yang kemudian mengalirkan sumber air panasnya menuju ke sungai-sungai di lembah Albenga dan Fiora, terus mengalir hingga Roselle dan Talamone.
120-Terme_di_Saturinia
Kota Spa Saturnia, Italia, [image source]

Tak heran jika kemudian Saturnia dikenal sebagai kota spa dunia. Ada dua kolam air panas yang paling difavoritkan traveler yaitu Cascate del Mulino dan Cascate del Gorello. Kedua kolam air panas tersebut tidak berbentuk kolam seperti umumnya sebab ini adalah kolam berbentuk air terjun yang sangat indah. Air panas bersuhu stabil pada kisaran 37 derajat Celcius ini mengandung belerang sehingga sangat baik untuk mengobati rematik serta merelaksasi otot-otot. Sensasi lebih menyenangkan adalah dengan berendam di bawah air terjunnya.

5. Szechenyi Baths, Hungaria – Kolam Air Panas Terbesar di Eropa

Budapest di Hungaria adalah salah satu kota di dunia yang terkenal dengan bangunan bergaya gothik. Sampai-sampai kota ini juga memiliki kolam pemandian air panas yang memiliki bangunan super antik dan keren. Di kota ini terdapat pemandian bernama kolam air panas Szechenyi yang disebut-sebut sebagai kolam air panas terbesar dan termegah di Eropa. Menilik lebih jauh, kolam-kolam yang ada di kota ini telah ada sejak abad ke-16.

121-kolam-mewah

Szechenyi Baths, Hungaria, via instagram

Air yang ada di kolam air panas Szechenyi berasal dari dua sumber mata air panas yang kaya akan mineral seperti sulfat, kalsium, megnesium, bikarbonat, fluoride dan asam metaboric dalam jumlah yang besar. Mineral-mineral itu dipercaya memiliki khasiat untuk terapi penyakit seperti radang sendi, dan gangguan persendian yang lainnya. Kini tempat tersebut telah memiliki 18 kolam dengan suhu air yang berbeda-beda. Musim dingin pengunjung yang datang ke Szechenyi akan meningkat hingga beberapa kali lipat. Wajar jika kota ini mendapat julukan sebagai “City of Bath.”

6. The Roman Baths, Inggris – Pemandian Yang Juga Menjadi Tempat Pemujaan Keramat Zaman Romawi

Beralih ke kota Bath, Sommerset, Inggris terdapat kolam pemandian dari zaman Romawi yang terkenal sebagai tempat pemujaan keramat. The Roman Baths, begitulah nama tempat tersebut. Konon kolam pemandian air panas alami ini ditemukan pertama kali oleh Raja Bladud yang dipercaya warga sebagai pendiri kota Bath. Kini pemandian di dalam bangunan kuno ini menjadi salah satu yang terbaik di Eropa.

122-roman

The Roman Baths, Inggris, via instagram

Pada tahun 2009, The Roman Baths pernah terpilih menjadi bangunan paling romantis di Britania Raya dalam polling dari sebuah situs internet. Suhu air di kolam ini sangat stabil sekitar 46 derajat Celcius. Sangat menarik karena air di kolam ini sangat dikeramatan oleh warga sekitar. Mereka percaya jika kolam ini adalah rumah dari Dewi Sulis yang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan. Maka jangan heran jika berkunjung ke sana kemudian kamu menemukan tempat pemujaan.

7. Tabacon Hot Springs, Kostarika – Pemandian Air Panas yang Mengalir dari Pegunungan di Kostarika

Pemandian air panas di Kostarika ini diklaim bukan berasal dari aktivitas gunung api murni. Laman resmi yang dikunjungi Travelingyuk menjelaskan bahwa air hangat ini berasal dari 97% air hujan yang kemudian masuk ke dalam perut bumi dan bercampur magma hingga memanaskan sumber air tersebut. Air yang sudah panas kemudian keluar melalui celah bumi ke permukaan dan mengalir melalui sungai-sungai.

123-tabacon

Tabacon Hot Springs, Kostarika, via instagram

Pemandian air panas ini pun bukan berbentuk kolam melainkan seperti aliran sungai dengan air terjun dan kolam-kolam ali di bawah terjunan air. Air yang mengalir tersebut memiliki suhu sekitar 25- 50 derajat Celcius. Aliran sumber air panas ini mengalir ke resort-resort dan salah satunya digunakan sebagai pemandian umum yang dikenal dengan Tabacon Hot Springs. Bayangkan saja bagaimana nyamannya berendam air panas yang mengalir dimana kanan kirimu adalah taman yang begitu asri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *